TK

Global

TK


Sistem pembelajaran yang diterapkan KB/TK Stella Maris BSD sangatlah bervariasi disesuaikan dengan kebutuhan dan daya tangkap siswa. Selain mengacu pada penerapan Learner Profile, sekolah ini juga memiliki beragam keunikan serta keunggulan lainnya yang bermanfaat bukan hanya bagi siswa namun guru dan orang tua yang terlibat, seperti:

  1. Bilingual. Dimana siswa dibimbing untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam 2 bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  2. Goal Setting Program (Penetapan Tujuan Bersama). Sejak dini siswa dibimbing untuk mampu melakukan refleksi diri, dimana salah satu karakter yang dikembangkan adalah kejujuran, dan kemampuan berkomunikasi dan menyatakan pendapatnya yang dilatih saat berdiskusi dengan guru dan orangtuanya tentang hal-hal yang ingin dicapai dalam pembelajarannya selama 1 tahun pelajaran berjalan.
  3. Caring Teacher. Mendidik dengan kasih merupakan motto daripada Stella Maris, siswa akan dididik dengan penuh kasih oleh tenaga pengajar yang memang peduli pada pendidikan dan kompeten dalam bidangnya.
  4. Various Students Activity. Beragam aktivitas sekolah yang melatih dan mendukung perkembangan siswa seperti Students Learning Presentation dimana siswa dilatih untuk mampu melakukan presentasi di hadapan penonton yang terdiri dari teman-teman, orangtuanya, orangtua teman-temannya dan para guru, Student Club dimana dibentuk beragam klub-klub yang mendukung tumbuh kembang siswa,School Outing yang memberikan siswa pengalaman belajar di luar lingkungan sekolah, dan lain sebagainya.
  5. Various Teachers Activity.  Stella Maris peduli pada tenaga pengajarnya sehingga beragam kegiatan dan aktivitas diberikan demi menunjang perkembangan dan mengasah kemampuan para tenaga pengajar seperti Book Share atau Bedah Buku, Peer Teaching dimana sesama rekan guru akan saling memberikan (presentasi) bahan pengajaran, Tea Time dimana rekan guru meluangkan waktu untuk dapat memberikan masukan membangun dan saling mendukung, dan sebagainya.
  6. Active Parents. Stella Maris sangat menjaga hubungan baik dengan orang tua siswa sebagai pendukung pendidikan masa depan anak-anak, sehingga sekolah mengadakan berbagai aktivitas bagi orang tua siswa seperti FORSIS, Teacher Guest, Mom’s Club dan sebagainya.
  7. Team Work. Sejak dini siswa dilatih kemampuan sosialnya, salah satunya agar siswa mampu berinteraksi positif dengan orang lain dan bekerjasama dengan orang lain.
  8. Teachers Sertification. Sebagian besar tenaga pengajar di Sekolah Stella Maris telah tersertifikasi dan kompeten dalam bidangnya.
  9. Technology Awareness. Dalam era globalisai berkembang saat ini sekolah memfasilitasi siswa dan tenaga pengajar untuk berperan serta aktif secara positif. Salah satu aktifitas memperkenalkan siswa pada teknologi adalah melalui area komputer yang terdapat di tiap kelas.

 

 

Kurikulum

Sekolah KB-TK Stella Maris menerapkan Kurikulum Nasional yang dikeluarkan oleh Pemerintah, dimodifikasi dan dikembangkan sesuai dengan Kurikulum Stella Maris.

Sistem Pendidikan memuat aspek-aspek yang dibutuhkan bagi pertumbuhan dan perkembangan siswa sesuai dengan usianya. Tujuan pembelajaran di KB-TK mengarah pada pencapaian Profile Pembelajar (Learner Profle) dari Stella Maris sebagai berikut:

  1. Memperkenalkan kepada siswa bahwa belajar adalah kegiatan yang menyenangkan dengan cara menyediakan aktivitas-aktivitas yang dapat membantu menyeimbangkan dan mengembangkan pengetahuan intelektual, kekuatan fisik, pertumbuhan sosial emosional, mengasihi Tuhan dan disiplin yang sehat.
  2. Merangsang, menyalurkan dan mengembangkan rasa ingin tahu siswa tentang segala sesuatu di sekitar kita.
  3. Membantu siswa untuk mengenal dan menerima diri sendiri sehingga dapat menjadi pribadi yang percaya diri, dapat menyampaikan kemauan dan perasaannya, berani mencoba dan mengambil resiko.
  4. Membantu siswa untuk mengenal, peduli dan menghargai lingkungan, orang-orang dan teman-teman sekelilingnya.

 

Pengembangan diri

Kegiatan pengembangan diri di KB-TK terintegrasi dalam kegiatan pembiasaan yang dilakukan secara terus menerus dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa memiliki kebiasaan yang baik. Kegiatan pembiasaan meliputi pengembangan moral dan nilai-nilai agama Katolik pengembangan kemampuan emosional & kemandirian dan pengembangan kemampuan sosial.

Dari program pengembangan moral dan nilai-nilai agama Katolik, siswa diperkenalkan pada nilai-nilai Kristiani serta membina sikap siswa menjadi warga negara Indonesia yang baik. Program sosial dan kemandirian dimaksudkan untuk membina siswa agar dapat mengendalikan emosinya secara wajar dan dapat berinteraksi dengan sesamanya, berinteraksi dengan orang dewasa dengan baik serta dapat menolong dirinya sendiri.

 

Pengembangan Kemampuan Dasar

1. Pengembangan fisik/motorik

Pengembangan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan melatih gerak motorik kasar dan halus, meningkatkan kemampuan mengelola, mengontrol gerak tubuh, meningkatkan ketrampilan tubuh dan cara hidup sehat sehingga dapat menunjang pertumbuhan jasmani yang kuat, sehat dan terampil.

Pengembangan fisik motorik juga bertujuan agar siswa mampu melakukan aktivitas fisik secara terkoordinasi seperti kelenturan, keseimbangan, kelincahan dan melatih keberanian dalam rangka persiapan menulis.

 2. Pengembangan seni

Pengembangan ini bertujuan agar siswa mampu menciptakan sesuatu berdasarkan imajinasi, mengembangkan kepekaan, dan dapat menghargai hasil karya yang kreatif.

Pengembangan seni juga bertujuan agar siswa mampu mengekspresikan diri dengan menggunakan berbagai media atau bahan melalui kegiatan eksplorasi.

3. Pengembangan Bahasa (Indonesia, Inggris dan Mandarin)

Pengembangan ini bertujuan agar siswa mampu mendengarkan, mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang sederhana secara tepat, mampu berkomunikasi secara efektif, memiliki perbendaharaan kata dan simbol-simbol sebagai persiapan membaca dan menulis.

4. Pengembangan kognitif

Pengembangan ini bertujuan mengenalkan berbagai konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari, mengembangkan kemampuan berpikir siswa untuk dapat mengolah perolehan belajarnya dan dapat menemukan bermacam-macam alternatif pemecahan masalah, membantu siswa mengembangkan kemampuan logika matematikanya dan pengetahuan akan ruang, waktu, serta mempunyai kemampuan memilah-milah dan mengelompokkan serta persiapan pengembangan kemampuan berpikir teliti.

Selain program pengembangan diri yang ditanamkan pada siswa, dalam setiap kegiatan pembelajaran pun akan dilakukan dengan pendekatan secara tematik sesuai dengan tema yang telah ditetapkan. Kegiatan-kegiatan pembelajaran yang dilakukan di kelas akan dijalankan berdasarkan tema dan dibawakan melalui permainan, menyanyi dan gerak, drama (role play). Kesemuanya itu adalah untuk memudahkan siswa mengenal berbagai konsep secara mudah dan jelas. Seperti contoh tema dalam 1 semester akan membahas mengenai Diriku dan Keluargaku, dan Makanan dan Minuman; sehingga dalam satu semester pembelajaran lebih menekankan dan mengajak siswa  mengenali diri sendiri dan mengenal orang-orang dalam keluarganya serta jenis-jenis makanan dan minuman.

 

CCA (Co-Curricular Activity)

Ekstrakurikuler yang terdapat di KB-TK Stella Maris School BSD, adalah:

  1. KBK    : menari & mewarnai
  2. KBB    : menari & mewarnai
  3. TK A   : mewarnai (wajib) menari & taekwondo (pilihan)
  4. TK B   : menggambar (wajib) menari & taekwondo (pilihan)

 

Klub Siswa

Jenis klub adalah English Club & Klub Mewarnai. Tujuan kegiatan klub adalah untuk mengembangkan bakat dan talenta siswa dibidang mewarnai dan bahasa Inggris. Klub juga bertujuan mempersiapkan siswa mengikuti lomba.




Inspiration Quotes

Knowing is not enough; we must apply.
Willing is not enough; we must do
Johann Wolfgang von Gouthes
Bible Quotes

Knowing is not enough; we must apply.
Willing is not enough; we must do
Johann Wolfgang von Gouthes