SMA

Global

SMA


SMA Stella Maris BSD mempersiapkan secara matang lulusan yang mampu untuk mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya dengan memberikan program pendidikan yang mendukung tumbuh kembang para peserta didik. Keunggulan yang diberikan SD Stella Maris School BSD, antara lain:

  1. Based-learning Partnership. Guru sebagai tenaga pengajar dalam proses belajar mengajar berperan sebagai rekan/mitra bagi peserta didik, sehingga peserta didik pun merasa nyaman untuk bertukar pikiran.
  2. Student-centered Learning. Proses pembelajaran lebih menekankan pada keaktifan peserta didik di dalam kelas.
  3. Art & Entrepreneurship. Peserta didik tidak hanya dikembangkan kemampuannya dalam bidang akademik tapi juga dalam bidang seni dan kewirausahaan, sehingga peserta didik tetap tumbuh sebagai individu yang berkarakter dan mandiri.
  4. Technology Awareness & Moral Value. Di jaman berteknologi tinggi seperti sekarang ini, peserta didik dituntun untuk tetap aktif dalam perkembangan teknologi tanpa meninggalkan nilai-nilai moral dan budaya nasional.

 

 

Kurikulum

Mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMP Stella Maris menyajikan metode pembelajaran student center, dengan berbagai pengembangan diantaranya adalah menerapkan, applied science, entrepreneurship, Bahasa Inggris, dan program bilingual untuk mata pelajaran matematika dan fisika. Tujuan pendidikan di tingkat SMP difokuskan untuk menghasilkan siswa yang mempunyai karakter, kecakapan dan ketrampilan untuk beradaptasi dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitarnya serta mengembangkan kemampuan lebih lanjut untuk mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya dengan berlandaskan dua belas learner profile Stella Maris School.

 

Tingkat SMP Stella Maris melakukan beberapa pengembangan pendidikan diantaranya:

Entrepreneurship

Mata pelajaran entrepreneurship mulai diberikan di kelas 7 yang kurikulumnya berkesinambungan sampai kelas 11. Mata pelajaran entrepreneurship ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan memberikan dasar-dasar ilmu bagi peserta didik dalam bidang entrepreneurship sebagai bekal di masa depan.

 

Program Bilingual

Penerapan dua bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) dalam proses pembelajaran fisika dan matematika merupakan salah satu pengembangan yang dilakukan di SMP Stella Maris. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris peserta didik terutama dalam bidang sains sebagai bekal untuk tingkat pendidikan selanjutnya.

 

Applied Science

Program ini dilaksanakan dengan cara integrasi dalam pelajaran sains, sehingga pelajaran sains akan lebih bersifat aplikatif daripada teoritis. Dengan demikian siswa akan lebih merasakan manfaat dari ilmu sains dalam kehidupan sehari-hari.

 

Bahasa Inggris

Pelajaran bahasa Inggris di SMP Stella Maris menggunakan kurikulum dari Pemerintah dengan beberapa pengembangan materi seperti postcard, invitation, greeting card, short message, announcement, warning/caustion, notice, shopping list, E-mail, formal and informal letters, interview, advertisement interview, news reading, label, presenter yang disajikan dalam bentuk tematik.

 

MUATAN KURIKULUM

Muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) meliputi mata pelajaran yang keluasaan dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didik pada satuan pendidik dasar:

1. Mata pelajaran wajib:

Religiositas, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA (Biologi), IPA (Fisika), IPA (Kimia), Praktikum, IPS (Sejarah, Geografi, Ekonomi), Seni Budaya (Kesenian), Olahraga dan Komputer (IT).

2. Muatan lokal:

Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi siswa. Bahasa Mandarin dan entrepreneurship dipilih sebagai muatan lokal untuk satuan pendidikan dasar. Mata pelajaran muatan lokal tersebut wajib diambil siswa sesuai dengan yang telah diprogramkan oleh sekolah.

3. Pengembangan diri:

Pengembangan diri bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat peserta didik. Pengembangan diri di tingkat satuan pendidikan sekolah dasar adalah Morning Assembly & Perwalian, Bimbingan Konseling, Ekstrakurikuler, dan Olahraga bersama.

 

CCA (Co-Curricular Activity)

  • Komputer
  • Biola
  • Tenis Meja
  • Paduan Suara
  • Modern Dance
  • Seni Lukis
  • Bulu Tangkis
  • Futsal
  • Basket
  • Sains Toys



Inspiration Quotes

Knowing is not enough; we must apply.
Willing is not enough; we must do
Johann Wolfgang von Gouthes
Bible Quotes

Knowing is not enough; we must apply.
Willing is not enough; we must do
Johann Wolfgang von Gouthes