10 Life Skill yang Direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

10 Life Skill yang Direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

10 Life Skill yang Direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Menjalani kehidupan tentu tidak selalu berjalan mulus seperti harapan kita. Ada kalanya kita menghadapi beragam masalah yang datang silih berganti. Pandemi Covid-19 adalah salah satu masalah yang sekarang dihadapi oleh semua orang dan tidak pernah ada seorang pun yang bisa memperkirakan kapan akan berakhir. Jika sudah demikian, kita membutuhkan keterampilan hidup (life skill) yang akan bisa menolong kita mengatasi berbagai persoalan dalam hidup, khususnya dalam situasi sulit.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan 10 life skills demi menjaga kesehatan mental, yaitu:

  1. Pemecahan masalah (problem solving)

Anda harus mengetahui langkah-langkah dalam pemecahan masalah yaitu memahami sifat masalah, permulaannya, faktor-faktor yang memperburuk masalah, solusi yang tepat, dan bagaimana memilih solusi yang terbaik.

  1. Pengambilan keputusan (decision making)

Sebelum mengambil keputusan, Anda harus membuat daftar pro dan kontra, kerugian dan keuntungan, risiko yang terlibat. Anda tidak perlu ragu untuk berkonsultasi dengan orang yang tepat.

  1. Berpikir kreatif (creative thinking)

Seseorang harus inovatif dan kreatif; mengeksplorasi ide dan metode baru.

  1. Berpikir kritis (critical thinking)

Anda harus belajar untuk mengevaluasi dan melihat secara kritis sebuah isu. Bagaimana situasinya, informasi, atau rekomendasi yang dibuat oleh orang lain. Anda seharusnya tidak menerima secara membabi buta atau terbawa oleh pernyataan atau tekanan orang lain.

  1. Kesadaran diri (self awareness)

Sangat penting untuk memiliki pemahaman tentang diri sendiri; kemampuan, keterbatasan diri. Kekuatan, serta kelemahan pribadi.

  1. Empati (empathy)

Anda harus memahami pandangan, pengalaman, dan ekspresi orang lain dengan simpati. Anda harus bisa menempatkan diri pada posisi orang lain dan bagaimana meresponsnya.

  1. Hubungan antarpribadi (interpersonal relationship)

Anda harus mengembangkan keterampilan membangun dan memelihara hubungan yang sesuai dan bersahabat dengan sebagian besar orang. Anda juga harus belajar keterampilan untuk mengelola orang yang berbeda pandangan dengan Anda serta bagaimana mengatasinya.

  1. Komunikasi yang baik (good communication)

Keterampilan komunikasi yang baik verbal maupun nonverbal sangat penting dalam fungsi sehari-hari individu. Komunikasi perasaan dan emosi sangat penting untuk kesejahteraan serta kesehatan mental.

  1. Manajemen stres (stress management)

Cara yang tepat dan sehat dalam mengelola stres sangat membantu dalam pencegahan gangguan fisik dan mental.

  1. Manajemen emosi (emotional management)

Cara yang tepat dan sehat untuk mengelola emosi negatif sangat membantu dalam pencegahan gangguan fisik dan mental.

 

Sumber: Hangoutagile.com

Foto: Freepik

 

Untuk informasi dan pendaftaran sekolah Stella Maris School, Hubungi :

Whatsapp : 081389535377
Instagram : @stellamaris.sch
Email : info@stella-maris.sch.id
Video Kegiatan Siswa : Youtube Stella Maris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *