4 Cara Pengasuhan Anak Agar Sukses Dalam Hidup

4 Cara Pengasuhan Anak Agar Sukses Dalam Hidup

Apabila Anda adalah orang tua, Anda mungkin ingin mengetahui bagaimana cara menjadikan anak Anda sukses dalam hidup. Sukses bagi seseorang barangkali berbeda bagi orang lain, namun secara umum hal tersebut bermakna pencapaian dan memperoleh hasil yang positif.

Banyak faktor yang berkontribusi pada pencapaian seseorang. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa kualitas pengasuhan pada anak sejak usia dini yang akan membawa mereka menjadi orang sukses.

Berikut ini hal-hal yang dapat dilakukan orang tua, sebagai titik awal yang baik membesarkan anak agar sukses di kehidupan mereka:

  1. Mengasuh anak dengan hangat dan responsif

Mengembangkan hubungan yang erat dengan anak Anda untuk menciptakan masa kecil yang penuh dengan kebahagiaan adalah salah satu kunci terpenting untuk membesarkan anak-anak yang bahagia dan hebat. Memiliki orang tua atau pengasuh yang hangat serta responsif  akan memberikan pengalaman menyenangkan bagi seorang anak. Pengalaman tersebut akan tertanam kuat pada diri mereka sehingga di masa depan memiliki mental yang sehat dan kuat.

 

  1. Menguasai dan mengajarkan bagaimana mengatur emosi dengan baik

Mampu mengatur emosi merupakan faktor sangat penting dalam mencapai kesuksesan dan kebahagiaan di dunia ini. Pengaturan diri bukanlah keterampilan yang kita miliki sejak lahir. Salah satu tugas terpenting sebagai orang tua adalah mengajari anak-anak kita cara mengatur emosi mereka. Anak-anak belajar pengaturan emosi terutama dari mengamati orang tua dan melihat bagaimana mereka berperilaku. Untuk membantu anak-anak Anda sukses, pertama dan terutama, kuasai pengaturan diri sendiri dan jadilah panutan yang baik. Kemudian, ajari anak Anda keterampilan penting ini.

 

  1. Tumbuhkan motivasi terdalam dari diri seorang anak

Seseorang tidak akan berhasil, tidak peduli seberapa baik mereka diperlengkapi jika mereka tidak ingin sukses. Seseorang perlu dimotivasi untuk menjadi sangat baik dalam apa yang mereka lakukan. Anda mungkin bisa memaksa mereka untuk melakukan tugas sekolah dengan mengiming-imingi hadiah atau memberikan hukuman. Akan tetapi jika mereka tidak suka belajar atau sekolah, cepat atau lambat mereka akan berhenti, atau memperoleh nilai buruk. Jadi, berusahalah untuk memotivasi anak Anda untuk belajar, dan menikmati belajar.

 

  1. Menerapkan disiplin yang baik dan tegas

Bersikap baik dan tegas adalah karakteristik dari pengasuhan yang otoritatif. Hal tersebut secara konsisten ditemukan terkait dengan kesuksesan anak. Anak-anak dari orang tua yang berwibawa cenderung berprestasi lebih baik di sekolah, lebih tangguh, memiliki keterampilan memecahkan masalah lebih baik, dan kecil kemungkinannya untuk putus sekolah. Mengasuh secara positif adalah salah satu bentuk pola asuh otoritatif yang dapat Anda lakukan. Ini adalah filosofi pengasuhan anak yang menekankan penggunaan instruksi positif dan saling menghormati  Selain instruksi positif dan saling menghormati, ini juga mengajarkan anak berpikir kritis dan memperkuat keterampilan penalaran mereka, yang sangat kita butuhkan dalam masyarakat kita saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *