5 Makanan agar Anak Cerdas yang Cocok untuk Menu Sarapan

5 Makanan agar Anak Cerdas yang Cocok untuk Menu Sarapan

Makanan agar anak cerdas perlu diberikan setiap hari, sebab asupan nutrisi berpengaruh besar pada perkembangan otak mereka. Jika terbiasa diberikan makanan mengandung gizi seimbang, si kecil bisa tumbuh sempurna sesuai dengan tahap perkembangannya. Terlebih saat mereka masih berada di masa pertumbuhan.

Orang tua perlu memaksimalkan usaha-usaha agar anak bisa berkembang pesat, cerdas dan tampil berprestasi ketika telah sekolah nanti. Makanan yang dikonsumsi setiap hari seakan-akan menjadi bahan bakar utama bagi otak untuk menjalankan fungsinya. Banyak sekali jenis makanan rekomendasi untuk meningkatkan kecerdasan.

Baca Juga: Makanan Sehat dan Bergizi: Salah Satu Hak Anak di Rumah yang Harus Dipenuhi

Bunda sekaligus bisa berkreasi membuat menu makanan bergizi untuk bekal sarapan, makan siang ataupun makan malam. Tidak makan di restoran mahal sebab Anda bisa memasaknya sendiri berbekal referensi menu yang ada di internet. Selain lebih sehat, makanan agar anak cerdas juga murah dan mudah dibuat.

5 Makanan yang Membuat Anak Lebih Cerdas

Berikut ini beberapa makanan yang bisa meningkatkan kecerdasan otak pada anak, yaitu:

  1. Telur

Makanan agar anak cerdas paling mudah dijumpai di mana saja dan kapan saja yakni telur. Telur mengandung protein tinggi. Bagian kuningnya kaya akan zat kolin yang mampu membantu otak berkembang pesat. Mengonsumsinya juga bisa meningkatkan konsentrasi.

  1. Kacang

Kacang menjadi camilan paling menyehatkan untuk buah hati Anda. Kandungan vitamin E di dalamnya sangat tinggi. Selain itu juga terdapat antioksidan yang berperan melindungi otak dari radikal bebas. Makanan agar anak cerdas satu ini mampu meningkatkan kecerdasan otak dan menjadi sumber energi.

  1. Ikan

Bukan menjadi rahasia lagi jika ikan merupakan sumber protein terbaik. Kandungan protein tinggi, DHA, serta EPA terbukti ampuh meningkatkan perkembangan otak. Mengonsumsinya setiap hari dapat meningkatkan daya ingat serta kemampuan nalar anak. Omega 3 pada ikan bisa meningkatkan daya konsentrasi menjadi lebih baik.

  1. Aneka Sayuran Warna Cerah

Makanan agar anak cerdas ialah sayuran berwarna cerah seperti tomat dan wortel. Sayuran tersebut mengandung antioksidan tinggi lengkap dengan nutrisi berupa vitamin, dan serta yang berguna untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi sayur setiap hari juga dapat meningkatkan kinerja otak sehingga mudah berkonsentrasi serta memiliki daya ingat tajam.

Tips agar Anak mau Makan Buah dan Sayur

Kandungan nutrisi pada buah dan sayur memang tidak diragukan lagi, oleh sebab itu biasakan buah hati untuk selalu mengonsumsinya. Berikut ini tips agar si kecil doyan makan sayur dan buah, yaitu:

  1. Sajikan Buah dan Sayur dengan Warna Kontras

Pilihlah sayuran serta buah dengan warna-warna yang berbeda. Anda bisa mengombinasikan beberapa jenis sekaligus seperti wortel, brokoli, tomat, terong ungu, anggur, jeruk, pisang dan lainnya. Kombinasi tersebut menjadi makanan agar anak cerdas sekaligus membuat mereka merasa tertarik memakannya.

  1. Ubah Bentuk

Tekstur sayur dan buah yang cukup keras terkadang membuat anak tidak ingin memakannya. Oleh karena itu cobalah mengubah teksturnya. Anda bisa berkreasi membuat beragam cemilan sehat berupa bubur sayur atau buah, bakso dengan cincangan sayur dan lainnya.

  1. Buat Smoothies

Minuman manis memang digemari anak-anak. Minuman dan makanan agar anak cerdas dari buah bisa Anda buat menjadi jus atau smoothies dengan mencampurkan susu. Perpaduan tersebut akan menghasilkan cita rasa lezat dan menyegarkan yang bisa membuat mereka ketagihan.

  1. Ajak si Kecil Memasak

Kegiatan memasak akan menjadi hal menyenangkan untuk si kecil. Besar kemungkinan saat ia dilibatkan pada kegiatan ini, maka mereka akan tertarik untuk menyantap hasil masakannya sendiri. Buatlah makanan dengan berbahan sayur mulai dari menu sederhana seperti sayur sop, salad atau pasta.

Baca Juga: 5 Manfaat Belajar Mandiri di Rumah

Makanan memiliki peranan penting untuk perkembangan otak. Setiap orang tua sebaiknya memperhatikan asupan yang dikonsumsi setiap hari agar tumbuh kembang mereka berjalan maksimal. Termasuk memberikan makanan agar anak cerdas dengan gizi seimbang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *