5 Manfaat Belajar Mandiri di Rumah

5 Manfaat Belajar Mandiri di Rumah

Kemandirian dalam belajar menjadi salah satu perhatian utama di dunia pendidikan saat ini. Pemicunya apalagi kalau bukan pandemi Covid-19. Proses belajar mengajar untuk sementara waktu tidak bisa dijalankan di sekolah secara tatap muka. Sehingga diharapkan siswa mampu mempraktikkan belajar secara lebih mandiri.

Secara umum belajar mandiri bisa diartikan sebagai mampu merencanakan belajarnya sendiri, melaksanakan proses belajar, dan mengevaluasi hasil belajar sendiri. Bukan hal yang mudah tentu saja, oleh karenanya semangat yang ada dalam diri seorang anak sangat menentukan keberhasilan belajar mandiri di rumah.

Banyak manfaat yang bisa dipetik dari belajar mandiri di rumah, antara lain:

  • Motivasi dan rasa percaya diri yang makin tumbuh

Kesuksesan belajar mandiri salah satunya tergantung dari motivasi dari dalam diri anak. Karena diharuskan mengatur waktu belajar sendiri, merencanakan sendiri, maka akan muncul perasaan lega ketika hal tersebut bisa dituntaskan. Pembiasaan ini sedikit demi sedikit akan menumbuhkan motivasi serta memupuk rasa percaya diri. Anak akan mengalami sendiri bahwa ternyata belajar mandiri sangatlah menyenangkan.

  • Menjadi semakin kreatif dan aktif mencari sumber belajar

Agar proses belajar lebih optimal maka anak perlu mencari materi yang akan membantu dalam mempelajari sesuatu atau untuk menyelesaikan sebuah tugas. Banyak sumber informasi dan pengetahuan yang bisa diperoleh secara mandiri via online. Inisiatif mandiri ini akan menumbuhkan kreativitas dan selalu aktif mencari sumber pembelajaran.

  • Mengenali diri sendiri

Saat belajar mandiri di rumah, anak memiliki kesempatan menyelami bagaimana cara belajar yang lebih nyaman bagi diri sendiri. Lebih tahu kapan waktu yang pas untuk belajar. Dengan demikian makin paham dengan pola belajar diri sendiri dan pada akhirnya hasil belajar akan lebih optimal.

  • Meningkatkan prestasi akademis

Belajar menjadi sesuatu yang menyenangkan karena tahu cara yang pas buat diri sendiri. Bonusnya tentu saja adalah prestasi akademis yang meningkat.

  • Menjadi individu yang bertanggung jawab dan disiplin

Berbeda dengan situasi dan kondisi di sekolah, pada saat di rumah anak harus bisa mengatur dirinya sendiri. Anak akan belajar menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab dan disiplin mengatur waktu supaya hasil belajar lebih optimal.

 

Anak yang memiliki kemandirian tinggi dalam belajar merupakan orang yang mampu mengontrol proses belajar, mempergunakan bermacam-macam sumber belajar, mempunyai motivasi internal dan memiliki kemampuan mengatur waktu, serta memiliki konsep diri yang positif dibanding yang memiliki kemandirian rendah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *