8 MANFAAT BERMAIN TRAMPOLIN UNTUK ANAK USIA PRASEKOLAH

8 MANFAAT BERMAIN TRAMPOLIN UNTUK ANAK USIA PRASEKOLAH

Salah satu permainan yang digemari sebagian besar anak-anak adalah trampolin. Kalau kita berkunjung ke sebuah mall atau tempat yang ramai dikunjungi keluarga, pada umumnya ada playground di sana dan hampir dipastikan terdapat permainan trampolin. Anak-anak sangat menikmati melompat dan memantul di trampolin.

Dikutip dari situs livingandloving.co.za, ternyata aktivitas tersebut sangat bermanfaat bagi perkembangan anak usia prasekolah. Aktivitas tersebut melibatkan semua otot utama dalam satu gerakan tunggal, dan menstimulasi otak serta organ-organ dan sel-sel dalam tubuh.

Menurut Jennifer Trachtenberg, pakar pengasuhan anak, dokter anak dan penulis buku Good Kids, Bad Habits mengatakan bahwa saat ini banyak anak yang tidak mendapatkan aktivitas fisik yang cukup, karena hal-hal sebagai berikut:

  • Era digital mendorong lebih banyak waktu menatap layar gadget dan aktivitas yang berdiam di satu tempat daripada bermain di luar ruangan.
  • Kurangnya energi atau motivasi untuk bermain di luar ruangan – mungkin karena kebiasaan tidur yang buruk dan gizi buruk.
  • Keterbatasan waktu karena jadwal yang terlalu padat.
  • Role model yang buruk – di mana orangtua tidak makan dengan baik atau berolahraga dan menghabiskan terlalu banyak waktu di depan TV. Anak-anak mengikutinya.
  • Faktor lingkungan seperti tidak adanya taman atau masalah keselamatan umum di lingkungan tempat tinggal.

Kurangnya olahraga ini bisa merugikan anak-anak. Aktivitas olahraga penting untuk pengembangan keterampilan motorik halus dan motorik kasar; perkembangan sosial dan emosional; dan bahkan perkembangan bicara dan bahasa.

 

Salah satu kegiatan terbaik

Memantulkan trampolin adalah salah satu kegiatan terbaik untuk anak-anak. Mengapa? Karena itu melibatkan semua kelompok otot utama dalam satu gerakan tunggal, dan merangsang otak, serta sel-sel dan organ-organ dalam tubuh.

Seorang ahli terapi percaya memantulkan trampolin adalah kegiatan yang sangat baik untuk anak-anak karena:

  1. Meningkatkan sirkulasi dan oksigen ke otak
  2. Mengurangi kelelahan
  3. Berdampak rendah, yang mengurangi risiko cedera
  4. Membantu penurunan berat badan dan manajemen berat badan, tanpa terlalu mengguncang tubuh.
  5. Mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.
  6. Membantu pencernaan, berkat efek detoksifikasi pada sistem limfatik.
  7. Mengurangi risiko kecemasan dan depresi, serta meningkat pola tidur yang sehat.
  8. Meningkatkan konsentrasi dan suasana hati karena pelepasan endorfin yang baik.

Yuk, ajak si kecil bermain trampolin!

(Foto: pexels.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *