Ajarkan Kebiasaan Menjaga Kebersihan sejak Usia Dini. Apa saja ya?

Ajarkan Kebiasaan Menjaga Kebersihan sejak Usia Dini. Apa saja ya?

Salah satu pelajaran yang bisa kita ambil sejak terjadinya pandemi Covid-19 adalah pentingnya pola hidup sehat. Kesehatan sedemikian berharga saat ini. Terlebih saat lonjakan kasus positif Covid-19 sedang terjadi hari-hari ini. Setiap orang berupaya sekuat tenaga agar tidak tertular, salah satunya melalui disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Pola hidup sehat akan bisa terwujud jika komponen pentingnya, yakni kebiasaan menjaga kebersihan bisa dilakukan secara konsisten. Kebiasaan tersebut sebaiknya diajarkan sejak usia dini karena usia anak-anak merupakan arena penjelajahan untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan secara optimal. Segala benda yang mengundang rasa ingin tahu seorang anak, cenderung ingin segera dipegang dan diremas.

Setelah puas bereksplorasi dengan lingkungannya, menyentuh benda-benda mengakibatkan tangan, baju, dan semua yang menempel di badan ikut kotor sehingga kebiasaan untuk membersihkan diri setelah beraktivitas menjadi sangat penting. Di sinilah peran orang tua menjadi amat penting. Mengawasi dan menjaga kebersihan demi kesehatan putra-putri tercinta. Sekaligus orang tua harus mampu menjadi contoh bagi putra-putrinya. Berikan contoh yang baik dan menjadi panutan bagi mereka.

Lalu, apa saja kebiasaan yang perlu diajarkan sejak dini?

  • Mandi dua kali sehari

Mandi penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan anak. Jadikan kebiasaan ini sebagai rutinitas dengan melakukannya pada waktu yang sama setiap hari, saat pagi dan sore. Jelaskan kepada anak bahwa mandi bisa membantu mereka untuk menjaga kebersihan tubuh sekaligus mengusir kuman-kuman penyakit. Agar acara mandi semakin seru, sediakan mainan sederhana saat mandi.

  • Sikat gigi saat mandi dan malam hari

Sejak anak memiliki gigi pertamanya, inilah awal untuk membiasakan mereka mulai belajar agar rutin menyikat gigi. Menurut ahli, menyikat gigi pagi setelah sarapan, mandi sore, dan malam sebelum tidur mencegah gigi berlubang hingga 50% pada anak-anak. Ajaklah mereka memilih sikat gigi kesukaannya dan pasta gigi rasa buah kegemarannya.

  • Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir

Kuman bisa menempel di semua benda yang ada di rumah. Salah satu cara kuman masuk ke tubuh anak ialah melalui perantaraan tangan. Untuk itu, ajak putra-putri Anda untuk biasa mencuci tangannya dengan sabun dan air mengalir. Ajari mereka kapan harus mencuci tangan, misalnya sebelum makan, setelah buang air kecil dan besar, setelah bermain dengan mainan maupun hewan peliharaan, pulang dari aktivitas di luar rumah, dan sebelum beranjak tidur.

  • Membuang sampah di tempat sampah

Ajak putra-putri Anda untuk biasa membuang sampah di tempat sampah. Sebagai contoh, selesai makan, arahkan anak untuk membuang sisa makanan di piring ke tempat sampah. Selain itu, saat bepergian jangan membuang sampah di sembarang tempat.

Nah, bagaimana? Banyak kebiasaan sederhana berkaitan dengan menjaga kebersihan yang perlu kita ajarkan sejak usia dini. Harapannya kelak ketika umur makin bertambah putra-putri Anda memiliki kesadaran yang tinggi untuk menjaga kebersihan.

 

Sumber: Kompas.id

Foto: Freepik

Untuk informasi dan pendaftaran sekolah Stella Maris School, Hubungi :

Whatsapp : 081389535377
Instagram : @stellamaris.sch
Email : info@stella-maris.sch.id
Video Kegiatan Siswa : Youtube Stella Maris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *