Ajarkan Sikap Tanggung Jawab dengan Cara Ini

Ajarkan Sikap Tanggung Jawab dengan Cara Ini

Sikap tanggung jawab penting diajarkan kepada anak sejak usia dini. Dengan mengajarkan sikap tanggung jawab, ia akan menjadi pribadi yang percaya diri dan dapat diandalkan. Lalu, bagaimana melatih kebiasaan bertanggung jawab pada anak?

Belajar sikap tanggung jawab dapat dikenalkan sejak buah hati Anda berusia 2 tahun. Anda bisa memulainya dengan hal-hal kecil terlebih dahulu lalu menambah tingkatannya seiring tumbuh kembang anak. Saat buah hati Anda memasuki usia anak-anak, Anda bisa mengajarinya sikap tanggung jawab melalui beberapa cara berikut:

  • Libatkan dalam pekerjaan rumah

Saat tengah menyiapkan makan malam atau membersihkan rumah, Anda bisa melibatkan buah hati Anda untuk membantu hal-hal sederhana seperti menyapu lantai atau membereskan koran dan majalah yang berserakan. Jangan langsung mengharapkan hasil yang baik, tapi hargai bagaimana buah hati Anda mau terlibat dan belajar.

  • Biarkan anak merawat dirinya sendiri

Ajarkan buah hati Anda kebiasaan mencuci tangan sebelum makan dan setelah menggunakan toilet. Kegiatan tersebut adalah bentuk tanggung jawab terhadap kebersihan dirinya sendiri. Selanjutnya, Anda bisa mengajarkan buah hati Anda untuk memakai pakaian dan menyisir rambutnya sendiri.

  • Memelihara binatang atau merawat tanaman

Buah hati Anda pasti senang diberikan kucing atau kelinci sebagai hewan peliharaannya. Ajari ia cara memberi makan dan merawatnya. Selain merawat binatang peliharaan, buah hati Anda juga bisa diajak berkebun dan biarkan ia memilih tanaman yang ingin dirawatnya. Melalui kegiatan ini, ia akan belajar mengurus dan peduli terhadap makhluk lain. Ini adalah salah satu tahap meningkatkan tanggung jawab sesuai tumbuh kembang anak.

  • Biarkan buah hati Anda mengerjakan PR-nya

Ketika buah hati Anda sudah masuk sekolah pertamanya dan mendapatkan PR, luangkanlah waktu untuk mendampinginya, tapi bukan untuk mengerjakan tugasnya. Biarkan dia mencoba mengerjakannya sendiri terlebih dahulu. Anda bisa mengecek dan membantu menjelaskan yang keliru. Jangan lupa untuk memberikan pujian setelah ia berhasil menyelesaikan PR-nya.

  • Jadilah contoh yang baik

Setiap orang tua tentu selalu dianjurkan untuk menjadi teladan yang baik bagi anak-anaknya, tak terkecuali dalam hal mengajarkan sikap tanggung jawab. Anda dapat memberikan contoh sikap tanggung jawab, misalnya dengan selalu tepat waktu menjemput dia atau menepati janji mengajak buah hati Anda jalan-jalan saat akhir pekan.

 

Sumber: Greatschools.org

Foto: Freepik

 

Informasi dan pendaftaran sekolah Stella Maris School, Hubungi :

Whatsapp : 081389535377
Instagram : @stellamaris.sch
Email : info@stella-maris.sch.id
Video Kegiatan Siswa : Youtube Stella Maris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *