Anak Remaja Anda Membutuhkan Privasi dan Anda Harus Menghargainya, Mengapa?

Anak Remaja Anda Membutuhkan Privasi dan Anda Harus Menghargainya, Mengapa?

Setiap orang pasti memiliki privasinya masing-masing., tak terkecuali buah hati Anda yang mulai menginjak usia remaja. Dalam kondisi tersebut, sudah sepatutnya Anda sebagai orang tua bisa menghargai privasi remaja. Memang tidak mudah bagi orang tua menghadapi perubahan situasi semacam itu. Perasaan janggal dan khawatir pun bisa saja Anda alami ketika buah hati mulai merahasiakan sesuatu.

Namun, biarkan  saja hal tersebut terjadi, asalkan masih dalam batas normal dan tidak mengindikasikan sesuatu yang buruk pada diri anak. Oleh karena keinginan anak untuk lebih banyak privasi adalah kondisi alamiah dari proses perkembangannya. Anak-anak akan mulai menghadapi berbagai tantangan besar seiring pertambahan usia. Mereka akan belajar sifat seseorang, hal-hal yang dianggap cocok atau tidak cocok dengan diri mereka, hingga memutuskan apa yang akan dilakukan dalam hidup.

Seorang psikolog dan penulis buku, Carl E Pickhardt, Ph.D., menjelaskan jika usia remaja adalah masanya anak mulai memiliki rahasia. Anak-anak tidak akan memberikan informasi tertentu kepada orang tuanya lebih dari yang mereka inginkan. Mengapa demikian? Sebab, peningkatan kesadaran diri sejak pubertas, dorongan untuk lebih mandiri, ketidakamanan sosial dengan teman sebaya, dan perkembangan dunia luar yang lebih kompleks semuanya cenderung memotivasi anak untuk meningkatkan keinginan akan privasi ini.

Oleh karena itu, orang tua diharapkan bisa menghargai privasi yang dimiliki anak usia remaja. Ada beberapa alasan yang mendasari hal tersebut:

  • Perkembangan fisik dan emosional

Saat menginjak usia remaja, anak mengalami perkembangan fisik serta emosional yang pesat. Mereka ingin dianggap menadiri dan dewasa. Anak-anak mencoba memahami di mana posisi mereka dana pa yang ingin dilakukannya di masa depan. Remaja berusaha menemukan identitasnya sendiri sehingga privasi menjadi hal yang amat penting bagi mereka.

  • Memahami kebutuhan untuk berpisah

Saat usia mereka masih kecil, hampir tidak bisa berpisah dengan Anda sebagai orang tuanya. Seiring bertambahnya usia, akan terjadi apa yang dinamakan pemisahan alami dan hal tersebut bagian yang sehat dari hubungan antarmanusia. Anak kecil yang menginginkan kehadiran orang tuanya terus-menerus berubah menjadi anak yang lebih besar yang akan menutup rapat pintu kamarnya karena membutuhkan privasi.

  • Wujud penyesuaian dalam hidup

Ketika memasuki usia remaja, anak akan menghadapi banyak hal yang belum pernah dialami sebelumnya, sehingga wajar jika mereka menginginkan lebih banyak privasi. Periode ini juga merupakan salah satu penyesuaian besar bagi orang tua.Bisa jadi periode ini akan membuat Anda resah karena seakan anak menjauh dari Anda. Namun Anda harus menyadari bahwa anak remaja Anda ingin lebih banyak privasi, bukan berarti mereka menyembunyikan sesuatu. Pada dasarnya anak juga ingin lebih mandiri.

 

Sumber: Id.theasianparent.com

Foto: Freepik.com

 

 

Informasi dan pendaftaran sekolah Stella Maris School, Hubungi :

Whatsapp : 081389535377
Instagram : @stellamaris.sch
Email : info@stella-maris.sch.id
Video Kegiatan Siswa : Youtube Stella Maris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *