Apa Hubungan Membaca Buku dengan Kesehatan Otak?

Apa Hubungan Membaca Buku dengan Kesehatan Otak?

Buku apa yang saat ini sedang Anda baca? Ya, salah satu aktivitas yang meningkat di masa pandemi Covid-19 ini adalah membaca buku. Ada banyak jenis buku yang bisa kita pilih, mulai dari cerita fiksi hingga biografi. Bukan hanya menghibur, ternyata membaca buku bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan otak. Benar, kah?

Yuk, kita simak manfaat membaca buku, dikatikan dengan kesehatan otak!

Sebuah penelitian menggunakan pemeriksaan MRI mengungkapkan bahwa kegiatan membaca melibatkan jaringan sirkuit dan sinyal yang kompleks di otak. Saat kemampuan membaca seseorang meningkat, maka jaringan sirkuit juga akan semakin menguat. Penelitian tersebut dilakukan pada 2013 untuk mengukur efek membaca novel pada otak. Peserta dianjurkan membaca novel Pompeii selama 9 hari berturut-turut. Hasilnya, saat ketegangan dibangun dalam cerita, maka semakin banyak area otak yang menyala dengan aktivitas.

Berikut ini beberapa manfaat membaca buku untuk kesehatan otak:

  • Mengurangi tingkat stress

Selain menambah informasi seputar buku yang Anda nikmati, membaca buku juga dinilai mampu mengurangi tingkat stres. Membaca buku nyatanya dapat menurunkan tingkat stres hingga 68 persen. Hal ini tentunya lebih tinggi dibandingkan mengurangi tingkat stres dengan mendengarkan musik atau bermain game. Tidak terbatas pada satu jenis buku, hal terpenting adalah membuat diri sendiri merasa nyaman dengan bacaan yang dimiliki. Dengan cara itu, Anda dapat merasakan manfaatnya dengan baik.

  • Menambah kemampuan dan perbendaharaan kata

Orang-orang yang memiliki kegemaran untuk membaca buku, nyatanya akan memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik. Hal ini disebabkan kemampuan kata yang akan semakin bertambah saat lebih sering membaca buku. Jadi, jangan ragu untuk memilih jenis buku kesukaan setiap harinya.

  • Menambah kapasitas memori

Bukan hanya menambah kemampuan berkomunikasi dan kata saja, rajin membaca buku nyatanya dapat menambah kapasitas memori. Anda akan memiliki ingatan yang lebih kuat dibandingkan orang-orang yang tidak suka membaca buku. Membaca buku dinilai menjadi salah satu bentuk latihan otak. Sebuah penelitian yang dilakukan Haskins Laboratories for The Science of The Spoken and Written Word, kegiatan membaca buku nyatanya memberikan banyak waktu untuk berpikir, memproses, dan membayangkan narasi yang bisa meningkatkan kemampuan berpikir.

  • Meningkatkan kecerdasan

Masih berkaitan dengan manfaat membaca buku untuk kesehatan otak sebelumnya, rutin membaca buku akan membuat kecerdasan seseorang meningkat seiring dengan penambahan kapasitas memori dan kosakata.

ย 

Sumber: Halodoc.com

Foto: Freepik

Untuk informasi dan pendaftaran sekolah Stella Maris School, Hubungi :

Whatsapp : 081389535377
Instagram : @stellamaris.sch
Email : info@stella-maris.sch.id
Video Kegiatan Siswa : Youtube Stella Maris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *