Apa Rahasia Menjaga Otak agar Tetap Sehat?

Apa Rahasia Menjaga Otak agar Tetap Sehat?

Otak memiliki peran penting dalam menjalankan organ di seluruh tubuh. Otaklah yang mengatur fungsi mental dan kognitif. Oleh karenanya menjaga otak tetap sehat tidak boleh diabaikan.

Semakin bertambah usia seseorang (baca: tua), maka fungsi otak akan semakin menurun. Umumnya ditandai dengan semakin sering lupa dan kerja pikiran melambat. Namun, kita bisa tetap mengoptimalkan fungsi otak serta menjaga otak tetap sehat dengan upaya tertentu.

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga otak tetap sehat. Apakah itu?

  • Lakukan beragam aktivitas untuk menstimulasi otak

Studi menunjukkan aktivitas yang merangsang atau menstimulasi otak dapat memicu munculnya sel-sel baru. Sel-sel baru ini membuat otak tetap sehat. Kegiatan menstimulasi otak itu dapat dilakukan dengan cara membaca, mengikuti kursus, menyelesaikan puzzle, atau berhitung. Aktivitas seperti menggambar, melukis, dan kerajinan tangan juga dapat menstimulasi otak.

  • Melakukan aktivitas fisik

Dikutip dari Harvard Medical School, studi menunjukkan olahraga dapat membantu menenangkan pikiran dan otak. Orang yang berolahraga secara teratur meningkatkan jumlah pembuluh darah kecil yang membawa darah kaya oksigen ke otak. Olahraga juga memacu perkembangan sel-sel saraf baru dan meningkatkan koneksi antara sel-sel otak. Hal ini membuat kinerja otak lebih baik. Olahraga juga menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, dan mengurangi tekanan mental, yang semuanya baik untuk otak.

  • Menerapkan pola makan yang tepat

Nutrisi yang baik dapat menjaga pikiran dan tubuh. Konsumsi makanan kaya nutrisi seperti tinggi serat dan vitamin dan protein. Hindari pula makanan yang tinggi gula, garam, dan lemak karena buruk untuk otak.

  • Mengendalikan tekanan darah

Tekanan darah yang tinggi meningkatkan risiko penurunan fungsi kognitif. Jaga tekanan darah tetap normal dengan berolahraga teratur, tidak merokok dan mengonsumsi alkohol, serta tidak stres.

  • Menjaga kadar gula darah

Kadar gula darah yang tinggi dan diabetes merupakan faktor risiko demensia, penyakit otak. Itu sebab, penting untuk menjaga kadar gula darah tetap normal untuk menjaga otak tetap sehat.

  • Mengelola emosi dengan baik

Emosi punya peran penting pada fungsi otak. Orang yang gelisah, tertekan, kurang tidur, dan kelelahan cenderung memiliki fungsi kognitif yang buruk. Sebaliknya, orang yang dapat mengatur emosi dengan baik memiliki fungsi otak yang lebih baik.

  • Melakukan interaksi dengan sesama

Studi menunjukkan ikatan sosial yang baik dengan orang lain dapat menjaga otak tetap sehat dan awet muda. Memiliki pergaulan yang sehat dan menyenangkan juga menurunkan risiko demensia.

 

Sumber: CNNIndonesia.com

Foto: Freepik

 

Untuk informasi dan pendaftaran sekolah Stella Maris School, Hubungi :

Whatsapp : 081389535377
Instagram : @stellamaris.sch
Email : info@stella-maris.sch.id
Video Kegiatan Siswa : Youtube Stella Maris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *