Apa sih Keuntungan Anak Belajar Bilingual atau Multilingual?

Apa sih Keuntungan Anak Belajar Bilingual atau Multilingual?

Rasanya bukan hal yang aneh lagi melihat anak-anak bercakap-cakap menggunakan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris, bahkan ada yang lebih dari satu bahasa asing. Kemampuan tersebut dikenal sebagai bilingual atau multilingual. Bilingual adalah kemampuan berbicara menggunakan dua bahasa dengan baik, sementara multilingual atau kadang disebut dengan plurilingual berarti mampu berbicara menggunakan lebih dari dua bahasa.

Saat ini banyak lembaga pendidikan yang menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Mandarin sebagai bahasa pengantar proses belajar mengajar. Orang tua pun banyak yang berkeyakinan bahwa agar anak mereka mampu bersaing di percaturan global, kemudian membekali dengan kemampuan bahasa asing sejak dini. Lalu, apakah hal tersebut baik dan bermanfaat bagi anak?

Berikut ini adalah rangkuman pendapat para ahli dan berbagai penelitian tentang hal tersebut, yang pada intinya menjelaskan kenapa kemampuan bilingual atau multilingual sangat bermanfaat dan sebaiknya diajarkan sejak usia dini:

  • Lebih mudah menyerap

Belajar bahasa lain sejak dini akan jauh lebih mudah daripada saat anak sudah makin dewasa. Anak di usia 2 atau 3 tahun mengembangkan keterampilan berbahasa lebih cepat. Anak-anak bisa memahami kata-kata baru dalam dua bahasa yang berbeda dengan kecepatan yang jauh berkali-kali lipat dibandingkan orang dewasa.

  • Lebih mudah melafalkan

Semakin awal seorang anak belajar bahasa lain, maka akan semakin mudah bagi mereka untuk memahami bunyi-bunyi yang unik.

  • Penguasaan bahasa asing lebih baik (lebih fasih)

Anak yang belajar bahasa asing sejak dini, akan mampu menuturkan dengan lebih baik.

  • Otak mampu berfungsi lebih baik

Seseorang yang memiliki kemampuan bilingual, lebih mampu bertransisi antara 2 tugas, menjadi multitasking, membagi fokus, serta menyelesaikan masalah dengan lebih mudah.

  • Lebih kreatif

Salah satu manfaat menggunakan dua bahasa adalah anak akan tumbuh menjadi lebih kreatif.

  • Lebih mudah menguasai banyak bahasa

Anak yang memiliki kemampuan bilingual akan lebih mudah belajar bahasa ketiga, bahasa keempat, dan seterusnya.

  • Menghindari kepikunan

Kemampuan penguasaan dua bahasa bisa menjadi perlindungan terhadap penurunan kognitif seiring dengan penuaan dan mencegah penyakit yang berkaitan dengan fungsi otak seperti Alzheimer.

Menjadikan anak Anda seorang bilingual atau multilingual bukanlah sesuatu yang mustahil. Jika diajarkan sejak usia dini dan dilakukan dengan konsisten niscaya mereka akan terbiasa berbicara atau berkomunikasi lebih dari dua bahasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *