Asah dan Kembangkan Kreativitas Si Kecil dengan Cara-Cara Berikut

Asah dan Kembangkan Kreativitas Si Kecil dengan Cara-Cara Berikut

Kreativitas adalah bagian penting dari proses pendidikan yang meliputi berpikir, belajar dan berkreasi si Kecil. Mengasah dan mengembangkan kreativitas membutuhkan stimulasi dan dukungan dari orang tua. Ada banyak cara yang Anda dapat lakukan untuk mengasah dan mengembangkan kreativitas si Kecil, berikut diantaranya yang perlu Anda coba:

  • Berbicara dua arah dengan menyisipkan pertanyaan terbuka

Pertanyaan terbuka adalah jenis pertanyaan yang jawabannya bukan ya atau tidak. Biasakan mengajukan pertanyaan terbuka kepada si Kecil. Dengan cara tersebut akan melatih dia untuk merangkai kata-kata dan menyampaikan apa yang ada di dalam pikirannya. Sehingga imajinasi dan kreativitas akan makin terasah dan berkembang. Selain itu, bebaskan si Kecil bertanya untuk memuaskan rasa ingin tahunya melalui pembicaraan dua arah yang positif bersama Anda.

 

  • Dorong si Kecil untuk berani bereksplorasi

Sesekali ajak si Kecil melakukan kegiatan eksplorasi. Cukup dengan berbagai aktivitas sederhana seperti mengajaknya berkunjung ke tempat wisata, bermain bersama di taman, atau membaca buku bersama.

 

  • Memainkan jenis permainan rancang bangun

Permainan rancang bangun seperti balok atau lego lebih memberi kesempatan si Kecil untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya dibandingkan mainan yang lain. Dorong mereka untuk sesering mungkin memainkan jenis-jenis permainan tersebut.

 

  • Bermain peran

Bermain peran atau kerap disebut role play  bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengasah dan mengembangkan kreativitas si Kecil. Manfaatkan barang-barang yang ada di rumah agar permainan jadi lebih seru.

Kreativitas merupakan salah satu potensi anak yang perlu dikembangkan sejak dini. Karena kreativitas adalah salah satu fondasi agar anak mampu  menyelesaikan masalah, mampu berpikir out of the box, dan menjelajah sesuatu yang baru.

Dan semua itu, bisa menjadi modal untuk kesuksesan anak, apapun bidang yang dipilihnya kelak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *