Bagaimana Cara Mengatasi Pertengkaran Kakak Adik? Simak Tips Berikut!

Bagaimana Cara Mengatasi Pertengkaran Kakak Adik? Simak Tips Berikut!

Jika Anda orang tua dari dua anak atau lebih barangkali suatu hari harus bersiap untuk melihat pertengkaran kakak adik. Namun, menurut ahli, pertengkaran antara dua saudara adalah hal yang wajar. Oleh karena mereka juga bisa belajar bagaimana menyelesaikan konflik dari pertengkaran itu. Keterampilan menyelesaikan konflik akan mereka butuhkan saat dewasa kelak. Yang harus dijaga adalah jangan sampai pertengkaran ini berkepanjangan hingga berakhir dengan permusuhan.

Dilansir dari The Sun, inilah enam langkah sederhana yang bisa Anda lakukan sebagai orang tua untuk mencegah hingga menghentikan pertengkaran antarsaudara.

  • Mencegah

Hal terpenting adalah pencegahan. Memperhatikan dan memuji perilaku kakak adik yang baik, atau menghargainya sesekali, akan mendorong hubungan yang lebih positif di antara anak-anak. Ini sangat penting karena akan memungkinkan ikatan saudara untuk tumbuh menjadi persahabatan dewasa yang sehat.

  • Jangan membandingkan

Saudara kandung sering kali jadi cermin bagi yang lain, tapi sebagian ada yang berlawanan. Mereka masing-masing memiliki kepribadiannya sendiri dan Anda perlu menerima perbedaan mereka. Jangan pernah membandingkan satu sama lain karena  itu berpotensi menimbulkan kecemburuan dan menanamkan pikiran bahwa mereka tidak akan pernah sebaik saudara kandung mereka.

  • Bersikap adil

Ada perbedaan besar antara memperlakukan anak-anak secara setara dan bersikap adil. Penting untuk membiasakan bersikap adil. Itu tidak berarti mereka diperlakukan dengan cara yang sama pada waktu yang sama. Perbedaan usia mungkin berdampak pada berbagai hak istimewa yang diterima seorang anak. Jika anak-anak merasa ada sesuatu yang tidak adil, penting untuk mendengarkan dan memahami bagaimana perasaan mereka. Penting juga bagi Anda untuk menjelaskan alasan sikap itu kepada mereka.

  • Terlibat

Jika pertengkaran mulai terjadi, Anda mungkin perlu turun tangan untuk meredakan situasi. Jangan memihak. Cara terbaik untuk meredakan ketegangan adalah memberikan anak waktu istirahat dan menciptakan ruang. Setelah anak-anak tenang, pikirkan tentang memperbaiki masalah untuk menyelesaikannya. Beri waktu keduanya berbicara dan dengarkan mereka sebelum mencoba mencari solusi. Biarkan anak mengakui dan memahami dampak tindakan mereka terhadap satu sama lain dan meminta maaf.

  • Memecahkan masalah

Memulai percakapan dengan pernyataan umum yang merangkum masalah, Anda diharuskan melihat dari kedua sudut pandang. Pikirkan ide tentang bagaimana masalah dapat diselesaikan sebagai sebuah kelompok adalah cara yang baik untuk memulai. Kolaborasi adalah kunci untuk menyelesaikan konflik, jadi pastikan mempertimbangkan pro dan kontra dari solusi yang diambil.

 

Sumber: Tempo.co

Foto: Freepik

 

Untuk informasi dan pendaftaran sekolah Stella Maris School, Hubungi :

Whatsapp : 081389535377
Instagram : @stellamaris.sch
Email : info@stella-maris.sch.id
Video Kegiatan Siswa : Youtube Stella Maris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *