Beragam Kegiatan Virtual Selepas Ulangan Umum di Sekolah Stella Maris BSD, Memperkaya Pengetahuan dan Wawasan Para Siswa

Beragam Kegiatan Virtual Selepas Ulangan Umum di Sekolah Stella Maris BSD, Memperkaya Pengetahuan dan Wawasan Para Siswa

Sejak didirikan hampir dua puluh enam tahun yang lalu, Sekolah Stella Maris BSD bertekad senantiasa menyediakan layanan pendidikan yang berkualitas bagi para penggunanya. Mengembangkan nilai-nilai kebaikan dan keimanan, menanamkan karakter dan etika, serta mengajarkan pengetahuan lekat dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, dari jenjang pendidikan usia dini (KB-TK) hingga pendidikan menengah atas (SMA), demi pertumbuhan dan perkembangan yang optimal bagi seluruh peserta didik. Tantangan demi tantangan berhasil dilewati berkat dukungan serta kolaborasi yang baik antara sekolah, siswa, dan orang tua murid. Ucapan syukur dan terima kasih tiada habis karena banyak orang tua yang telah serta sedang mempercayakan pendidikan putra-putrinya di Sekolah Stella Maris BSD.

Tantangan terbaru yang sekarang sedang dihadapi adalah hantaman pandemi COVID-19 yang berdampak pada proses pembelajaran di sekolah. Mengubah model pembelajaran dari offline (Pembelajaran Tatap Muka/PTM) ke online (Pembelajaran Jarak Jauh/PJJ) membutuhkan proses adaptasi yang cepat dari seluruh komponen (guru, karyawan sekolah, siswa, dan orang tua murid). Seluruh kegiatan sekolah pun harus bisa menyesuaikan diri. Kegiatan pembelajaran inti, ekstra-kurikuler, metode penilaian siswa, bahkan kegiatan-kegiatan non-akademis pasca ulangan umum (ulum) pun harus dilakukan secara online (daring). Hal tersebut harus dijalani demi menjaga kesehatan dan keselamatan bersama.

Program atau kegiatan virtual pasca ulum Sekolah Stella Maris BSD dirancang dan digelar dengan cara yang menarik dan sedapat mungkin tetap “meriah”. Beragam kegiatan berusaha dihadirkan secara optimal di ruang-ruang seluruh siswa yang mengikuti dari tempat masing-masing. Video conference  pun menjadi pilihan agar seluruh siswa bisa mengakses dan mengikuti beragam kegiatan yang menarik, tanpa harus keluar rumah. Ragam kegiatan virtual itu antara lain: jalan-jalan virtual ke Hongkong Disnelyland, science toys show, sex education, science fair show, dan keterampilan membuat aksesoris Natal.

Berikut ini rangkuman berbagai kegiatan tersebut:

  • Jalan-jalan virtual ke Hongkong Disneyland

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru dan siswa. Dimulai dari tempat keberangkatan yaitu di Bandara Soekarno-Hatta hingga tiba di Hongkong. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Hongkong Disneyland dengan bis yang sudah tersedia di sana. Setibanya di Hongkong Disneyland, guru dan siswa diajak menjelajahi semua wahana yang spektakuler. Setiap wahana menimbulkan suasana dan memiliki keunikan masing-masing yang menghibur serta membawa kegembiraan bagi seluruh peserta.

  • Science toys show

Dalam kegiatan ini, seluruh siswa berkarya membuat suatu mainan berbasis ilmu pengetahuan. Mereka ditantang untuk mengeksplor pemahaman, imajinasi, dan ilmu pengetahuan dalam mengerjakan suatu karya yang akan menjadi sarana hiburan mereka.

 

  • Sex education

Inti dari kegiatan ini adalah pembelajaran tentang hal yang paling intim dalam diri peserta didik. Tujuannya agar mereka selalu memperhatikan kebersihan serta kesehatannya dan melindungi organ tubuh yang paling pribadi milik mereka sendiri.

  • Science fair show

Kegiatan virtual ini mengundang seluruh siswa untuk menyaksikan penelitian tentang ilmu pengetahuan alam yang akan memberikan pembelajaran dan menambah wawasan pada mereka.  Berbagai penelitian yang menarik dipertunjukkan dalam acara tersebut, seperti: balon anti terbakar dan proses gunung berapi. Seluruh siswa terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

  • Membuat aksesoris Natal

Bersamaan datangnya hari Natal, seluruh siswa yang mengikuti acara ini diberi kesempatan untuk membuat berbagai pernak-pernik Natal, antara lain: kartu ucapan natal, gantungan bintang, gambar-gambar permen, dan kado. Mereka berkarya dengan imajinasi dan kreativitas masing-masing. Antusiasme tergambar pada seluruh siswa. Ada yang membuat ornamen kado Natal, permen manisan dari plastik dan kertas, gambar-gambar rusa kutub, sinterklas, pohon Natal, dan berbagai kreasi lain yang dapat digunakan untuk menghias di rumah masing-masing. Kreasi yang dihasilkan sangat menakjubkan.

Mensiasati segala keterbatasan akibat pandemi COVID-19 demi tetap terselenggaranya pendidikan yang berkualitas menjadi faktor penting berhasilnya beberapa kegiatan virtual pasca ulum tersebut. Harapannya seluruh peserta didik makin diperkaya pengetahuan maupun wawasannya, serta memberikan kesan yang mendalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *