Yuk Hitung Berapa Biaya Anak Sekolah yang Harus Disiapkan Sejak Dini

Yuk Hitung Berapa Biaya Anak Sekolah yang Harus Disiapkan Sejak Dini

Anda pasti tahu biaya anak sekolah semakin tahun semakin mahal. Ini membuat banyak orang tua yang kewalahan. Bahkan, ada anak yang akhirnya putus sekolah meskipun sebenarnya sudah ada bantuan dari pemerintah di mana anak SD hingga SMP sudah tidak perlu membayar SPP.

Namun, biaya pendidikan tidak hanya SPP, bukan? Bisa dikatakan biaya-biaya pendidikan lainnya yang justru lebih mahal, seperti transportasi ke sekolah, biaya membeli buku, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, tidak ada aneh dengan kenaikan biaya pendidikan. Ini sama halnya dengan biaya hidup. Harga makanan pokok dari tahun ke tahun pasti berubah. Hal yang sama tentu bisa terjadi pada biaya anak sekolah.

Sebagai orang tua, yang harus Anda lakukan adalah antisipasi. Bagaimana Anda harus memastikan mampu menyekolahkan anak di sekolah terbaik.

Dan tentunya Anda ingin anak sekolah hingga perguruan tinggi, bukan? Itulah mengapa Anda perlu tahu berapa biaya pendidikan anak yang harus disiapkan dan apa langkah yang harus Anda lakukan mulai sekarang.

Menghitung Kisaran Biaya Anak Sekolah

Sebenarnya, tidak sulit untuk menghitung kisaran biaya pendidikan anak yang harus Anda keluarkan. Ada dua hal yang perlu Anda lakukan.

  1. Cari Tahu Berapa Biaya Pendidikan Saat Ini

Pertama-tama, Anda perlu melakukan survey kecil-kecilan. Cari tahu berapa SPP pada tahun ini. Jika anak Anda akan masuk ke PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), coba tanyakan kepada teman atau saudara Anda yang sudah memiliki anak yang sekolah di PAUD. Berapa biaya SPP yang harus mereka keluarkan.

Tentu saja SPP sekolah satu dengan yang lainnya berbeda. Namun, setidaknya Anda bisa mencari harga tengah, antara SPP sekolah PAUD yang paling mahal dengan yang paling rendah.

Begitu juga dengan sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA. Yang cukup sulit untuk dilakukan survey adalah mencari tahu biaya sekolah anak di perguruan tinggi. Pasalnya, beda jurusan, beda biaya kuliahnya.

Yang pasti, cari tahu kebutuhan Anda saat ini. Jika anak Anda sudah mau lulus SMA, tanyakan ia mau kuliah jurusan apa. Lalu, cari tahu berapa biaya kuliah per semeseter di jurusan tersebut dari beberapa universitas.

  1. Hitung dengan Asumsi Kenaikan

Setelah mencari tahu biaya sekolah pada tahun ini, silakan Anda hitung kenaikan yang mungkin terjadi pada tahun depan. Secara umum, kenaikan biaya sekolah itu sebesar 10%. Dengan demikian, Anda bisa menemukan angka berapa biaya yang harus Anda siapkan untuk pendidikan anak.

Yang sulit untuk diprediksi adalah biaya hidup dan biaya lain-lain. Ini tergantung pada bagaimana kegiatan anak Anda setiap hari. Namun, setelah Anda tahu bagaimana cara menghitung biaya anak sekolah, Anda memiliki angka berupa kisaran uang yang harus Anda siapkan untuk pendidikan anak.

Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan

Setelah Anda melakukan penghitungan biaya pendidikan anak, bagaimana cara Anda memenuhi kebutuhan finansial tersebut? Tentu saja Anda harus bekerja. Semakin tinggi pendidikan Anda, biayanya semakin mahal. Itu artinya semakin keras kerja yang harus Anda lakukan.

Akan tetapi, kerja keras tidaklah cukup. Anda juga perlu kerja cerdas. Kerja keras membutuhkan tenaga. Sementara itu, semakin tua, tenaga Anda semakin berkurang.

Maka dari itu, Anda perlu tahu bagaimana cara kerja cerdas. Dengan demikian, meskipun Anda kurang produkktif karena usia, Anda masih tetap mampu memberikan dana untuk pendidikan anak.

Berikut ini cara cerdas yang bisa Anda pilih:

Memiliki Tabungan Pendidikan

Sekarang ini, semakin banyak produk yang ditawarkan oleh perbankan. Produk tabungan juga semakin variatif, seperti contoh tabungan untuk pensiun dan juga tabungan pendidikan. Dalam hal ini, Anda bisa mengambil tabungan pendidikan.

Ada beberapa manfaat dari memiliki tabungan pendidikan. Yang pertama, sejak anak masih kecil, Anda sudah menyisihkan uang untuk membiaya pendidikan anak. Jadi, ketika anak sudah mulai sekolah, tidak ada lagi yang harus dikhawatirkan. Sudah ada dana yang memang diposkan untuk biaya anak sekolah.

Yang kedua, ada asuransinya. Kebanyakan tabungan pendidikan ditawarkan dengan tambahan fitur berupa asuransi. Jadi, jika orang tua meninggal dunia, maka ahli warisnya bisa mendapatkan sejumlah uang sesuai dengan kontrak.

Yang pasti, dengan memiliki tabungan pendidikan, Anda bisa lebih disiplin. Anda sudah punya pos sendiri untuk mempersipkan biaya pendidikan untuk anak.

Investasi Emas

Selain tabungan pendidikan, Anda juga bisa menabung emas. Harga emas yang relatif terus naik membuat Anda tidak akan rugi memiliki emas. Lain dengan uang. Nilainya semakin tahun semakin turun.

Untuk itu, Anda bisa sisihkan uang untuk membeli emas. Anda bisa beli emas setiap bulan sekali. Sekalipun Anda membeli emas beberapa gram sama, itu jauh lebih baik dibandingkan Anda menyimpan pendapatan Anda dalam bentuk uang.

Investasi Tanah

Jika Anda bertanya investasi apa yang risiko ruginya sedikit dan potensi untung sangat tinggi, jawabannya tanah. Harga tanah cenderung naik. Apalagi jika Anda membeli tanah yang berpotensi akan menjadi lahan pemukiman. Harga tanah tahun depan bisa naik hingga 20% di tahun depan.

Tanah juga bisa memberikan passive income untuk Anda. Sebelum Anda menjual ke orang lain untuk membiayai pendidikan anak, Anda bisa memanfaatkan tanah untuk pertanian, misalnya. Tentu saja Anda harus sesuaikan tanaman yang ingin ditanam sesuai dengan lokasi.

Jadi, mana yang akan Anda pilih untuk menyiapkan biaya anak sekolah?

Tips untuk Menekan Biaya Pendidikan yang Mahal

Biaya sekolah seperti SPP mungkin bisa diprediksi. Kenaikannya bisa diketahui. Namun, yang sulit untuk ditentukan adalah biaya lain-lain, seperti biaya kegiatan anak sekolah, biaya hidup, dan lain sebagainya. Itulah yang membuat orang tua biasanya kuwalahan membiayai anak sekolah.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan:

  1. Pilih Sekolah yang Dekat dengan Rumah

Anda bisa memilihkan sekolah yang dekat dengan rumah. Dengan demikian, Anda tidak perlu menyiapkan ongkos transportasi anak setiap hari. Namun, tetap saja Anda harus pastikan sekolah tersebut berkualitas. Jangan hanya mempertimbangkan faktor jarak.

  1. Pilih Sekolah Menyediakan Layanan Asrama

Jika tidak ada sekolah yang bagus di dekat rumah, tidak ada pilihan lain selain memilih sekolah yang jauh. Jika jaraknya sangat jauh, sebaiknya Anda pilih sekolah yang punya asrama. Biaya tinggal di asrama biasanya jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya untuk transportasi setiap hari.

  1. Bantu Anak Menemukan Potensinya

Sedini mungkin, fokus untuk mencari potensi terbaik anak. Bantu sang buah hati untuk menemukan bakatnya. Lalu, biarkan anak mengasah bakatnya tersebut.

Jika ini dilakukan, maka besar kemungkinan anak mendapatkan beasiswa anak berbakat. Banyak sekali pihak yang sekarang memberikan beasiswa untuk anak-anak yang memiliki bakat di bidang tertentu.

Siapa saja ingin melihat anaknya sukses di masa depan. Dan itu bisa terjadi jika anak mendapatkan pendidikan yang terbaik. Biarkan anak mendapatkan kesempatan tersebut. Tugas Anda sebagai orang tua adalah menyiapkan biaya anak sekolah agar sang buah hati mendapatkan kesempatan untuk meraih masa depan yang lebih cemerlang.

Referensi : How to Save for Your Child’s College Education

____________________________________

Stella Maris School adalah sekolah internasional dan nasional untuk anak KB/TK hingga SMA. Salah satu visi Stella Maris yaitu “Menjadi Sekolah Dasar Terdepan dalam Penanaman Karakter Berlandaskan Iman Kristiani”. Tidak hanya mengembangkan kemampuan akademis tapi juga non akademis sesuai usia dan talenta siswa dengan tetap memperhatikan sisi psikologis. Hubungi kami untuk bertanya lebih lanjut tentang pengajaran di Stella Maris, pendaftaran sekolah ataupun beasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *