Ternyata Karakteristik Anak Bermacam-macam:  Kenali dan Pahami agar Mudah Menghadapinya!

Ternyata Karakteristik Anak Bermacam-macam: Kenali dan Pahami agar Mudah Menghadapinya!

 

Setiap anak yang lahir ke dunia ini pada dasarnya unik. Bahkan mereka yang lahir dari Rahim orang tua yang sama, akan memiliki karakteristik tersendiri. Sebagai orang tua yang berkewajiban membesarkan dan mendidik mereka, Anda perlu memahaminya sebagai dasar menerapkan pola asuh terbaik, demi pertumbuhan serta perkembangan yang optimal.

Nah, apa saja karakteristik tersebut?

  • Easy child

Anak yang masuk kategori ini pada umumnya punya suasana hati yang baik, mudah beradaptasi dengan rutinitas, suasana atau pengalaman baru. Dikaruniai putra-putri yang terlihat penurut tidak boleh membuat Anda lengah. Anda harus tetap terlibat dan sesering mungkin mendampingi anak.

Usahakan untuk tetap menunjukkan minat terhadap apa yang putra-putri Anda lakukan. Jangan sampai Anda menjadi abai karena menganggap anak sudah bisa melakukannya sendiri. Kenalkan juga batasan atau rambu-rambu mana yang boleh atau tidak boleh ketika anak bertemu dengan orang asing.

 

  • Slow to warm up child

Anak dalam kategori ini butuh waktu untuk beradaptasi. Prosesnya relatif lebih sulit dan butuh banyak dorongan. Anak mungkin akan sering menangis dan menarik diri. Anak tipe ini kerap disebut sebagai anak pemalu. Anda sebaiknya tidak memaksa anak untuk cepat akrab dengan orang lain, karena mereka justru akan semakin menarik diri.

Bagi Anda yang memiliki buah hati dengan karakteristik ini hendaknya tidak terlalu banyak memberikan larangan walau tujuannya melindungi. Sebab, semakin banyak larangan, anak akan semakin mudah cemas. Berikan juga sedikit waktu dan bersabarlah sampai anak bisa nyaman dalam beradaptasi. Anda juga harus menerima sikap anak dengan karakter ini, kemudian melatihnya agar lebih terbuka secara bertahap. Hindari memberikan label seperti ‘kamu begitu saja malu’ karena mereka menjadi melabeli dirinya sendiri bahwa dia memang pemalu dan penakut.

 

  • Difficult child

Karakter anak yang satu ini membutuhkan lebih banyak kesabaran dalam menghadapinya. Anak dalam tipe ini bukanlah anak nakal, melainkan sulit beradaptasi karena bingung terhadap perubahan. Suasana hatinya cenderung negatif, sehingga suasana hati harus dijaga. Anak tipe ini kerap dianggap sebagai anak yang sulit diatur. Tugas Anda adalah memberi dukungan sebanyak mungkin dan memahami suasana hati buah hati Anda. Pahamilah bahwa ada alasan ketika anak menunjukkan perilaku tertentu. Contohnya ketika anak tantrum, harus pahami kenapa dan bersabar.

Selain itu, Anda sebaiknya memiliki aturan dan diterapkan secara konsisten. Bekerjasamalah dengan orang-orang terdekat agar aturan itu bisa ditegakkan.

Terakhir, buatlah harapan yang jelas, jangan banyak menakut-nakuti dengan ancaman kosong.

 

Sumber: Antaranews.com

Foto: Freepik

 

Untuk informasi dan pendaftaran sekolah Stella Maris School, Hubungi :

Whatsapp : 081389535377
Instagram : @stellamaris.sch
Email : info@stella-maris.sch.id
Video Kegiatan Siswa : Youtube Stella Maris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *