RATA- RATA BIAYA SEKOLAH INTERNASIONAL (TK, SD, SMP, SMP dan SMA) DI JAKARTA

RATA- RATA BIAYA SEKOLAH INTERNASIONAL (TK, SD, SMP, SMP dan SMA) DI JAKARTA

Salah satu stereotip tentang sekolah internasional yang sering muncul adalah tentang biayanya. Tak jarang muncul anggapan bahwa biaya sekolah internasional sudah pasti mahal. Namun seperti apa faktanya? Berapa rata-rata biaya sekolah internasional di Jakarta? Simak uraian tentang biaya sekolah internasional berikut ini.

Mengenal Sekolah Internasional

Bagi orang tua, memberikan pendidikan yang terbaik bagi buah hati adalah sebuah keharusan. Semakin baik pendidikan yang dipilih maka diharapkan semakin baik pula masa depan anak nantinya. Salah satu opsi pendidikan terbaik yang bisa dipilih orang tua untuk anak saat ini adalah sekolah internasional.

Sekolah internasional umumnya bisa dikenali dari model kurikulum yang ditetapkan. Berbeda dengan sekolah negeri atau sekolah swasta lain, sekolah internasional menerapkan kurikulum internasional (biasanya Cambridge International Examinations atau International Baccalaureate Edexcel).

Di samping itu, sekolah bertaraf internasional juga memiliki siswa serta tenaga pengajar multinasional, maka tidak mengherankan jika bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris (atau bahasa asing lain).

Biaya Sekolah Internasional

Saat ini sudah ada banyak sekolah internasional di Indonesia. Di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, sekolah internasional bahkan terus bertambah karena permintaannya pun meningkat. Menurut data dari ISC Research, di tahun 2018 Indonesia memiliki total 198 sekolah internasional. Angka tersebut merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara.

Ratusan sekolah internasional ini tentu memiliki aturan yang berbeda-beda terkait dengan biaya pendidikan. Namun pada dasarnya mereka juga menerapkan biaya yang umum ditemukan di sekolah lain seperti biaya pendaftaran, uang pangkal, hingga biaya pendidikan yang dibayarkan setiap bulan (atau semester).

Umumnya biaya pendidikan yang ditetapkan dibagi menjadi tiga, yakni enrolment fee, tuitionfee, dan capital fee.

Enrolment fee adalah biaya pendaftaran, tuition fee adalah iuran pendidikan wajib yang dibayarkan untuk kegiatan belajar mengajar, sedangkan capital fee setara dengan uang pangkal, yakni uang yang dibayarkan untuk pengembangan infrastruktur serta fasilitas sekolah.

Besarannya sendiri tentu berbeda-beda, menyesuaikan sekolah serta tingkatan.

Rata-rata Biaya Sekolah Internasional di Jakarta

Jakarta adalah ibukota Indonesia, sekaligus kota tersibuk di Indoesia. Maka tidak mengherankan jika jumlah sekolah internasional terbanyak dimiliki Jakarta.

Biaya sekolah internasional di Jakarta pun sering dijadikan patokan biaya sekolah internasional di Indonesia. Berikut adalah rata-rata biaya sekolah internasional di Jakarta mulai dari tingkat TK, SD, SMP, hingga SMA.

 

Tingkatan

Enrolment Fee Tuition Balance Capital Fee Total Biaya

Playgroup

Rp22.000.000

Rp239.500.000 Rp54.600.000 Rp316.100.000

TK

Rp22.000.000

Rp343.000.000

Rp54.600.000

Rp419.600.000

SD

Rp22.000.000

Rp347.000.000 Rp54.600.000

Rp423.600.000

SMP

Rp22.000.000

Rp402.000.000

Rp54.600.000

Rp478.600.000

SMA Rp22.000.000 Rp402.000.000 Rp54.600.000

Rp478.600.000

*) Data diambil dengan mengambil rata-rata biaya pendidikan dari beberapa sekolah internasional di Jakarta 

Dari sini bisa dilihat bahwa rata-rata biaya sekolah di Jakarta, baik itu dari tingkatan playgroup, TK, SD, SMP, hingga SMA, berada pada kisaran ratusan juta rupiah. Hal ini sebenarnya sebanding dengan fasilitas serta infrastruktur yang ditawarkan.

Selain mendapatkan pengajaran dari tenaga pendidik profesional mancanegara (yang kebanyakan merupakan English speaker), murid sekolah internasional juga berhak atas fasilitas yang mungkin sulit untuk ditemukan di sekolah lain.

Misalnya, ruang auditorium, fasilitas olahraga lengkap, hingga kegiatan ekstrakulikuler yang prestisius (seperti kesempatan magang di perusahaan multinasional).

Biaya sekolah internasional di Jakarta memang sangat tinggi. Namun hal tersebut sebenarnya sebanding dengan apa yang mereka tawarkan. Selain kurikulum pendidikan yang mampu bersaing secara global, sekolah internasional pun menyediakan beragam fasilitas penunjang agar anak bisa belajar lebih maksimal.

Referensi : Berapa Biaya Pendidikan di International School dan Kuliah Luar Negeri?

____________________________________

Stella Maris School adalah sekolah internasional dan nasional untuk anak KB/TK hingga SMA. Salah satu visi Stella Maris yaitu “Menjadi Sekolah Dasar Terdepan dalam Penanaman Karakter Berlandaskan Iman Kristiani”. Tidak hanya mengembangkan kemampuan akademis tapi juga non akademis sesuai usia dan talenta siswa dengan tetap memperhatikan sisi psikologis. Hubungi kami untuk bertanya lebih lanjut tentang pengajaran di Stella Maris, pendaftaran sekolah ataupun beasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *