Kumpulan Aneka Kreasi Cemilan Sehat Untuk Anak Yang Praktis Dan Mudah Dibuat Sendiri

Kumpulan Aneka Kreasi Cemilan Sehat Untuk Anak Yang Praktis Dan Mudah Dibuat Sendiri

Bingung mau buat cemilan sehat untuk anak? Bingung menyiapkan bekal anak yg enak tapi bergizi agar anak tidak jajan sembarangan? Sebenarnya bukan hal yang perlu dikhawatirkan jika si Kecil sering merengek minta jajan. Tapi yang menjadi permasalahannya adalah kini banyak cemilan anak yang “kurang sehat”.

Memang secara kemasan tampak sangat higienis. Tapi tanpa Anda sadari banyak bahan cukup berbahaya yang bisa mengancam kesehatan si Kecil itu sendiri. Contoh sederhananya adalah radang tenggorokan yang sering di alami oleh anak.

Apalagi tanpa Anda sadari ternyata cemilan bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak. Terlebih anak usia di bawah lima tahun atau balita. Oleh sebab itu, penting bagi para orang tua untuk lebih selektif dalam memilihkan cemilan untuk anak.

Cemilan sehat Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Penting untuk selalu Anda ingat jika ternyata cemilan sehat untuk anak memiliki pengaruh besar terhadap tumbuh kembangnya. Terlebih lagi pada saat memasuki usia Balita. Kenapa bisa seperti itu?

Pada saat memasuki usia balita, anak-anak butuh lebih banyak pasokan energi dari sebelumnya. Kondisi ini dipengaruhi oleh aktivitas balita di dalam maupun di luar rumah. Dan sumber energi paling utama bisa diperoleh dari makanan yang sehat. Bukannya kebutuhan energi anak sudah terpenuhi dari makanan pokok?

Memang asupan energi bisa diambil dari menu makanan pokok yang sudah Anda berikan setiap harinya. Tapi menu makanan sehat sebenarnya tidak hanya berasal dari makanan pokok saja.

Disamping makanan pokok, asupan gizi dan nutrisi anak akan lebih optimal lagi jika dilengkapi dengan cemilan yang sehat untuk anak.

Apalagi cemilan sehat sangat membantu si Kecil terutama ketika rasa lapar di luar jam makan tiba. Tapi yang patut disayangkan adalah kini masih banyak para orang tua yang kurang selektif dalam memilihkan cemilan sehat untuk anak, terutama anak balita.

Kriteria Cemilan Sehat Anak

Sudah tahukah Anda bagaimana cara mengetahui apakah cemilan si Kecil sehat ataukah tidak? Cemilan dikategorikan sehat untuk dikonsumsi si Kecil jika memiliki kriteria seperti:

  1. Tidak Mengandung 3P (Pewarna, Perasa, Dan Pengawet)

Dilansir dari American Academy of Pediatrics, cemilan untuk anak haruslah yang sehat dan seimbang. Dan salah satu ciri-ciri cemilan sehat untuk anak adalah cemilan tersebut tidak mengandung 3P, yakni pewarna, perasa, dan pengawet.

Zat pewarna, perasa, dan pengawet pada cemilan hanya akan mengganggu kerja enzim-enzim alami pada sistem pencernaan si Kecil. Oleh sebab itu potensi kesehatan pencernaan anak tergangu menjadi sangat besar.

Lalu bagaimana cara menyikapinya? Jika memang Anda benar-benar butuh pewarna atau perasa saat membuat cemilan untuk si Kecil, Anda bisa memanfaatkan bahan alami, misalnya dari buah atau sayuran.

  1. Memiliki Kandungan Gizi dan Nutrisi Yang Seimbang

Gizi dan nutrisi yang seimbang penting untuk dijadikan prioritas utama ketika Anda memilihkan cemilan untuk sang buah hati tercinta. Dalam hal ini Anda bisa memilihkan cemilan yang mengandung serat dan kadar air yang cukup tinggi.

Selain itu, lengkap juga cemilan si kecil dengan gizi dan mineral. Pasalnya cemilan dengan kriteria seperti ini akan membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil, terutama yang masih Balita.

Membuat Sendiri Cemilan Sehat untuk Anak

Membuat sendiri cemilan sehat untuk anak sebenarnya tidaklah sulit. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah memastikan jika cemilan untuk si Kecil benar-benar masuk dalam kategori sehat.

Dan untuk Anda yang belum memiliki ide membuat sendiri cemilan sehat untuk anak, di bawah ini kreasi cemilan sehat anak yang mungkin bisa Anda coba buat sendiri di rumah:

  1. Nugget Pisang

Buah yang bisa dengan mudah Anda temukan ini ternyata bisa disulap sebagai cemilan sehat untuk si Kecil. Selain harganya murah, pisang juga dikenal sebagai buah yang kaya nutrisi. Pisang juga dikenal kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh anak.

Salah satu olahan pisang yang bisa Anda jadikan sebagai cemilan sehat anak adalah nugget pisang. Selain mudah dibuat, nugget pisang juga bisa dikombinasikan dengan bahan lain sehingga secara tampilan menjadi lebih menarik lagi.

  1. Frozen Smoothies

Buah-buahan dikenal sebagai sumber vitamin, serat, dan nutrisi lain yang sangat dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang anak. Sayangnya banyak anak yang kurang suka mengonsumsi buah-buahan.

Agar anak tertarik, kenapa Anda tidak mencoba mengkreasikannya menjadi cemilan sehat saja. Misalnya saja dengan membuat frozen smoothies. Salah satu cemilan sehat anak yang paling cocok disajikan pada saat musim kemarau tiba.

  1. Agar-agar Buah

Agar-agar dikenal sebagai cemilan yang mudah dibuat namun kaya akan kandungan nutrisinya, khususnya serat yang dikenal sangat baik untuk pencernaan anak. Apalagi jika ditambah buah-buahan yang dikenal kaya akan kandungan vitamin, serat, dan nutrsisi lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk membuat agar-agar buah, Anda bisa menggunakan variasi buah berry yang dikenal kaya akan kandungan vitamin C yang bisa mengoptimalkan daya tahan tubuh anak. Anda bisa menggunakan buah strawberry atau blueberry yang dikenal mampu memperbaiki fungsi dan daya ingat otak.

Perlu Anda ketahui jika ternyata kandungan omega 3 pada buah berry memiliki peran yang cukup vital dalam perkembangan kecerdasan anak. Ditambah lagi zat antioksidan yang cukup tinggi pada buah berry sangat baik sebagai pencegah kanker dan radikal bebas.

  1. Schotel Mie

Sudah menjadi hal yang umum jika anak-anak selalu suka dengan berbagai olahan dari mie. Berasal dari bahan utama terigu yang kaya akan karbohidrat, mie termasuk salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi.

Meskipun demikian, patut disayangkan sebab kini justru lebih banyak mie yang dijual dalam kemasan mie instan yang dilengkapi dengan bumbu yang mengandung MSG dan pengawet. Anda pastinya sudah paham betul jika bumbu mie instan ini sangat tidak baik untuk anak kecil.

Untuk menyikapinya, kenapa Anda tidak mencoba mengolahnya sendiri dengan bumbu yang sehat sehinga menjadi cemilan sehat untuk anak. Dalam hal ini schotel mie bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Kemudian bahan lain yang bisa Anda kreasikan untuk membuat olahan ini adalah keju dan susu.

  1. Cake Bayam Keju

Anda pastinya sudah sangat paham jika bayam mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh, mulai dari vitami A, B, C, dan K. Selain itu, pada bayam juga dikenal mengandung kalium dan fosfor.

Dikarenakan keunggulannya ini, bayam menjadi salah satu menu makanan yang sangat dianjurkan dikonsumsi oleh anak, terlebih Balita. Sayangnya cukup banyak anak yang susah makan bayam.

Untuk menyikapinya, Anda harus mengkreasikan bayam menjadi olahan yang enak dan menarik agar si Kecil mau memakannya. Dan salah satu contohnya adalah bayam diolah menjadi cake bayam keju ini.

Sebenarnya masih cukup banyak cemilan yang masuk dalam kategori sehat untuk anak. Namun terkadang para orang tua tidak ingin repot dengan membuatnya sendiri.

Sehingga banyak yang memilih untuk membeli cemilan yang kurang sehat untuk anak. Oleh sebab itu mulai sekarang luangkan waktu Anda sebentar saja untuk membuat sendiri cemilan sehat untuk anak.

Referensi : 30 Super Speedy Snacks For Kids
____________________________________

Stella Maris School adalah sekolah internasional dan nasional untuk anak KB/TK hingga SMA. Salah satu visi Stella Maris yaitu “Menjadi Sekolah Dasar Terdepan dalam Penanaman Karakter Berlandaskan Iman Kristiani”. Tidak hanya mengembangkan kemampuan akademis tapi juga non akademis sesuai usia dan talenta siswa dengan tetap memperhatikan sisi psikologis. Hubungi kami untuk bertanya lebih lanjut tentang pengajaran di Stella Maris, pendaftaran sekolah ataupun beasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *