Gali Minat dan Bakat Buah Hati Anda sejak Usia Dini!  Jika Tidak Dampaknya Perlu Diwaspadai

Gali Minat dan Bakat Buah Hati Anda sejak Usia Dini! Jika Tidak Dampaknya Perlu Diwaspadai

Pentingkah menggali minat dan bakat anak sejak usia dini? Jawabannya adalah penting. Oleh karena minat dan bakat yang digali sejak usia dini akan menjadi petunjuk kuat talenta apa yang ia miliki. Bukan tidak bukan talenta tersebut menjadikan buah hati Anda lebih menonjol (unggul) dibandingkan teman-temannya. Bukan hanya itu, di masa depan, buah hati Anda bisa berkarier sesuai minat dan bakatnya.

Menyadari hal tersebut, maka dukungan penuh dari Anda sebagai orang tua sangat dibutuhkan. Anda berkewajiban mengarahkan dan menjadi fasilitator untuk mengoptimalkan minat dan bakatnya. Pertanyaannya adalah, bagaimana halnya jika minat dan bakat tidak digali sejak usia dini? Apa dampak yang bisa timbul?

Seorang psikolog sekaligus founder Klinik Psikologi Ruang Tumbuh Irma Gustiana A, S.Psi., M.Psi., menjabarkan dampak pada anak yang minat dan bakatnya tidak digali sejak usia dini, apa sajakah itu?

  • Kepercayaan diri anak menjadi rendah

Ketika minat dan bakat anak tidak diasah sedini mungkin, seorang anak bisa tumbuh menjadi orang yang tidak percaya diri. Saat anak tumbuh ia akan menemui banyak teman-teman seusianya. Dan ia akan menyadari bahwa teman-temannya memiliki talentanya masing-masing. Tetapi ia merasa tidak bisa melakukan apa-apa sehingga ia akan merasa tidak percaya diri dengan dirinya sendiri. Kalau percaya dirinya sudah turun biasanya harga dirinya juga rendah, dua hal itu saling mempengaruhi.

 

  • Perkembangan emosional ikut terpengaruh

Minat dan bakat anak yang tidak digali juga akan memengaruhi perkembangan emosionalnya. Irma menyebutkan bahwa anak bisa menarik diri dari lingkungannya. Tak hanya menarik diri, anak juga bisa menunjukkan sifat destruktif. Selain itu, anak juga bisa tumbuh menjadi sosok yang agresif karena minat dan bakat yang tidak diasah tersebut.

 

  • Kesulitan menetapkan tujuan hidup

Dampak terakhir dari minat bakat yang tidak digali yaitu anak menjadi kesulitan menetapkan tujuan hidupnya. Seperti yang diketahui bahwa seiring pertumbuhan anak akan berujung pada ia akan bekerja di satu profesi. Tetapi ketika minat dan bakat tidak diasah, dia akan bingung tujuan hidupnya akan seperti apa, serta tidak mengerti arah hidupnya akan ke mana dan seperti apa.

Dengan demikian amat penting bagi Anda untuk menggali minat dan bakatnya yang ternyata bisa dilakukan sejak bayi. Dimulai dengan memberikan berbagai banyak stimulasi kemudian saat anak sudah mulai tumbuh barulah berikan fasilitas pendukung. Nantinya anak akan tahu apa yang ia sukai dan kemampuannya ada di mana.

 

Sumber: Nakita.id

Foto: Freepik

Untuk informasi dan pendaftaran sekolah Stella Maris School, Hubungi :

Whatsapp : 081389535377
Instagram : @stellamaris.sch
Email : info@stella-maris.sch.id
Video Kegiatan Siswa : Youtube Stella Maris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *