Hadapi New Normal:  Ujian Kedisiplinan Warga Sekolah Terapkan Protokol Kesehatan

Hadapi New Normal: Ujian Kedisiplinan Warga Sekolah Terapkan Protokol Kesehatan

Cepat atau lambat, fase new normal harus dihadapi oleh dunia pendidikan. Pada saatnya nanti sekolah-sekolah yang terpaksa ditutup akibat pandemi Covid-19 akan dibuka kembali. Saat ini para pengambil kebijakan di bidang pendidikan masih belum mengambil keputusan kapan waktu yang tepat pembukaan sekolah kembali, meski sudah ditetapkan bahwa minggu ketiga Juli 2020 merupakan pembukaan tahun ajaran baru persekolahan. Namun yang harus selalu diingat adalah kesehatan dan keselamatan seluruh warga sekolah tetap menjadi pertimbangan utama ketika sekolah dibuka yang kemudian diikuti dengan penerapan kembali model pembelajaran tatap muka.

Dalam menghadapi fase new normal, tidak bisa ditawar lagi, kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai rekomendasi resmi pemerintah adalah kunci, agar tidak terjadi penularan virus Covid-19. Terdapat beberapa protokol utama yang harus selalu dipatuhi, yaitu:

  • Menggunakan masker sebagai penutup sebagian area wajah
  • Melakukan pengukuran suhu tubuh bagi seluruh warga sekolah
  • Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun sebelum dan/atau sesudah beraktivitas
  • Menerapkan jarak aman antar warga sekolah (physical distancing)
  • Melakukan disinfeksi pada area sekolah (lantai, dinding, permukaan benda/barang) secara berkala
  • Dsb

Sebuah kewajaran apabila perlu waktu untuk menyesuaikan diri atau adaptasi dengan fase new normal, ada proses transisi yang mesti dilalui. Agar proses transisi bisa berjalan dengan lancar, Sekolah Stella Maris, sebagai sekolah unggulan yang selalu mengutamakan kualitas pembelajaran dan mutu layanan sudah mempersiapkan berbagai aturan maupun sarana prasarana untuk diterapkan ketika sekolah benar-benar dibuka. Sekolah Stella Maris harus memastikan bahwa seluruh warga sekolah sungguh-sungguh menerapkan secara ketat protokol kesehatan sesuai sumber yang resmi, karena bagi Sekolah Stella Maris kesehatan, keselamatan serta keamanan warga sekolah adalah hal yang utama.

Membangun budaya disiplin, termasuk disiplin mematuhi protokol kesehatan di sekolah ketika fase new normal tiba, seakan menjadi ujian bagi Sekolah Stella Maris dalam membangun karakter peserta didik atau siswa. Kedisiplinan, kemandirian, dan adaptif dengan situasi yang baru adalah berbagai pembiasaan dalam pembelajaran di Sekolah Stella Maris. Selain itu dengan mematuhi protokol kesehatan, Sekolah Stella Maris juga membangun rasa kepedulian kepada lingkungan dan sesama. Ayo peduli, lindungi diri dan lindungi sesama.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *