Mengetahui Hak Anak Di Sekolah

Mengetahui Hak Anak Di Sekolah

Hak anak di sekolah  memang sangat perlu untuk diketahui agar setiap orang tua mengetahui apa saja tanggung jawab yang dimiliki anak di sekolah. Dan bagaimana mengajarkan hal itu kepada mereka.

Antara Kewajiban dan Hak Harus Seimbang

Apa dampak kewajiban dan hak anak yang tidak seimbang?  Pertanyaan ini dapat dijawab dengan mudah dengan sebuah pertanyaan lain. Apakah Anda mau bekerja lebih banyak dengan hasil lebih sedikit? Tentu saja tidak.

Begitu pula anak Anda. Mereka dapat merasakan ketidakadilan. Yang mana hal tersebut akan mendorong mereka untuk menjadi anak yang tidak bertanggung jawab di sekolah. Untuk apa berusaha jika tidak akan mendapat apa-apa.

Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua harus menjelaskan kepada anak Anda apa saja kewajiban mereka di sekolah dan juga hak-hak apa saja yang harus mereka terima.

Memenuhi Hak Anak di Lingkungan Sekolah itu Penting

Mungkin  masih banyak yang yang menyepelekan hak anak di sekolahHal  ini bisa dibuktikan dari masih adanya kasus kekerasan maupun pelecehan yang di dapatkan anak di lingkungan sekolah. Kejadian  seperti ini Tentunya menjadi PR yang harus di selesaikan. Karena bagaimanapun juga sekolah adalah pihak yang paling bertanggung jawab terhadap kebutuhan anak selain di lingkungan keluarga.

Keluarga  adalah fondasi utama yang bisa menentukan karakter maupun sifat anak ketika sedang berada di rumah. Sehingga  ketika anak berada di luar lingkungan sekolah maka keluarga memiliki tanggung jawab untuk menghandle semua kebutuhan ataupun hak anak di sekolah  tersebut.

Sebaliknya  ketika anak berada di lingkungan sekolah maka secara otomatis kendali baik dalam urusan mengatur atau memenuhi segala kebutuhan dan hak anak merupakan kewajiban dari pihak maupun lingkungan sekolah tersebut. Sehingga  seluruh pihak yang ada di dalam sekolah tentunya akan ikut dilibatkan dalam pemenuhan hak anak di sekolah  tersebut.

Apa Saja Hak Anak Di Sekolah?

Sebenarnya hak anak di sekolah merupakan  hal yang sangat wajar dan seharusnya sudah diketahui oleh semua pihak. Namun  bagi anda yang memang belum tahu tentang apa sajakah yang termasuk ke dalam hak anak di sekolah ini  maka perhatikan penjelasan berikut ini.

1. Mendapatkan Materi Pelajaran

Hak anak di sekolahyang  pertama adalah mendapatkan pelajaran dari guru di sekolah. Saat  berada di sekolah tentunya terdapat banyak sekali mata pelajaran yang diikuti oleh semua siswa. Dan  di sinilah letak peran dari guru-guru di masing-masing Prodi yang mana memiliki kewajiban untuk memenuhi hak siswa atau anak tersebut untuk memperoleh pelajaran.

Namun  hak yang harus dipenuhi bukan hanya masalah materi pelajaran saja namun juga termasuk dengan berbagai pelajaran tambahan seperti arti ekstra kurikuler maupun berbagai jenis ujian sekolah lainnya.

2. Mendapatkan Perlakuan yang Adil

Di dalam  sebuah sekolah tentunya terdiri dari beragam jenis anak yang terdiri dari macam-macam sifat, karakter, suku, ras, agama  dan juga kasta.

Lingkungan  sekolah dan seluruh pihak yang ada di dalamnya harus mampu memperlakukan dengan adil seluruh siswa tanpa memandang status sosial maupun berbagai perbedaan yang sudah disebutkan di atas. Semua Hak anak di sekolah harus  diberikan dengan porsi yang sama tanpa ada yang perlu di istimewakan maupun sebaliknya.

3. Menggunakan Fasilitas Sekolah

Semua  sekolah pastinya menyediakan berbagai macam fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh siswa sebagai salah satu sarana dan prasarana  untuk menunjang  proses kegiatan belajar anak selama berada di dalam lingkungan sekolah.

Sehingga hak anak di sekolah dalam  fasilitas sekolah ini adalah bisa menggunakan semua fasilitas yang ada di sekolah dengan catatan dimanfaatkan untuk keperluan pengajar dan memenuhi segala cara dan ketentuan yang sudah diberlakukan oleh pihak sekolah.

Hal  ini artinya bahwa semua siswa bisa menggunakan seluruh fasilitas yang ada di dalam sekolah tersebut selama aktivitas yang dilakukan adalah berkaitan dengan kegiatan sekolah.

4. Mengajukan Pertanyaan

Kegiatan  pelajar tentunya dilakukan dengan tujuan agar kemampuan serta ilmu pengetahuan siswa semakin berkembang dan bertambah.

Namun  Adakalanya bahwa dalam proses belajar-mengajar tersebut ada 1 momen dimana siswa atau anak kurang mengerti dengan apa yang dijelaskan oleh guru sehingga hak anak di sekolah di sini  adalah bertanya kepada guru tentang apa saja yang belum di ketahui terkait dengan pelajaran yang diberikan.

5. Mengutarakan Pendapat

Meskipun  saat berada di sekolah siswa memiliki tanggung jawab untuk memenuhi semua peraturan yang sudah di buat oleh sekolah tersebut, namun hak anak di sekolah juga  harus tetap dipenuhi di mana setiap siswa atau anak di sekolah diberikan kesempatan untuk mengutarakan pendapatnya dengan catatan pendapat tersebut disampaikan dengan cara dan etika yang baik tanpa harus merugikan pihak manapun.

6. Memperoleh Nilai yang Sesuai

Setiap  anak yang menuntut ilmu di sekolah tentunya memiliki tujuan yang sama yaitu menambah ilmu pengetahuan, wawasan serta kepintaran.

Hanya  saja tidak semua anak memiliki kepandaian yang sama sehingga biasa kalau tentunya harus bisa memberikan nilai yang sesuai dengan kemampuan masing-masing anak tersebut.

Hak anak di sekolahyang  harus didapatkan adalah mendapatkan nilai berdasarkan kemampuan akademiknya bukan berdasarkan faktor-faktor lain  yang pada akhirnya justru bersifat anak emaskan atau memberikan perlakuan istimewa karena alasan tertentu.

7. Mendapatkan Bimbingan

Meskipun  bullying tidak diperbolehkan di lingkungan sekolah namun tidak bisa di dipungkiri bahwa kejadian seperti ini masih saja terjadi di lingkungan sekolah.

Tindakan bullying  di lingkungan sekolah mungkin terdengar sudah wajar dan sering terjadi namun jika dibiarkan bisa berimbas buruk terhadap psikologis anak itu sendiri. Sehingga  ketika seorang siswa mendapatkan tindakan tidak semestinya di lingkungan sekolah baik perlakuan dari  sesama siswa maupun dari guru maka

Hak anak di sekolah tersebut  adalah mendapatkan bimbingan dari bidang konseling sekolah atau BK maupun pihak-pihak lain yang bisa membantu menyelesaikan permasalahan tersebut.

Hal ini  dilakukan dengan tujuan agar hak-hak siswa di sekolah dapat terpenuhi sehingga siswa dapat belajar dengan baik tanpa harus terkendala oleh apapun serta nantinya  tidak akan ada pihak manapun yang merasa dirugikan akibat tindakan atau perlakuan tersebut.

8. Memperoleh Jam Istirahat

Tugas  anak selama masih berada di lingkungan sekolah Anda adalah belajar serta mematuhi segala peraturan yang sudah ditetapkan oleh sekolah. Namun  tentunya pihak sekolah juga harus memberikan hak kepada anak yaitu berupa jam istirahat agar anak bisa beristirahat sejenak di sela-sela pelajaran dan tugas yang harus diikuti serta mampu bersosialisasi dengan teman-teman sekolah maupun lingkungan sekolah yang ada di dalamnya.

Referensi : Rights and responsibilities of pupils and parents

____________________________________

Stella Maris School adalah sekolah internasional dan nasional untuk anak KB/TK hingga SMA. Salah satu visi Stella Maris yaitu “Menjadi Sekolah Dasar Terdepan dalam Penanaman Karakter Berlandaskan Iman Kristiani”. Tidak hanya mengembangkan kemampuan akademis tapi juga non akademis sesuai usia dan talenta siswa dengan tetap memperhatikan sisi psikologis. Hubungi kami untuk bertanya lebih lanjut tentang pengajaran di Stella Maris, pendaftaran sekolah ataupun beasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *