Ingin Otak Anak Anda Lebih Cerdas? Konsumsi Sumber Makanan Ini

Ingin Otak Anak Anda Lebih Cerdas? Konsumsi Sumber Makanan Ini

Asupan makanan bergizi sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Tumbuh kembang akan optimal dan berguna untuk merangsang perkembangan otak. Selain itu, di tengah meningkatnya kasus positif akibat Covid-19, utamanya di kalangan anak-anak,ย  makanan bergizi akan sangat membantu menjaga daya tahan tubuh mereka. Dan jangan lupa tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, mengenakan masker, sering mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas ke luar rumah.

Lalu, apa saja sumber makanan yang mampu merangsang kercerdasan otak anak Anda:

  • Telur

Telur memiliki kandungan protein yang sangat baik untuk merangsang kecerdasan. Selain putih telur, bagian kuningnya mengandung kolin yang dapat membantu perkembangan memori.

  • Daging dan hati ayam

Daging ayam mengandung protein hewani yang cukup tinggi dan sangat dibutuhkan bagi tumbuh kembang anak, terutama pertumbuhan otak. Selain daging, hati ayam memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

  • Ikan salmon dan kembung

Kandungan asam eikosapentanoat (EPA) dan asam lemak omega-3 pada daging salmon diyakini cukup tinggi. EPA dan omega-3 sangat baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak anak. Beberapa riset menyebutkan, anak yang tercukupi asupan asam lemak dinilai memiliki kemampuan berpikir yang lebih tajam dan menorehkan nilai yang tinggi saat diuji kecerdasannya.

Namun, bukan hanya salmon, ikan hasil tangkapan lokal Indonesia pun mengandung omega-3 yang tinggi. Contohnya, ikan kembung yang kandungan omega-3-nya lebih tinggi tiga kali dibanding salmon.

  • Buah beri

Beberapa jenis beri, seperti stroberi, beri biru, dan beri merah mengandung antioksidan dengan kadar yang tinggi serta vitamin C. Sejumlah pakar gizi juga mengungkapkan bahwa ekstrak buah beri dapat membantu perbaikan fungsi daya ingat. Bahkan, semakin kuat warnanya, semakin banyak nutrisi yang dikandungnya.

  • Kacang-kacangan

Kacang merah dan beberapa jenis kacang-kacangan lainnya mengandung protein dan karbohidrat kompleks. Kedua unsur ini akan diolah tubuh menjadi energi dan sangat baik untuk aktivitas sel-sel otak serta pertumbuhan tubuh anak. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya kandungan serat, vitamin, dan mineral. Menurut penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan fungsi otak.

Sumber: Kompas

Foto: Freepik

Untuk informasi dan pendaftaran sekolah Stella Maris School, Hubungi :

Whatsapp : 081389535377
Instagram : @stellamaris.sch
Email : info@stella-maris.sch.id
Video Kegiatan Siswa : Youtube Stella Maris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *