Jaga Imunitas Tubuh saat Liburan di Tengah Pandemi

Jaga Imunitas Tubuh saat Liburan di Tengah Pandemi

Libur akhir tahun 2020 ini terasa berbeda. Kita masih berada dalam situasi pandemi Covid-19 yang belum juga mereda. Seperti kita ketahui, ada dua hari besar yang jaraknya berdekatan di akhir tahun, perayaan Natal dan Tahun Baru. Biasanya sebagian masyarakat sudah merencanakan untuk liburan di tanggal-tanggal sekitar perayaan tersebut sebelum bersiap kembali ke rutinitas di tahun yang baru. Ada yang berniat pulang ke kampung halaman, ada yang sekadar berlibur mengunjungi kota-kota tertentu sembari road trip, ada yang hanya staycation di hotel tanpa harus keluar kota, atau bahkan tidak kemana-mana alias di rumah saja.ย  Mengingat virus corona yang masih terus mengintai, dengan adanya beragam pilihan untuk berlibur tersebut, Anda tentu saja tetap harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penularan. Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak (menghindari kerumunan) tidak boleh dilupakan.

Di samping pencegahan dengan wajib menerapkan protokol kesehatan, Anda harus ingat bahwa untuk melawan virus imunitas tubuh harus tetap dijaga. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bermanfaat agar tetap sehat di tengah pandemi sehingga nyaman saat menjalani liburan, yaitu:

  • Cukup tidur (istirahat)

Tidur (istirahat) berhubungan sangat kuat dengan sistem imun tubuh. Tidur cukup menjadi salah satu cara agar imunitas tubuh Anda tetap terjaga. Sebaliknya, kurang tidur akan menurunkan imunitas. Kurang tidur bisa membuat seseorang rentan terinfeksi virus. Berdasarkan riset tentang kesehatan, kebutuhan tidur orang dewasa antara 7-9 jam dalam satu hari, dan untuk anak kecil bisa lebih dari itu.

 

  • Konsumsi asupan makanan sehat dan vitamin

Sistem imun yang sehat sangat membutuhkan nutrisi dari makanan bernutrisi. Tubuh memerlukan nutrisi-nutrisi penting seperti vitamin, mineral, hingga antioksidan. Bikin meja makan Anda penuh warna dengan buah dan sayuran. Anda mungkin harus mengonsumsi multivitamin seandainya tidak bisa mendapatkan asupan langsung dari makanan.

 

  • Berjemur di bawah sinar matahari

Tubuh manusia tidak bisa memproduksi vitamin D dengan sendirinya. Sebagai solusi yang mudah dan praktis untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, berjemur di bawah sinar matahari harus Anda manfaatkan. Selain mencukupi kebutuhan vitamin D, berjemur di bawah sinar matahari diyakini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperkuat kesehatan tulang, dan meningkatkan kualitas tidur.

 

  • Berolahraga

Sebuah studi menyebutkan bahwa olahraga yang cukup (tidak berlebihan) membantu proses regenerasi sel kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan di tubuh. Anda harus mampu mengukur kekuatan tubuh dalam berolahraga, jangan sampai malah membahayakan diri Anda, terutama bagi Anda yang sudah tidak muda lagi.

 

  • Kelola stres dengan baik

Anda harus mampu mengendalikan atau mengelola stres dengan baik. Ada berbagai cara untuk untuk mengendalikan stress, seperti meditasi atau olahraga ringan. Tetap terhubung dengan teman atau keluarga juga bisa dilakukan untuk meredakan stres.

Menikmati liburan di tengah pandemi barangkali hal baru bagi Anda. Yang terpenting adalah perilaku hidup sehat dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Karena bagaimanapun kesehatan dan keselamatan tetaplah menjadi prioritas utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *