Karakter Mandiri Harus Dididik sejak Usia Dini, Begini Tipsnya

Karakter Mandiri Harus Dididik sejak Usia Dini, Begini Tipsnya

Bagi setiap orang tua, proses mendidik anak selalu menjadi hal yang mengesankan. Meski di setiap perjalanannya dijumpai berbagai kendala maupun rintangan. Namun demikian, tujuan setiap orang tua tentunya baik, yakni ingin anaknya hidup baik hingga menjadi pribadi yang berani dan mandiri.

Untuk meraih semua itu tidaklah mudah, dibutuhkan tips khusus agar bisa mendidik anak menjadi mandiri. Dengan begitu, mereka memiliki keberanian dan tidak bergantung kepada orang tua. Sikap mandiri tersebut perlu ditanamkan sejak dini, sehingga anak akan selalu terbiasa. Bagaimana caranya?

  • Perkenalkan anak dengan hal baru

Hal pertama yang bisa dilakukan orangtua untuk mendidik anak menjadi pribadi mandiri, yakni berusaha mengenalkan hal-hal yang baru. Baca juga: Pakar Unair Dorong Orangtua Ajarkan Pendidikan Seksual ke Anak Jangan sampai membebankan anak dengan rutinitas yang monoton setiap harinya. Selain bisa mengasah keberanian anak, cara ini juga bisa membuat anak tidak takut dalam menentukan keputusan.

  • Ajarkan anak bisa menentukan pilihannya sendiri.

Memang setiap keputusan berasal dari orang tua. Ketika itu dilaksanakan setiap saat, maka membuat anak dipaksa menjadi penurut. Sebagai orang tua, sudah seharusnya tidak lagi memaksanakan anak untuk mengambil pilihan tertentu. Jika tetap melakukannya, maka membuat anak tidak nyaman, bahkan bisa tidak ikhlas dalam menjalani kewajibannya. Maka dari itu, biarkan anak menentukan pilihannya sendiri. Sudah waktunya anak bisa memikul tanggung jawab atas pilihannya sendiri.

  • Jadi guru dan teman bagi anak

Mengasah karakter anak untuk berani dan mandiri bukan perkara mudah. Karena, perlu kejelian dan kerjasama dengan orang tua. Mulai dari cara berkomunikasi hingga kebiasaan yang lainnya. Ketika itu sudah diajarkan, maka bisa memengaruhi psikologis anak. Dengan begitu, anak merasa nyaman saat berasama orangtua. Pada akhirnya, anak cenderung bisa mandiri dan berani.

  • Hargai setiap usaha yang dijalani anak

Pada saat anak berhasil menumbuhkan sikap berani dan mandiri, maka orangtua perlu memberikan pujian. Bahkan, setiap anak mengalami kegagalan, anak juga pantas memperoleh pujian dari orangtua. Hal itu berguna agar tidak menurunkan minatnya untuk maju berkembang. Pada akhirnya sikap berani dan mandiri mereka terus terasah dengan cepat.

  • Orang tua jadi pelindung anak

Memang terkadang anak mau melakukan hal-hal yang baru, dengan bekal semangat yang membara. Namun, ada pula anak yang memilih mundur, karena ragu dan takut gagal untuk mencoba hal baru. Jika menjadi orang tua, ketika hal itu terjadi jangan lantas memarahi mereka.

  • Jangan membandingkan dengan yang lain

Setiap anak memiliki cara yang berbeda untuk mendidiknya. Oleh karena, jangan sampai membandingkan mereka dengan anak yang lain. Apabila hal itu dilakukan, maka kepercayaan anak untuk berkembang akan timbul dengan sendirinya. Orang tua harus percaya, setiap usaha yang dijalankan anak merupakan proses untuk memperoleh hasil yang diinginkannya. Tujuannya, agar mereka bisa belajar dari kegagalan maupun keberhasilan. Alhasil anak bisa menjadi mandiri.

 

Sumber: Kompas.com

Foto: Freepik

 

Untuk informasi dan pendaftaran sekolah Stella Maris School, Hubungi :

Whatsapp : 081389535377
Instagram : @stellamaris.sch
Email : info@stella-maris.sch.id
Video Kegiatan Siswa : Youtube Stella Maris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *