Kedekatan dengan Anak Kunci Penting Kebahagiaan Keluarga

Kedekatan dengan Anak Kunci Penting Kebahagiaan Keluarga

Setiap keluarga pasti mendambakan kehidupan yang membahagiakan untuk seluruh anggota keluarga. Relasi yang dibangun antara orang tua dengan anak menjadi salah satu kunci. Di tengah segala kesibukan orang tua bekerja atau mencari nafkah tentu tidak boleh melupakan curahan kasih sayang kepada buah hati tercinta.  Ketika orang tua memiliki kedekatan dengan anak, umumnya bisa meredam beragam persoalan yang muncul dalam keluarga. Namun terkadang sebagian orang tua mengalami kebingungan bagaimana menjalin kedekatan dengan anak. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menjalin kedekatan dengan buah hati tercinta:

  • Hindari membawa masalah dari luar ke dalam rumah

Seandainya di tempat kerja Anda mengalami stres dengan setumpuk kerjaan dan masalah di kantor, tapi jangan bawa dan sisakan rasa lelah dan stres tersebut saat berada di rumah. Saat tiba di rumah Anda wajib datang dengan bahagia di depan anak, karena hal itu akan membuat anak Anda senang dibanding memasang wajah marah dan lelah. Ingatlah, anak sudah menunggu kehadiran Anda sepanjang hari.

  • Coba luangkan waktu untuk mendengarkan cerita anak

Meski dengan waktu yang terbatas, tentunya Anda harus menyempatkan waktu untuk dapat mengajak buah hati berbicara, bisa saat makan bersama atau menjelang anak tidur. Sebagai contoh, Anda dapat menanyakan pengalaman si Kecil hari ini. “Apa yang membuat seru hari ini? Atau apa yang membuatmu sedih hari ini ?” Selain bertanya, Anda juga dapat menceritakan pengalaman Anda di hari itu. Dengan mengajaknya berbicara, baik tentang dirinya atau diri Anda, dapat membuat buah hati tercinta merasa penting dan keberadaannya dihargai.

  • Mencari kegiatan bersama

Anda perlu menyisihkan waktu setiap minggu untuk berkumpul bersama buah hati, bermain bersama, atau sekadar menonton film kesukaan anak, serta dapat juga pergi ke luar rumah bersama-sama. Dengan adanya waktu khusus bersama keluarga, anak-anak akan merasa lebih dicintai dan merasakan keberadaan orang tua di dekatnya.

  • Memberikan sentuhan kepada anak

Sentuhan, sekecil apapun, memberi dampak besar bagi anak. Bahkan sekadar memberikan “tos” atau melakukan permainan adu panco. Apalagi memberikan kecupan saat anak mulai tertidur pulas di malam hari atau memeluknya. Sentuhan dari orang tua, merupakan hal yang bermakna bagi anak, bahwa ia merasa aman dan disayangi orang tuanya.

  • Memahami dan menghargai pilihan anak

Anak-anak tidak perlu memiliki pilihan yang sama dengan orang tuanya. Cobalah untuk memahami perspektif anak ketika mereka memiliki satu pilihan. Mungkin jika Anda tidak setuju dengan pilihan mereka, cobalah untuk rundingkan bersama, tawarkan beberapa pilihan. Hargai apa yang anak katakan. Itu akan membuat anak merasa berharga dan percaya dirinya terbangun dengan baik dan dapat dipastikan hubungan anak dan orangtua menjadi lebih baik.

  • Menjadi contoh bagi anak

Anda adalah contoh bagi anak-anak. Anak akan meniru apa yang biasa Anda lakukan dan katakan. Oleh karena itu, Anda harus menjadi sosok yang dapat dilihat sebagai panutan oleh si Kecil. Bagaimana mengelola emosi dengan baik saat menghadapi masalah kerja dan keluarga, konsisten, bertahan dan menjaga keharmonisan rumah tangga di saat sulit sekalipun, inilah yang dipelajari anak dari orang tuanya. Dengan selalu berpikir dan berperilaku positif, anak akan merasa aman dan nyaman.

 

Sumber: Anggunpaud.kemdikbud.go.id

Foto: Freepik

 

 

Untuk informasi dan pendaftaran sekolah Stella Maris School, Hubungi :

Whatsapp : 081389535377
Instagram : @stellamaris.sch
Email : info@stella-maris.sch.id
Video Kegiatan Siswa : Youtube Stella Maris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *