Keterampilan Komunikasi Terasah, Pesan Tersampaikan

Keterampilan Komunikasi Terasah, Pesan Tersampaikan

Suatu hari, Warren Buffett, seorang investor tersukses di dunia, ditanya oleh anak muda yang usianya baru 22 tahun: “Jika ada 1 tips kunci sukses yang ingin Anda bagikan kepada anak-anak muda berumur 21-22 tahun yang baru lulus sekolah, apa yang akan Anda sampaikan?” Ia menjawab: “Satu-satunya cara mudah adalah mengasah keterampilan berkomunikasi, lisan maupun tulisan. Kalian bisa memiliki kemampuan otak yang luar biasa, namun apa yang ada di dalam otak kalian harus “dipindahkan”. Dan cara “memindahkannya” adalah lewat komunikasi. Jika kalian tidak dapat berkomunikasi, ibarat mengedipkan mata pada seorang gadis di kegelapan, tidak akan terjadi apa-apa.”

Komunikasi terjadi ketika ada yang mengirimkan pesan dan ada yang menerima pesan. Harapannya pesan tersebut bisa dipahami dengan baik. Dalam proses belajar mengajar di sekolah, pesan tersebut bisa berupa materi pelajaran, pertanyaan yang diajukan, jawaban sebuah pertanyaan, atau pendapat yang harus disampaikan. Prosesnya bisa berlangsung antara guru dengan siswa, atau antarsiswa. Bagi siswa,  kemampuan berkomunikasi yang baik mutlak untuk dikuasai, mengapa? Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat, contohnya:

  1. Memudahkan berdiskusi dalam kelompok
  2. Memudahkan mencari informasi
  3. Memudahkan membuat laporan hasil tugas sekolah

Di Sekolah Stella Maris, aktivitas berkomunikasi, mengirim dan menerima pesan adalah hal yang dialami setiap hari. Sekolah dalam hal ini guru sangat menyadari bahwa melatih serta mengasah keterampilan berkomunikasi merupakan proses yang berkesinambungan, melekat pada setiap aktivitas di sekolah. Kunci keberhasilan terletak pada komitmen guru dan siswa untuk melakukan perbaikan terus menerus ketika ada kesalahan. Terlebih, di abad 21 yang kita kenal sebagai abad digital, menuntut kepiawaian berkomunikasi juga di ranah digital, melewati batas-batas wilayah/negara, dan menggunakan berbagai perangkat teknologi yang semakin canggih. Hal tersebut menuntut guru dan siswa untuk mampu memahami, mengelola, dan menciptakan komunikasi yang efektif dalam berbagai bentuk dan isi, bisa lisan, tulisan, bahkan multimedia. Karena dengan memiliki keunggulan keterampilan berkomunikasi, siswa akan semakin mudah meraih kesuksesan di masa depan.

 

Hubungi kami untuk bertanya lebih lanjut tentang pengajaran di Stella Maris, pendaftaran sekolah ataupun beasiswa.

 

“Stella Maris Selalu Selangkah Ke Depan Dalam Memberikan Pelayanan dan Pendidikan Terbaik”

#pastibisasukses #generasisukses #25thStema

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *