APA SAJA KURIKULUM INTERNASIONAL YANG DITERAPKAN SEKOLAH DI INDONESIA?

APA SAJA KURIKULUM INTERNASIONAL YANG DITERAPKAN SEKOLAH DI INDONESIA?

Kurikulum dalam sebuah sekolah menjadi salah satu elemen penting dalam proses belajar mengajar. Dengan adanya kurikulum yang terstruktur dengan baik akan memudahkan para pendidik dan para siswa dalam menyerap dan menyampaikan pelajaran.

Di Indonesia, untuk sekolah negeri dan swasta memiliki kurikulum nasional. Namun, untuk sekolah internasional memiliki kurikulum berbeda yang mengacu pada sistem pendidikan internasional. Lalu, apa sajakah kurikulum internasional yang diterapkan di Indonesia ini? Berikut ulasannya.

Cambridge International

Cambridge Curriculum International merupakan kurikulum internasional yang diciptakan di Inggris di bawah naungan Universitas Cambridge. Penggunaan kurikulum ini sudah diakui oleh dunia internasional, terutama pada tingkat sekolah internasional.

Ada empat hal yang menjadi titik fokus dari kurikulum ini. Di antaranya adalah cara pandang internasional, metode pendidikan yang mutakhir dan modern, dan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada peserta didik untuk melanjutkan pendidikan di universitas terbaik.

Melalui kurikulum ini nantinya juga para siswa diajarkan untuk berpikir kritis dan analitis. Kemudian diajarkan pula mengenai presentasi hingga menyelesaikan sebuah masalah. Dengan demikian, harapannya ke depan para siswa mampu lebih mampu bicara di depan publik dan percaya diri.

Montessori

Kurikulum internasional berikutnya adalah montessori. Akan tetapi, kurikulum ini tidak diterapkan pada semua jenjang pendidikan. Penerapannya hanya terbatas pada pra-sekolah dan sekolah dasar. Penekanan kurikulum ini lebih mengacu pada aktivitas pengembangan dan pengarahan diri ada anak.

Dalam pengembangan tersebut, anak atau peserta didik akan mendapatkan pengamatan dari pendidik.
Pada metode kurikulum montessori juga mementingkan pada penyesuaian diri anak-anak atau peserta didik pada lingkungan belajar mereka.

Tentu, hal tersebut disesuaikan dengan tingkat perkembangannya. Termasuk pula aktivitas fisik saat mereka menyerap konsep akademis maupun keterampilan dari praktik yang diarahkan pengajar.

Singaporean Primary School Curriculum

Pada tataran Asian, kurikulum internasional Singaporean Primary School Curriculum dikenal sebagai yang terbaik. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan pada kurikulum ini memiliki dasar pemikiran bahwa setiap anak memiliki bakat maupun minat tersendiri.

Maka tidaklah mengherankan jika pendekatannya lebih fleksibel dalam mengembangkan kemampuan maupun potensi yang dimiliki oleh setiap anak. Meski begitu, kurikulum ini tetap mengajarkan beberapa pelajaran utama seperti matematika, sains, bahasa Inggris, seni dan ilmu sosial.

International Baacalaureate (IB)

IB Curriculum merupakan akronim dari International Baccalaurate. Kurikulum ini resmi digunakan di Jenewa, Swiss pada era 1960a-an. Tujuan dari kurikulum ini ialah mendorong peserta didiknya untuk lebih kreatif, mengembangkan kemampuan emosi, intelektual dan sosialnya.

Namun, apabila sekolah ingin menerapkan kurikulum internasional ini harus mendapatkan izin secara resmi dari induk organisasi IB.

Di kurikulum IB, para siswa atau anak-anak ditekankan pada pengembangan program agar anak menjadi aktif dan lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Para siswa juga diajarkan berpartisipasi aktif dalam proses belajar mengajar.

International Primary Curriculum

Terakhir, kurikulum internasional yang cukup banyak diterapkan di sekolah internasional di Indonesia adalah International Primary Curriculum. Hal utama yang menjadi fokus IPC ialah berorientasi pada student-centerd education.

Dengan kata lain, di sini pembelajaran akan terpusat pada peserta didik. Poin utamanya, para siswa tidak memiliki kewajiban untuk menghafal.

Sebagai gantinya, mereka diajarkan untuk selalu mengingat hal baru yang mereka pelajari. Khususnya melalui aktivitas menarik dan menjadikannya sebagai pengalaman belajar yang seru.

Tujuan dari penerapan kurikulum ini selain membentuk karakter dan kepribadian juga agar para siswa mampu beradaptasi dalam lingkungan berskala global.

Itulah beberapa kurikulum internasional yang diterapkan di sekolah internasional Indonesia. Sebagai orang tua, Anda bisa memilih sekolah dengan salah satu kurikulum di atas dengan menyesuaikan kemampuan anak.

Referensi : Memilih Kurikulum dan Sistem Pendidikan yang Tepat untuk Anak

____________________________________

Stella Maris School adalah sekolah internasional dan nasional untuk anak KB/TK hingga SMA. Salah satu visi Stella Maris yaitu “Menjadi Sekolah Dasar Terdepan dalam Penanaman Karakter Berlandaskan Iman Kristiani”. Tidak hanya mengembangkan kemampuan akademis tapi juga non akademis sesuai usia dan talenta siswa dengan tetap memperhatikan sisi psikologis. Hubungi kami untuk bertanya lebih lanjut tentang pengajaran di Stella Maris, pendaftaran sekolah ataupun beasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *