Lakukan Ini agar Anak Punya Karakter Positif, Kuat dan Percaya Diri

Lakukan Ini agar Anak Punya Karakter Positif, Kuat dan Percaya Diri

Setiap anak dilahirkan unik, berbeda antara satu anak dengan anak lainnya. Namun, tempat di mana mereka tumbuh dan berkembang memiliki pengaruh besar dalam membentuk karakter. Oleh karena itu orang tua, saudara, guru punya peranan besar mengajarkan anak mengembangkan karakter yang positif.

Beberapa cara di bawah ini bisa dilakukan agar kelak anak memiliiki karakter positif, kuat, dan penuh percaya diri:

  • Hindari membandingkan anak

Kadang kala secara tidak sadar orang tua suka membandingkan anak dengan saudara, teman, atau mungkin tetangga. Sebaiknya perilaku ini dihindari karena bisa merusak kepribadian anak.

  • Menjadi pendengar yang baik

Pada dasarnya anak selalu membutuhkan perhatian. Orang tua harus sabar dan bersedia mendengarkan anak sehingga akan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.

  • Mendorong terus kemandirian anak

Orang tua bisa mulai mengajak anak untuk secara perlahan mengelola tanggung jawab mereka sejak usia dini dengan hal-hal sederhana. Misalnya membereskan mainan, menyikat gigi, atau makan sendiri. Pembiasaan tersebut akan melatih anak dalam keterampilan hidup dan meningkatkan rasa tanggung jawab.

  • Menerapkan pola asuh positif

Ketika anak melakukan kesalahan, terkadang karena emosi orang tua menegur atau melukai anak secara fisik. Hal ini sebaiknya dihindari karena malah akan memperburuk keadaan. Mencoba untuk bersabar dan menjelaskan konsekuensi dari kesalahan mereka akan jauh lebih efektif dan memberikan dampak positif.

  • Hindari melabeli anak

Melabeli anak bisa membuat mereka menutup diri dan malas bereksplorasi. Hal tersebut secara tidak sadar membuat anak percaya bahwa mereka memang seperti label yang diberikan. Bisa jadi akan muncul perasaan rendah diri, atau bahkan meniru perilaku orang lain di sekitarnya.

  • Menerima kekurangan anak dengan sikap lembut

Sebagian orang tua selalu mengharapkan anak mereka unggul dalam segala hal. Namun dalam kenyataannya tidaklah demikian. Orang tua harus menyadari bahwa setiap anak mempunyai kemampuan unik. Ketika mereka melakukan sesuatu dan hasilnya tidak sesuai harapan, orang tua harus bisa memberikan bantuan dengan sikap lembut dan terbuka untuk memperbaiki kekurangan anak tanpa mengurangi rasa percaya diri mereka.

  • Orang tua harus menjadi role model yang tepat

Secara alamiah anak belajar dari apa yang ada di sekelilingnya, apa yang mereka lihat setiap hari. Oleh karena itu, menerapkan apa yang disampaikan orang tua kepada anak akan membekas di ingatan anak. Mereka akan mengikuti apa yang orang tua lakukan, sehingga orang tua harus mampu menjadi contoh yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *