Rutin Bersepeda Sangat Berguna bagi Kesehatan Tubuh, Benarkah?

Rutin Bersepeda Sangat Berguna bagi Kesehatan Tubuh, Benarkah?

Jika Anda termasuk salah satu yang menggemari olahraga bersepeda, Anda patut bersyukur. Ya, bersepeda bukan lagi sekadar untuk melakukan kegiatan rekreatif atau menjadi alat transpotasi. Bersepeda jika dilakukan secara rutin akan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Di samping itu, olahraga bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang relatif praktis dan mudah dilkakukan. Tidak heran jika bersepeda digemari oleh anak-anak hingga orang tua.

Cukup luangkan waktu selama minimal 30 menit setiap hari, beragam manfaat bisa Anda peroleh. Apa saja?

  • Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Bersepeda dapat mengoptimalkan kinerja sistem kardiovaskular, yaitu jantung dan pembuluh darah, dengan cara memperkuat otot jantung dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Dengan kinerja sistem kardiovaskular yang baik, risiko terkena stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi dapat dikurangi.

 

  • Menjaga kesehatan otot dan sendi

Bersepeda dapat memperkuat otot kaki, bokong, paha, betis, pinggul, perut, lengan, dan bahu. Tak hanya itu, bersepeda juga baik untuk persendian dan telah terbukti bermanfaat bagi penderita osteoartritis.

 

  • Menjaga berat badan

Bersepeda dapat menjaga berat badan tetap ideal, karena mampu membakar lemak dan meningkatkan laju metabolisme tubuh. Bersepeda selama 1 jam saja dapat membakar setidaknya 600 kalori. Untuk mendapat manfaat ini secara optimal, Anda bisa mengombinasikan kebiasaan bersepeda secara rutin dengan pola makan bergizi seimbang untuk mencegah dan mengatasi kegemukan.

 

  • Menurunkan tingkat stress

Saat bersepeda, tubuh akan menurunkan kadar hormon stres, seperti adrenalin dan kortisol, di dalam tubuh. Tak hanya itu, melihat dan menikmati pemandangan saat bersepeda juga dapat menurunkan stres yang dialami.

 

  • Menurunkan risiko terjadinya diabetes dan kanker

Salah satu manfaat bersepeda lainnya adalah mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini karena bersepeda dapat menjaga kestabilan produksi hormon insulin dalam tubuh. Bersepeda juga bisa memperkecil risiko terkena kanker, termasuk kanker usus besar dan kanker payudara.

 

Sumber: Alodokter.com

Foto: Freepik

 

Sumber: Purewow.com

Foto: Freepik

Untuk informasi dan pendaftaran sekolah Stella Maris School, Hubungi :

Whatsapp : 081389535377
Instagram : @stellamaris.sch
Email : info@stella-maris.sch.id
Video Kegiatan Siswa : Youtube Stella Maris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *