Menanam Pohon di Mobil: Uniknya Kegiatan International Earth Day 2021 di Preschool Stella Maris Gading Serpong

Menanam Pohon di Mobil: Uniknya Kegiatan International Earth Day 2021 di Preschool Stella Maris Gading Serpong

Setiap tahun, 22 April diperingati sebagai International Earth Day atau Hari Bumi Sedunia. Tema tahun ini adalah “Restore Our Earth” (Pulihkan Bumi Kita). Dikutip dari laman situs earthday.org, Hari Bumi tahun ini berfokus pada proses alam, teknologi hijau yang sedang berkembang, dan pemikiran inovatif yang bisa memulihkan ekosistem dunia. Semua masyarakat yang ada di bumi membutuhkan bumi yang sehat untuk mendukung pekerjaan, mata pencaharian, kesehatan, dan kelangsungan hidup.

Dalam rangka International Earth Day 2021, Preschool Stella Maris Gading Serpong memperingatinya dengan cara yang unik, yakni dengan konsep drive thru. Berlangsung selama dua hari, 22 dan 23 April,  kegiatan dikemas sedemikian rupa agar International Earth Day mudah dipahami oleh anak-anak preschool. Diberi judul “Captain Planet Drama”, siswa-siswi preschool datang ke sekolah bersama orang tua masing-masing ala drive thru dan melakukan aktivitas dengan tetap berada di dalam mobil karena masih di masa pandemi.

Awalnya mereka harus menonton drama “Captain Planet” yang dimainkan guru-guru preschool . Di tengah drama tersebut, mereka diharuskan melakukan kegiatan dengan menggunakan material yang sudah disiapkan sekolah, yaitu mendekor pot (decorating pot), kemudian memasukkan tanah dan menanam pohon ke dalam pot kertas tersebut (re-potting). Setelah itu anak-anak diminta membuat tongkat ajaib (making magic wand) dengan tujuan membantu “Captain Planet” memulihkan kekuatannya (restore the power). “Captain Planet” menjadi lemah karena ada yang menebang pohon dan membuang sampah sembarangan. Dengan menggunakan tongkat ajaib hasil kreasi masing-masing, anak-anak mengarahkan tongkat tersebut ke arah “Captain Planet” namun belum berhasil memulihkan kekuatannya karena masih ada sampah-sampah.

Nah, di akhir kegiatan anak-anak harus memilah sampah-sampah (sorting trash) yang dihasilkan dari kegiatan tersebut (sampah plastik dan kertas) kemudian dibuang ke tempat sampah. Setelah menanam pohon dan membuah sampah, akhirnya tongkat ajaib bisa berfungsi dan “Captain Planet” menjadi kuat lagi.

”Setelah sekian lama tidak bertemu guru-gurunya, hari ini siswa-siswi Preschool Stella Maris Gading Serpong bisa merayakan International Earth Day dengan konsep drive thru. Anak-anak, sekalipun dari dalam mobil dan tetap mengikuti protokol kesehatan, kelihatan begitu gembira dan bersemangat bisa bertemu dengan guru dan melakukan serangkaian aktivitas bersama: drama Captain Planet, menari, menanam pohon kecil untuk menyelamatkan bumi, membuat tongkat energi untuk menyelamatkan Captain Planet. Kami berharap anak-anak bisa lebih mudah memahami bagaimana turut menjaga bumi dengan cara yang fun. Kurang dari satu jam, tapi sangat berharga untuk melepas rasa kangen yang besar. Siswa dan Guru, aset utama sebuah sekolah, bisa bertemu kembali dan merasakan haru untuk sebuah momen yang sudah sangat ditunggu. When the teachers meet their beloved kids,” ujar Maria S. Santy, Head of School (HOS) Stella Maris School Gading Serpong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *