Mendaftarkan Anak Mengikuti Les Ada Manfaatnya, Benarkah?

Mendaftarkan Anak Mengikuti Les Ada Manfaatnya, Benarkah?

Orang tua sudah barang tentu selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk putra-putri tercinta, termasuk dalam menerapkan pola asuh yang dapat mendukung bakat dan potensi mereka. Salah satu cara yang barangkali orang tua lakukan adalah mendaftarkan anak ke kelas les hobi sejak ia masuk usia prasekolah atau mengajak mereka aktif mengikuti kursus atau belajar online. Tapi apakah ini keputusan yang tepat? Benarkah orang tua perlu mendorong anak mengikuti kelas les hobi untuk menggali minat dan bakatnya?

Memiliki hobi yang disenangi memang bermanfaat buat anak. Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang rutin melakukan hal yang mereka senangi memiliki kondisi fisik dan psikologis yang lebih baik. Namun, sebelum mendaftarkan anak mengikuti les hobi ini dan itu, yuk simak dulu apa saja sih kelebihannya:

  • Anak mengenali minatnya dan menggali potensinya

Minat dan ketertarikan anak terhadap sesuatu tak bisa terlihat hanya dari kegiatan yang pernah ia lakukan sekali saja. Jika mereka menikmati kegiatan les hobinya secara rutin dalam jangka waktu yang lama, maka bisa dikatakan bahwa buah hati Anda memiliki minat terhadap hal tersebut. Mengenali minat sejak usia dini tentu baik, karena saat ia mengetahui dan melakukan hal yang ia sukai, akan lebih mudah bagi anak menggali dan menunjukkan potensi terbaik mereka.

  • Mengembangkan kreativitasnya

Saat mengikuti les hobi, anak akan mencoba melakukan berbagai hal yang bisa jadi belum pernah ia coba sebelumnya. Mendukung anak mencoba hal baru dapat membantu meningkatkan kreativitas putra-putri tercinta. Saat mencoba hal baru ia mungkin melakukan kesalahan, namun jadi bisa belajar menemukan berbagai cara baru yang kreatif saat menghadapi sebuah masalah.

  • Meningkatkan rasa percaya diri

Lewat proses belajar dan usaha yang dialami anak selama mengikuti kegiatan yang dilakukan saat menjalani les hobi, ia akan merasa puas dan gembira. Hal ini kemudian akan mendorong mereka memiliki rasa percaya diri untuk mencoba, mengeksplorasi dan berkembang dengan lebih optimal.

 

Sumber: Dancow.co.id

Foto: Freepik

Untuk informasi dan pendaftaran sekolah Stella Maris School, Hubungi :

Whatsapp : 081389535377
Instagram : @stellamaris.sch
Email : info@stella-maris.sch.id
Video Kegiatan Siswa : Youtube Stella Maris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *