Beberapa waktu lalu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memasukkan kompetensi kemampuan berpikir komputasional (computational thinking) ke dalam kurikulum 2013. Pemerintah sangat menyadari bahwa penguasaan kecakapan berpikir komputasional menjadi salah satu kemampuan penting di abad 21. Dengan menguasai keterampilan ini maka para siswa akan lebih siap bersaing di masa mendatang.

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan berpikir komputasional? Mudahnya, berpikir komputasional adalah cara berpikir (memecahkan masalah) mengikuti cara berpikir seorang ilmuwan computer. Atau dengan lain perkataan, berpikir komputasional adalah sebuah metode problem solving dengan menerapkan teknik yang digunakan oleh software engineer dalam menulis program. Teknik berpikir ini akan bisa membantu siswa di sekolah menyusun penyelesaian masalah yang rumit. Istilah berpikir komputasional sendiri pertama kali muncul di Inggris. Pemerintah Inggris memasukkan materi pemrograman ke dalam kurikulum sekolah dasar dan menengah, tujuannya bukan untuk mencetak pekerja software (programmer) dalam jumlah besar, tapi untuk mengenalkan teknik berpikir ini sejak dini kepada siswa. Mereka percaya keterampilan tersebut akan membuat siswa lebih cerdas dan lebih cepat memahami teknologi yang ada di sekitar mereka.

Ciri yang menonjol dari berpikir komputasional adalah merumuskan masalah dengan menguraikan masalah tersebut ke bagian yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengubah masalah yang kompleks menjadi beberapa langkah yang tidak hanya lebih mudah untuk dilaksanakan, akan tetapi juga menjadi cara yang efisien untuk berpikir kreatif.

Bagi dunia pendidikan, khususnya Sekolah Stella Maris, penerapan keterampilan berpikir komputasional kepada para siswa dan juga guru merupakan tantangan tersendiri. Sekolah Stella Maris terus mengembangkan kurikulum sehingga kemampuan berpikir komputasional menjadi salah satu program pembelajaran penting di sekolah, Sekolah Stella Maris ingin mengambil bagian dalam melahirkan sumber daya manusia yang bisa bersaing di berbagai bidang.

 

Hubungi kami untuk bertanya lebih lanjut tentang pengajaran di Stella Maris, pendaftaran sekolah ataupun beasiswa.

 

“Stella Maris Selalu Selangkah Ke Depan Dalam Memberikan Pelayanan dan Pendidikan Terbaik”

#pastibisasukses #generasisukses #25thStema

  • Post author:
  • Reading time:2 mins read