Misa Jumat Pertama Bulan November 2020

Misa Jumat Pertama Bulan November 2020

Membangun Kesadaran Diri di Tengah Pandemi

Bulan November ini, Indonesia telah memasuki bulan kedelapan masa pandemi Covid-19. Krisis di bidang kesehatan masih belum sepenuhnya bisa diatasi. Kondisi ini juga masih berdampak pada sebagian aktivitas masyarakat seperti pendidikan (sekolah), perkantoran, dan peribadatan.

Demikian halnya dengan kegiatan yang dijalankan oleh Stella Maris School. Misa Jumat Pertama sebagai salah satu kegiatan kerohanian yang rutin diadakan setiap bulan, masih digelar secara online (live streaming) agar tetap  bisa diikuti oleh seluruh keluarga besar Stella Maris School. Bulan November 2020 ini, misa dilangsungkan di kampus Stella Maris School BSD pada Jumat (06/11/2020) mulai pukul 08.00.

Pesan yang ingin disampaikan pada misa kali ini adalah mengajak kita semua untuk melihat realitas kehidupan secara objektif. Kita semua harus bisa secara objektif melihat hal yang benar, terlebih dalam situasi pandemi sehingga mampu menemukan jalan keluar atau solusi agar tetap sehat dan selamat.

Mengutip dari bacaan Injil, dalam homili atau khotbah-nya, pastur menyampaikan bahwa Rasul Paulus memberikan peneguhan atau bantuan kepada kita untuk menyadari dua kebenaran tentang diri kita, menyadari siapakah diri kita, yaitu:

Pertama, kita sejatinya adalah anggota-anggota kerajaan surga, kerajaan Allah yang tinggal atau hidup di dunia ini. Ini adalah kebenaran kristiani yang tidak terbantahkan.

Kedua, tubuh kita sejatinya adalah tubuh mulia. Tubuh kita menjadi anggota tubuh Kristus.

Lantas, kesimpulan apa yang bisa kita petik dari dua kebenaran tersebut? Yaitu melihat diri kita sebenar-benarnya dalam masa krisis atau sulit seperti saat ini, masa pandemi akibat penyebaran virus corona.

Kita “ditantang” untuk mampu memahami situasi ini secara cerdik dalam pengertian yang positif untuk mencari jalan keluar terbaik dari setiap permasalahan yang kita hadapi. Delapan bulan yang sudah berjalan ini harus bisa membangun kesadaran diri kita akan realitas hidup. Demi kehidupan bersama, untuk sementara waktu banyak keterbatasan yang harus kita jalani. Kita juga diajak untuk berani berkurban dari apa yang kita miliki dan diberikan kepada orang lain. Dengan demikian akan muncul sebuah kesadaran bahwa kita ini sesungguhnya mulia dan kita adalah anggota kerajaan Allah.

 

Untuk Mengikuti Misa Jumat Pertama Stella Maris School dapat Klik di Link ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *