Pada bulan September ini, di tengah pandemi Covid-19 yang belum menunjukkan tanda-tanda akan usai, keluarga besar Stella Maris School kembali menyelenggarakan Perayaan Ekaristi atau Misa Jumat Pertama. Kali ini misa digelar di Aula Bernadeth, Stella Maris School BSD, berlangsung pukul 08.00 – 09.00 WIB. Karena masih dalam masa pandemi, agar seluruh unit bisa mengikuti, misa dilakukan secara live streaming melalui kanal Youtube Stella Maris School. Sejatinya kita semua rindu untuk datang mengikuti misa Jumat Pertama, tapi untuk saat ini masih belum memungkinkan karena jumlah yang hadir secara fisik masih sangat dibatasi. Namun melalui live streaming kita tetap yakin bahwa Allah hadir di tengah-tengah kita dan menguatkan kita.

Salah satu hal yang ditekankan oleh pastur dalam khotbah misa Jumat Pertama Stella Maris School kali ini adalah tentang “Ecclesia Semper Reformanda”, yang berarti Gereja senantiasa memperbarui dirinya, sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zamannya, agar sejarah keselamatan tetap di dalam kerangka yang sama dengan sejarah manusia sepanjang masa. Sehingga kita semua juga dipanggil untuk senantiasa memperbarui diri dalam Dia yang kita imani. Di tengah situasi yang masih belum pasti sekarang ini akibat wabah, kita sebagai umat beriman diajak untuk terus memperbarui diri. Bersiap menghadapi berbagai perubahan dan berupaya untuk menyesuaikan diri, menjadi orang yang selalu adaptif serta fleksibel di segala situasi. Pandemi telah membawa kita mengalami situasi dan kondisi yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Enam bulan sudah pandemi berlangsung dan kita terus bertanya-tanya kapan akan berakhir. Sebagian dari kita dilanda kecemasan, ketakutan, atau kekhawatiran yang jika tidak dikelola dengan baik bisa mengarah ke stres atau bahkan depresi. Oleh karena itu, sejalan dengan semangat pada khotbah misa Jumat pertama ini, yang terpenting dilakukan adalah semangat memperbarui diri dalam bentuk salah satunya melakukan upaya untuk melindungi diri, keluarga, dan orang-orang lain di sekitar kita dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Sementara itu berkaitan dengan proses belajar mengajar  di sekolah yang masih menggunakan metode jarak jauh, memperbarui diri bermakna mencari cara agar pendidik (guru), siswa, dan orang tua tetap semangat dalam mengoptimalkan proses pembelajaran.

Misa Jumat Pertama menjadi sarana untuk berhenti sejenak dari rutinitas utama kita dan berusaha atau berupaya untuk mengendalikan diri, menata hati, serta mempersiapkan diri menjadi pribadi yang lebih baik.

Untuk Menyaksikan Rekaman Misa Jumat Pertama di Stella Maris School, bisa klik Gambar  di bawah ini

Tuhan Memberkati. Amin.

  • Post author:
  • Reading time:3 mins read