CARA MEMBUAT MOTIVATION LETTER UNTUK BEASISWA DAN PENDAFTARAN KE UNIVERSITAS LUAR NEGERI

CARA MEMBUAT MOTIVATION LETTER UNTUK BEASISWA DAN PENDAFTARAN KE UNIVERSITAS LUAR NEGERI

Motivation letter merupakan salah satu faktor penting untuk mendaftar ke universitas atau mengajukan beasiswa ke luar negeri. Kamu mungkin sedang membuat motivational letter, atau sudah membuat tapi ragu apakah motivation letter itu cukup bagus untuk membuat kamu mendapat beasiswa atau diterima di universitas.

Mengingat betapa pentingnya dokumen ini, kami telah merangkum hal-hal yang perlu kamu tahu tentang motivation letter di bawah ini.

Berikut adalah topik pembahasan yang dibahas dalam artikel ini :

  1. Apa itu motivation letter?
  2. Struktur Motivation letter
  3. Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Motivation Letter

Apa itu Motivation Letter?

Motivation letter adalah dokumen yang berisi tentang alasan pribadi kamu untuk mendaftar, dan kompetensi profesional yang mendukung. Alasan pribadi bisa dalam bentuk visi/misi pribadi, goal yang ingin dicapai atau keinginan tertentu. Kompetensi profesional merupakan pencapaian yang sudah kamu raih, pengalaman dan keahlian.

Melalui motivational letter ini, Universitas akan menilai apakah ada kesesuaian antara motivasi, kompetensi, apa yang dapat diberikan oleh Universitas dan potensi hasil yang diharapkan darimu.

Struktur Motivation Letter

Sebelum menulis motivational letter, sebaiknya kamu perlu menyusun kerangka tulisan agar suratmu nyaman dibaca, mudah dipahami sekaligus memperlihatkan kecerdasanmu. Orang yang melewatkan menyusun kerangka tulisan tanpa sadar akan membuat pembacanya kesal.

Saat pembaca tidak menemukan informasi yang jelas dari paragraf pertama, ia pasti akan malas membaca paragraf selanjutnya. Banyak orang menulis kalimat begitu panjang, menggunakan kata-kata yang mirip berulang-ulang, walau sebenarnya ia bisa menuliskannya dalam 1 kalimat saja. Jika dibaca oleh orang akademis yang sudah terbiasa membaca terstruktur, kamu akan diberi nilai buruk. Tentu hal ini bukan hasil yang kamu harapkan.

Hal yang kamu inginkan adalah orang yang membaca motivational letter-mu mampu melihat kompetensi dan potensimu dengan mudah. Dan harapannya, kamu akan lolos masuk ke universitas impian.

Motivation letter yang baik dibuat secara terstruktur dengan 3 elemen berikut:

a. Pengantar
b. Paragraf isi
c. Kesimpulan

Pengantar adalah paragraf awal yang sangat penting karena dari sini petugas pendaftaran menentukan apakah ia akan lanjut membaca motivation letter-mu atau tidak. Apa yang sebaiknya kamu tulis di paragraf pembuka ini agar menarik?

Hal pertama adalah kamu perlu memberikan informasi personal tentang dirimu. Dimana dan jurusan apa yang kamu tuju. Kemudian alasan kamu ingin mengambil jurusan tersebut, juga mengapa universitas itu yang kamu pilih.

Masih pada bagian pengantar, paragraf selanjutnya secara singkat kamu bisa menceritakan pendidikan yang kamu miliki saat ini dan apa yang menurutmu masih kurang. Uraikan juga pandanganmu tentang bagaimana jurusan dan universitas yang kamu tuju dapat mengatasi kekurangan itu.

Dalam paragraf isi kamu menulis lebih rinci mengenai pencapaianmu, aktivitas yang kamu lakukan saat ini, cita-citamu, bakat dan skill yang kamu miliki. Dimulai dari pengalaman yang kemudian menciptakan impian.

Lalu dilanjutkan dengan bagaimana kamu melakukan berbagai aktivitas untuk mewujudkan impian atau passion-mu itu, misalnya ikut komunitas atau melatih bakat dan skill. Setelah itu, tuliskan pencapaian-pencapaian dari hasil usaha kerasmu itu.

Untuk penutup bagian isi, uraikan tentang masa depan yang ingin kamu wujudkan dan bagaimana beasiswa, jurusan dan universitas pilihanmu dapat mewujudkan masa depanmu itu.

Paragraf kesimpulan berisi rangkuman pendapatmu mengapa memilihmu adalah keputusan yang tepat.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menulis Motivation Letter

Jangan terlalu banyak menyebutkan kemampuan, apalagi yang tidak sesuai dengan jurusan yang dituju.

Gunakan bahasa persuasif, baik dan benar, kalimat yang bisa menunjukan bahwa kamu adalah orang yang sesuai. Perhatikan penggunaan kosakata, hindari kalimat yang berbelit. Periksa juga tata bahasa dan ejaan, jangan sampai ada typo dan bahasa gaul.

Buatlah motivational letter yang menarik dan kreatif. Bayangkan jika kamu sebagai petugas yang menyeleksi kandidat, membaca motivation letter yang mirip berulang-ulang pasti membosankan. Maka dengan membuat gaya penulisan yang kreatif akan menarik perhatian mereka.

Untuk membuat motivational letter yang menarik, sebagian orang menambahkan sedikit humor. Namun hati-hati, jangan sampai terlalu banyak humor karena akan terlihat bermain-main dan tidak serius.

Jangan berbohong dalam membuat motivation untuk menceritakan pengalaman orang lain agar terlihat menarik, percaya diri lah, dalam dirimu tersimpan sesuatu yang sangat menarik.

Untuk menulis motivation letter diperlukan waktu yang cukup agar kamu bisa memeriksa nya lagi, merevisi sampai cukup bagus untuk dikirimkan. Setidaknya kamu perlu 1 bulan, jadi jangan menulis motivation letter di akhir-akhir waktu pengiriman dokumen.

Motivation letter harus sesuai dengan visi misi dari universitas yang memberikan beasiswa. Jika kamu menerima beasiswa ini, apa yang akan kamu kontribusikan dengan ilmu yang telah kamu dapatkan. Misal yang memberikan beasiswa adalah universitas yang mendukung pelestarian satwa liar, kamu harus menjelaskan bagaimana rencanamu untuk menerapkan ilmu di bidang tersebut.

Kamu harus memeriksa dan revisi berulang-ulang untuk mendapatkan yang terbaik, berikan kepada teman atau kenalan untuk membaca dan meminta pendapat dari mereka. Biasanya akan ada kesalahan yang tidak kita sadari walaupun kita sudah memeriksanya berulang-ulang.

Kesimpulan

Motivation letter adalah salah satu dokumen penting untuk pendaftaran beasiswa/universitas ke luar negeri. Dokumen ini berisi informasi personal tentang calon mahasiswa dan alasannya mengajukan beasiswa/mendaftar ke universitas tersebut.
Oleh karena dokumen ini adalah salah satu faktor yang mempengaruhi penilaian, calon mahasiswa harus membuat motivational letter ini secara terstruktur juga tepat sasaran.
Ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan saat menulis motivation letter, antara lain jangan menulis dekat hari pengumpulan dan jangan berbohong.

Semoga artikel ini membantumu untuk menulis motivational letter dengan baik.

_______

Stema College adalah college foundation yang berlokasi di Gading Serpong. Program utamanya adalah membantu persiapan murid-murid kuliah di universitas luar negeri. Misi Stema College yaitu menjaga kemitraan di seluruh dunia dengan lembaga internasional terkemuka, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dengan teknologi terkini, dan membangun karakter positif.

Referensi : How to Write a Scholarship Motivation Letter

Sumber gambar : Pexels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *