Musik dan Tumbuh Kembang Anak

Musik dan Tumbuh Kembang Anak

Mengenalkan musik pada anak, selain menghibur ternyata juga bermanfaat untuk tumbuh kembang mereka. Apa saja?

  • Menunjang pertumbuhan fisik dan perkembangan otak

Studi menyebutkan, bayi-bayi prematur yang diberikan stimulasi musik klasik mengalami pertambahan berat badan yang lebih signifikan daripada yang tidak. Ini karena musik klasik membuat bayi-bayi merasa lebih nyaman, sehingga bisa tidur nyenyak.

  • Membantu mengajarkan anak berbagai hal baru

Manfaat musik untuk anak yang lainnya adalah dapat mengembangkan area otak anak yang terlibat dalam keterampilan berbahasa, matematika dan berlogika, serta kemampuan visuospasial. Karenanya, musik bisa digunakan untuk mengajari anak hal-hal baru. Ketika anak sedang suka mengoceh, mengajarkan hal kecil seperti menyanyi kepada anak merupakan aktivitas menyenangkan. Di saat bersamaan bisa mengajarkannya konsep atau kosakata baru, serta cara mengucapkannya.

  • Meningkatkan kerja otak, daya ingat, dan kemampuan berpikir

Manfaat mendengarkan musik bagi otak anak tidaklah diragukan lagi. Berdasarkan hasil studi, jumlah sinaps atau hubungan antar sel otak pada musisi atau orang yang aktif bermusik jauh lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak. Hal yang sama juga berlaku pada anak yang diberikan stimulasi musik sejak dini. Bermusik pun dapat meningkatkan jumlah sinaps dan aktivitas antar kedua belahan otak, sehingga kerja otak menjadi lebih cepat, efektif, dan kreatif.

  • Meningkatkan konsentrasi

Mendengarkan musik tertentu, misalnya musik klasik atau yang menenangkan, akan membantu meningkatkan konsentrasi anak. Sedangkan, belajar memainkan alat musik akan melatih anak untuk bisa fokus terhadap suatu aktivitas dalam satu periode tertentu. Hal tersebut akan bermanfaat pula di bidang lain, misalnya saat mengikuti proses belajar mengajar di sekolah. Itulah mengapa manfaat musik untuk anak sangatlah besar.

  • Mengembangkan karakter dan keterampilan sosial

Saat anak memainkan alat musik atau terlibat dalam aktivitas bermusik, ia akan berinteraksi dengan orang dan lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, keterampilan sosial dapat terasah melalui koordinasi dan kerja sama untuk menghasilkan harmoni yang indah. Tak hanya itu, bermusik juga turut mengasah pengendalian diri, kesabaran, dan ketekunan, sebab anak harus konsisten dan bekerja keras untuk mendapatkan reward yang konkret. Sifat-sifat tersebut tentunya penting untuk dimiliki anak saat dewasa kelak.

  • Mengembangkan rasa percaya diri

Musik adalah tempat yang paling aman untuk belajar. Walau ada satu nada yang salah dimainkan, musik masih bisa terdengar indah. Tidak seperti matematika atau bahasa yang lebih rumit. Pada akhirnya, hal itu akan membuat anak tidak takut untuk mencoba serta berani mengambil risiko.

 

Sumber: Klikdokter.com

Foto: Freepik

 

Untuk informasi dan pendaftaran sekolah Stella Maris School, Hubungi :

Whatsapp : 081389535377
Instagram : @stellamaris.sch
Email : info@stella-maris.sch.id
Video Kegiatan Siswa : Youtube Stella Maris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *