Orang Tua Wajib Tahu! Aspek Kecerdasan pada Anak

Orang Tua Wajib Tahu! Aspek Kecerdasan pada Anak

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa eksplorasi mendukung tumbuh kembang anak. Oleh karenanya Anda sebagai orang tua harus bisa memberikan ruang seluas-luasnya agar buah hati Anda mencoba untuk mengeksplorasi diri. Berikan kesempatan pada mereka dan sebaiknya Anda menahan diri untuk melarang-larang mereka, misalnya karena kotor atau sebab yang lain. Kesempatan yang Anda berikan ini tanpa disadari akan membuat dirinya memiliki kesempatan terbuka untuk lebih belajar banyak hal. Buah hati Anda pun pelan-pelan belajar untuk mengembangkan kemampuan motoriknya sendiri, sehingga akan lebih terlatih dan lebih percaya diri.

Menurut hasil penelitian dari The Early Years Foundation Stages yang dipublikasikan tahun 2007, pada dasarnya ada beberapa aspek kecerdasan yang wajib Anda ketahui:

  • Psikomotorik

Mengembangkan kemampuan psikomotorik buah hati Anda merupakan bagian terpenting. Ini dikarenakan psikomotorik menyangkut perkembangan fisik dan mental. Peran Anda adalah memberikan dukungan kepada buah hati Anda dalam mengembangkan kemampuan psikomotorik, sehingga membentuk kepribadian dirinya menjadi sosok yang lebih percaya diri.

  • Perhatian pada sebuah obyek

Kemampuan memperhatikan yang dimiliki buah hati Anda juga menjadi aspek yang penting. Dari terbiasa memperhatikan, mereka akan belajar berkonsentrasi dalam menyelesaikan tugasnya dengan baik. Untuk mengasah kemampuan ini, Anda bisa membantu dirinya dengan mendukung dan memberikan waktu dalam menyelesaikan tugasnya.

  • Keterampilan berbahasa

Keterampilan berbahasa sangat penting kegunaannya untuk berinteraksi, pembelajaran dan perkembangan sosial anak. Agar mereka mampu mengembangkan keterampilannya, Anda bisa membantu dengan membacakan cerita. Di tengah-tengah cerita, Anda juga bisa melibatkan anak di dalam cerita tersebut. Melalui cerita, ini akan membantu dirinya agar lebih mengenal banyak kosakata baru.

  • Kemampuan menyerap informasi

Salah satu aspek lain yang menjadi bagian terpenting dari pembelajaran buah hati Anda yaitu kemampuan menyerap informasi. Melalui kemampuan tersebut, buah hati Anda akan belajar mengenai berbagai hal. Membuat mereka memiliki ingatan dari beragam pengetahuan hingga pengalaman bersama teman-temannya. Untuk mengasah kemampuan tersebut, Anda bisa sesekali membiarkan dirinya bercerita. Saat anak bercerita, usahakan untuk mendengarkan cerita itu dengan baik agar dirinya pun semakin bersemangat. Cara sederhana seperti ini jika terbiasa dilakukan mampu merespons ingatan buah hati Anda.

  • Kemampuan menyelesaikan masalah

Masalah akan selalu ada, termasuk di usia anak-anak. Kemampuan mereka dalam menyelesaikan masalah akan semakin terbiasa dan diselesaikan dengan baik jika Anda turut mengembangkannya. Anda perlu membantu dan mendukung buah hati Anda agar bisa belajar menyelesaikan masalah. Ajarkan juga hal-hal baru agar mereka terbiasa menyelesaikan masalahnya sendiri.

Sumber: Popmama.com

Foto: Freepik.com

 

Untuk informasi dan pendaftaran sekolah Stella Maris School, Hubungi :

Whatsapp : 081389535377
Instagram : @stellamaris.sch
Email : info@stella-maris.sch.id
Video Kegiatan Siswa : Youtube Stella Maris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *