Pandemi Belum Berakhir, Konsumsi Vitamin Ini agar Imun Tubuh Meningkat

Pandemi Belum Berakhir, Konsumsi Vitamin Ini agar Imun Tubuh Meningkat

Bagi banyak orang, saat ini yang paling dibutuhkan adalah imun tubuh yang baik untuk menangkal virus, melawan pandemi Covid-19 yang belum berkesudahan. Imun tubuh alias sistem kekebalan tubuh memang dirancang untuk melindungi tubuh dari serangan virus atau bakteri penyebab penyakit.

Dari kacamata ilmu kesehatan, pada dasarnya imun tubuh bisa ditingkatkan dengan banyak cara, yaitu  menerapkan gaya hidup sehat, konsumsi makanan sehat, dan vitamin. Menerapkan gaya hidup sehat dan memenuhi asupan vitamin bisa membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan maksimal

Nah, berkaitan dengan vitamin, ada beberapa jenis vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh dan dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Lantas, apa saja jenis vitamin yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi?

  • Vitamin A

Vitamin A sering dianggap sebagai jenis vitamin yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Namun, ternyata vitamin A juga penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini berperan dalam pembentukan sel darah putih, yaitu sel yang berfungsi untuk melawan infeksi virus dan bakteri di tubuh. Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung vitamin A adalah brokoli, tomat, hati sapi, ubi jalar, serta wortel.

  • Vitamin B

Selain vitamin A, penting juga untuk memenuhi asupan vitamin B. Jenis vitamin ini tidak hanya bisa menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh serta produksi energi. Asupan vitamin ini bisa dipenuhi dengan konsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, susu, daging ayam dan ikan, serta brokoli dan paprika.

  • Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C bisa membantu meningkatkan kadar antibodi yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Asupan vitamin C bisa didapat dari konsumsi buah seperti pepaya, stroberi, mangga, buah jeruk, dan kiwi. Vitamin ini juga terkandung dalam brokoli, bayam, dan paprika.

  • Vitamin D

Jenis vitamin ini dikenal penting untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, vitamin D ternyata juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Salah satu cara alami untuk mendapatkan vitamin D adalah dengan berjemur saat pagi hari. Selain itu, memenuhi asupan vitamin ini juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, seperti seral, ikan tuna dan salon, serta telur.

  • Vitamin E

Asupan vitamin E juga tidak kalah penting. Jenis vitamin ini banyak mengandung antioksidan yang berperan melindungi tubuh serta menurunkan risiko terjadinya infeksi. Asupan vitamin E bisa didapat kacang-kacangan dan biji-bijian mentah, kacang almond, alpukat, bayam, dan pepaya.

 

Sumber: Halodoc.com

Foto: Freepik

 

Untuk informasi dan pendaftaran sekolah Stella Maris School, Hubungi :

Whatsapp : 081389535377
Instagram : @stellamaris.sch
Email : info@stella-maris.sch.id
Video Kegiatan Siswa : Youtube Stella Maris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *