Pembelajaran Digital, Kecakapan yang Harus Dimiliki Guru

Pembelajaran Digital, Kecakapan yang Harus Dimiliki Guru

Era digitalisasi dalam dunia pendidikan saat ini, terlebih didorong dengan sangat kuat akibat adanya pandemi yang memaksa pembelajaran jarak jauh, menjadikan guru memiliki peran penting. Di samping keahlian dan kecakapan mengajar, guru juga perlu melek dan cakap digital. Keterampilan ini amat penting agar guru dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang ada sekarang. Apalagi anak-anak di era saat ini sudah terbiasa beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital.

Mengutip pendapat Direktur Sekolah Dasar, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Sri Wahyuningsih dari laman Direktorat SD Kemendikbud Ristek “Sekolah dasar merupakan pondasi dan tonggak yang harus benar-benar dipersiapkan. Karena itu guru tidak boleh asal-asalan, tidak boleh asal mengajar, tidak boleh asal anak didik bisa membaca dan menulis saja.โ€

Guru harus benar-benar memahami bagaimana membentuk anak yang siap berdaya saing. Ada enam literasi dasar yang harus dimiliki guru, yaitu:

  1. Literasi baca dan tulis
  2. Literasi numerasi
  3. Literasi sains
  4. Literasi finansial
  5. Literasi digital
  6. Literasi budaya

Guru harus beradaptasi karena industri pendidikan juga ikut terbawa arus revolusi digital, profil guru khususnya jenjang sekolah dasar ke depannya harus mampu beradaptasi dengan era pembelajaran revolusi industri 4.0.

Di era revolusi industri 4.0 ini, pembelajaran mengalami perbedaan dibanding zaman dahulu, yakni:

  • Pembelajaran diarahkan oleh siswa sendiri atau self direct learning
  • Pembelajaran dengan multi sumber belajar
  • Pembelajaran sepanjang hayat atau life long learning
  • Pembelajaran berbasis TIK
  • Pembelajaran yang adaptif
  • Pembelajaran yang dapat membangun cara pandang atau growth mindset

Selain itu ada kecakapan literasi digital, indikator kecakapan literasi digital seperti memproduksi dan mengkomunikasikan informasi, mengkonstruksi pengetahuan, menyaring dan mengelola informasi. Menciptakan kesadaran tentang nilai-nilai tradisional, membaca dan memahami materi yang dinamis, dan menciptakan kesadaran dalam membangun jejaring, berpikir kritis dalam mengambil informasi.

 

Sumber: Kompas.com

Foto: Freepik

Untuk informasi dan pendaftaran sekolah Stella Maris School, Hubungi :

Whatsapp : 081389535377
Instagram : @stellamaris.sch
Email : info@stella-maris.sch.id
Video Kegiatan Siswa : Youtube Stella Maris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *