Pentingnya Memberikan Bekal Life Skill Pada Anak

Pentingnya Memberikan Bekal Life Skill Pada Anak

Sebagai orang tua tentu ingin buah hatinya menjadi anak yang cerdas dan pintar. Namun, selain memberikan bekal untuk menjadi cerdas dan pintar, ada 1 hal lagi yang tidak boleh dilupakan orang tua untuk diajarkan kepada anak, yaitu life skill.

Apa itu life skill? Merujuk salah satu definisi, life skill (kecakapan hidup) adalah kecakapan/keterampilan yang membantu seseorang untuk bisa mengatasi berbagai persoalan sehari-hari yang dihadapi di beragam lingkungan dimana mereka hidup seperti sekolah, rumah, dan lingkungan sekitar.

Dalam situasi tertentu, life skill sangat dibutuhkan untuk bisa bertahan. Ada banyak life skill yang penting untuk diajarkan kepada anak, beberapa diantaranya:

 

1. P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan)

Karena sering cedera atau terluka saat bermain, anak perlu diajari bagaimana mengatasi situasi saat dirinya atau temannya mengalami kondisi darurat.

 

2. Berenang

Life skill yang ini wajib dikuasai karena selain untuk dirinya, kelak anak juga akan mampu menyelamatkan orang lain.

 

3. Mengatur Uang

Selain perkara menabung, yang perlu dipahami adalah pentingnya menghargai uang. Latih si kecil untuk menghitung berapa banyak yang bisa dibelanjakan, ditabung, dan yang bisa dihasilkan dengan bekerja.

 

4. Bela Diri

Karena orang tua tidak mungkin selalu ada untuk melindungi si kecil, penting baginya untuk tahu bagaimana melindungi diri sendiri. Life skill ini dapat dikembangkan lagi dengan mengikutkan dalam kursus bela diri.

 

5. Mengatur Waktu

Awali dengan memberikan rutinitas. Setiap hari, si kecil harus tahu kapan waktu tidur, makan, mandi, dan sebagainya. Kemudian, biasakan anak mengerjakan sesuatu dalam target waktu, misalnya makan harus selesai dalam 20 menit, bersiap-siap belajar dalam 15 menit, dan seterusnya. Semakin dewasa, anak akan makin terlatih untuk mengatur waktunya secara efektif.

 

Saat ini Sekolah Stella Maris sudah mulai melaksanakan pembelajaran untuk tahun ajaran baru 2020/2021. Mengingat saat tulisan ini dibuat, pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir, metode yang ditempuh Sekolah Stella Maris adalah pembelajaran jarak jauh atau juga sering disebut dengan istilah home learning. Sesuai dengan visi dan misi Sekolah Stella Maris yang tidak hanya memberikan pembelajaran yang sifatnya akademis, namun juga pendidikan karakter serta entrepreneur, maka kepada siswa selalu diberikan pembelajaran yang akan bisa mengasah life skill mereka. Kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua menjadi landasan pembelajaran life skill.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *