Ini 9 Permainan Anak Balita Yang Seru Dimainkan Bersama Orang Tua

Ini 9 Permainan Anak Balita Yang Seru Dimainkan Bersama Orang Tua

Usia Balita adalah masa di mana anak tumbuh dengan pesat dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Karena itulah momen orang tua bermain bersamanya menjadi sangat penting untuk membentuk anak menjadi pribadi yang cerdas dan aktif. Salah satunya adalah menyediakan permainan anak yang sesuai.

Di era modern ini, anak-anak sedari kecil memang sudah mulai pandai mengoperasikan gawai. Bahkan sebagian orang tua ada yang lebih senang melihat anaknya duduk diam bermain gawai daripada rewel mengajak bermain. Padahal bermain bersama anak bisa bisa memberi banyak manfaat, bukan hanya bagi anak tapi juga orang tua.

Permainan Anak Balita Yang Bisa Dimainkan Bersama Orang Tua

Menyempatkan bermain bersama anak merupakan salah satu cara mendidik anak yang baik. Lagipula untuk bermain bersamanya, Anda juga tidak harus meluangkan banyak waktu pergi ke mall ataupun taman bermain. Cukup dengan mengajak si kecil bermain bersama di rumah, hal ini sudah bisa menjadi momen yang spesial.

Lantas, permainan apa saja yang seru dimainkan bersama anak? Berikut ini beberapa permainan anak yang bisa Anda lakukan:

Bermain Air Saat Mandi

Waktu mandi juga bisa Anda jadikan sebagai waktu bermain air bersama yang menyenangkan bagi anak. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan media spons atau mainan anak yang tahan air. Jadi Anda bisa memanfaatkan waktu bersama anak sebaik mungkin untuk mengajaknya bermain.

Bermain Tebak-Tebakan

Walaupun terlihat sederhana, namun siapa sangka jika bermain tebak-tebakan dengan balita ternyata juga punya banyak manfaat baik. Selain mudah dilakukan, permainan anak ini juga dapat melatih anak untuk berpikir kritis dan menambah pengetahuan kosa katanya. Dengan bermain tebak-tebakan, Anda tidak hanya bisa menghabiskan waktu bermain tapi juga belajar bersama.

Mencari Suara Mainan

Mainan anak usia balita biasanya dapat mengeluarkan suara atau bunyi-bunyian seperti boneka, robot-robotan atau sejenisnya. Anda bisa bermain bersama anak dengan cara menyembunyikan mainan tersebut dalam keadaan berbunyi untuk kemudian mintalah anak mencarinya. Ketika ia berhasil menemukannya, berikan apresiasi pada usahanya dengan bertepuk tangan.

Bermain Mobil-Mobilan

Anak-anak sangat menyukai mainan ini, terutama anak laki-laki. Untuk bermain permainan ini, Anda hanya mobil-mobilan saja. Sementara cara mainnya, Anda bisa mendudukkan si kecil berhadapan dengan Anda. Lalu arahkan mobil-mobilan pada anak dan minta ia mengarahkannya kembali pada Anda. Bermain mobil-mobilan akan mengajari anak konsep untuk berbagi dan bergantian.

Bermain Peran

Bermain peran tidak hanya menyenangkan untuk dilakukan. Disamping kita bisa melihat tingkah lucu anak, bermain peran juga dapat meningkatkan skill kognitif anak baik dalam menerima maupun memberi informasi. Anda bisa mengajaknya bermain peran menjadi guru, dokter, chef, atau penyanyi. Dalam permainan anak ini Anda bisa sekaligus mengenalkan ia dengan berbagai profesi.

Bermain Petak Umpet

Meski permainan ini terkesan klasik, bermain petak umpet ternyata bagus untuk meningkatkan beberapa aspek psikologi pada otak balita. Permainan yang satu ini akan membuat imajinasi dan intuisi anak berkembang serta melatih fokusnya. Untuk bermain, mintalah anak mencari Anda sembari Anda bersembunyi.

Permainan Membuat Kue

Daripada terganggu dengan rengekan si kecil yang mengajak bermain atau malah repot menghalang-halanginya agar tidak mendekat saat Anda sedang memasak atau membuat kue, sebaiknya ajak saja balita untuk membuat bersama. Dengan permainan ini, anak akan menjadi lebih menghargai makanan dan membuatnya bisa membedakan mana makanan yang baik dan buruk.

Permainan Salon

Untuk anak perempuan, jenis permainan anak yang satu ini pasti akan sangat menyenangkan. Untuk bermain, Anda butuh satu set perlengkapan salon mainan lalu posisikan Anda sebagai pelanggan salon sementara anak adalah penjaganya. Dalam permainan ini, Anda bisa mengenalkan anak dengan beberapa barang dan menambah pengetahuan baru untuknya.

Berkemah Di Rumah

Jika Anda sedang dalam kondisi yang tidak optimal, permainan yang bisa Anda lakukan adalah berkemah di dalam rumah. Bangunlah sebuah tenda sederhana dari peralatan yang ada dan mintalah anak menjadi seorang pemandu yang akan menceritakan hal-hal menarik selama di dalam tenda.

Manfaat Orang Tua Bermain Bersama Anak

Waktu bermain bersama anak harusnya menjadi waktu yang menyenangkan dan juga bermanfaat bagi orang tua dan anak. Itulah mengapa para orang tua sebaiknya jangan terlalu sering membiarkan anak bermain sendirian apalagi memegang gadget terlalu lama. Setidaknya, selalu usahakan Anda bisa menemaninya bermain permainan yang membuatnya senang. Sebab hal ini ternyata dapat memberi banyak manfaat bagi anak dan orang tua, seperti berikut ini:

Membantu Mengembangkan Bakat

Pada usia balita, anak mulai menunjukkan ketertarikan dan bakatnya pada suatu bidang. Untuk itu, Anda perlu membantunya mengembangkan potensi tersebut agar bakatnya semakin terasah. Misalnya jika anak memiliki ketertarikan dengan musik, Anda bisa mengajaknya bermain alat musik bersama atau bernyanyi.

Menambah Kedekatan Antara Orang Tua dan Anak

Dengan Anda meluangkan waktu bergabung dengan permainan anak, hubungan Anda dengan si kecil akan semakin dekat. Anak akan merasa nyaman bersama Anda sehingga ia pun akan mencurahkan perasaan dan apa yang ia pikirkan pada Anda. Hal ini tentu akan menambah kedekatan emosi lebih antar keduanya.

Melatih Kemampuan Berkomunikasi Anak

Saat bermain bersama, otomatis Anda dan si kecil akan melakukan komunikasi dua arah. Anak akan berusaha mengekspresikan apa yang ia pikirkan dan Anda akan berusaha menanggapinya. Dalam hal ini, anak bisa bermain sekaligus juga belajar berbicara dengan Anda. Anda bisa melatih kemampuannya bicara dengan mengajarkan satu per satu kata dan ia akan coba menirukannya. Cara ini terbukti sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi verbal anak di masa pertumbuhannya terutama pada usia balita.

Bermain Sambil Menjaga

Bermain bersama anak berarti sama dengan menjaga anak bermain dengan cara yang menyenangkan. Jadi si kecil tidak akan merasa diawasi hingga membatasi ruang geraknya. Sehingga Anda bisa menjaga anak bermain tanpa membuatnya merasa tidak nyaman ataupun mengganggu permainan anak.

Mengembangkan Karakter Anak

Ketika anak berperan sebagai subjek dalam permainan, hal ini akan mendukung ia untuk lebih berani tampil dan menyampaikan pikirannya. Anak juga akan jadi terdorong untuk mencoba memecahkan masalah yang dihadapi selama bermain. Biarkan anak bebas menyampaikan apa yang ada dipikirannya untuk membantu mengembangkan karakter anak lebih percaya diri dan berani.

Membangun Suasana Lebih Bahagia

Disadari atau tidak, saat sedang asik bermain bersama, baik anak ataupun orang tua akan merasa lebih bahagian. Bagi Anak, bermain sambil ditemani orang tua akan membuatnya lebih senang dibanding bermain sendirian. Sementara bagi orang tua, bermain bersama si kecil akan membuat beban stres hilang dan bisa membuat suasana terasa jauh lebih menyenangkan.

Yang perlu diingat saat bermain permainan anak bersama anak, jangan posisikan diri sebagai orang tua. Jadikan diri Anda bertindak sebagai teman dan biarkan ia berkreasi serta memimpin permainannya sendiri. Orang tua hanya perlu membimbing dan mengarahkan serta mengawasinya dari belakang.

Referensi : A to Z Activities for Kids and Parents to Enjoy Together

____________________________________

Stella Maris School adalah sekolah internasional dan nasional untuk anak KB/TK hingga SMA. Salah satu visi Stella Maris yaitu “Menjadi Sekolah Dasar Terdepan dalam Penanaman Karakter Berlandaskan Iman Kristiani”. Tidak hanya mengembangkan kemampuan akademis tapi juga non akademis sesuai usia dan talenta siswa dengan tetap memperhatikan sisi psikologis. Hubungi kami untuk bertanya lebih lanjut tentang pengajaran di Stella Maris, pendaftaran sekolah ataupun beasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *