Playgroup merupakan pendidikan formal pertama anak Anda, maka itu pemilihannya yang tepat sangatlah penting untuk memastikan tumbuh kembang anak baik.

 

Playgroup atau yang biasa dikenal dengan istilah PAUD merupakan jenjang pendidikan paling awal. Karena PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) adalah lembaga pendidikan formal pertama untuk anak, maka Anda perlu cermat dan berhati-hati saat memilihnya. Ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah Memilih Sekolah untuk Anak! Simak 3 Tips Ini!

Misalnya dari segi kurikulum pendidikan yang diterapkan, ketersediaan fasilitas pendukung aktivitas belajar, jarak sekolah, biaya, hingga perkembangan anak sendiri. Sebagai orang tua, Anda patut memiliki berbagai pertimbangan tersebut agar tak salah pilih. Berikut beberapa pertimbangan penting sebelum memilih Kelompok Bermain untuk buah hati tercinta.

 

Kenali Perkembangan Anak

Perkembangan si kecil memainkan peran yang besar saat Anda memutuskan hendak mendaftarkannya ke preschool. Ketertarikan si kecil dalam melakukan suatu hal biasanya sudah terlihat dari kecil. Memperhatikan setiap perkembangannya, Anda dapat menentukan jenis playgroup yang sesuai untuk si kecil. Hal ini mengingat banyaknya preschool dengan fokus yang berbeda-beda.

Kelompok Bermain kini muncul dengan karakteristik masing-masing. Jadi, Anda perlu menyesuaikan sekolah mana yang paling tepat dengan potensi dan karakter anak. Dengan begitu, kemampuan si kecil dapat tersalurkan dengan baik serta dukungan fasilitas yang ada. Hal ini sangat penting sebelum memasuki playgroup.

 

Memperhatikan Usia Anak

Tak hanya kemampuan dan potensi anak, Anda juga perlu memperhatikan usianya. Secara umum, playgroup menerima siswa dengan usia minimal 2,5 tahun. Maka, sebaiknya tidak mendaftarkan si kecil ke preschool sebelum usia tersebut. Namun ketika anak sudah berumur 2,5 tahun, sebaiknya Anda tak terburu-buru memasukkan mereka ke sekolah.

Perhatikan terlebih dahulu apakah si kecil siap memasuki dunia sekolah. Hal ini bisa terlihat dari beberapa tanda. Contohnya keahlian anak dalam bersosialisasi dengan teman-temannya. Jika ia sudah mulai menunjukkan sikap mandiri dan terbuka dengan interaksi, maka hal itu dapat dijadikan indikator bahwa anak siap masuk playgroup.

 

Melihat Kurikulum dan Memperhatikan Jarak Serta Pertimbangkan Biaya Sekolah

Hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam memilih preschool yaitu melihat kurikulum sekolah. Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai sekolah termasuk yang berkaitan dengan kurikulumnya. Hindari memilih playgroup yang membebankan kemampuan tertentu kepada anak seperti membaca, menulis, dan berhitung. Karena hal ini tidak sesuai dengan tujuan preschool.

Usia balita adalah waktu untuk mengeksplorasi diri sebanyak mungkin. Dengan menjamurnya preschool di Indonesia, kini banyak sekolah yang menawarkan basis kurikulum beragam. Misalnya sekolah berbasis alam, pendidikan agama, bahasa asing, dan sebagainya. Untuk itu, sesuaikan dengan kepribadian anak dan tujuan Anda.

Dalam memilih playgroup, Anda juga patut memperhatikan jarak sekolah dari rumah. Sebaiknya pilihlah Kelompok Bermain yang letaknya tak begitu jauh dari rumah agar anak tak kelelahan di perjalanan. Selain itu, pilihlah sekolah yang lingkungannya nyaman, sehat, dan tidak membahayakan keselamatan anak.

Tak bisa dipungkiri bahwa biaya adalah aspek penting saat memilih playgroup untuk si kecil. Memilih pendidikan terbaik untuk anak memang penting. Namun sebaiknya hindari memilih preschool yang terlalu memberatkan finansial Anda. Kini banyak pilihan sekolah dengan fasilitas memadai dengan biaya bervariasi. Sesuaikan sekolah anak dengan kondisi keuangan Anda.

 

Pendidikan anak sejak usia dini memang penting karena akan berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya di masa mendatang. Untuk itu, Anda patut memilih sekolah yang tepat sesuai dengan berbagai aspek pertimbangan di atas. Jika pemilihan playgroup tepat, maka Anda tak perlu khawatir saat mempercayakan pendidikan sang buah hati kepada sekolah tersebut.

Baca Juga: Anak Susah Menghafal? Simak 5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

Stella Maris School adalah sekolah dengan kurikulum nasional & internasional dengan jenjang pendidikan: TK, SD, SMP dan SMA (Preschool, Primary, Secondary, & IB Diploma) yang berlokasi di Bumi Serpong Damai, Green Lake Town, Summarecon Serpong; JST Residence dan Pantai Indah Kapuk. Selain pendidikan berstandar internasional, Stella Maris mementingkan tumbuh kembang anak secara rohani dan jasmani.

Untuk mendapatkan informasi tambahan seputar pendidikan dan tumbuh kembang anak, silahkan berkunjung ke blog kami atau email kami di info@stella-maris.sch.id untuk informasi seputar pendaftaran sekolah maupun kurikulum pelajaran yang tersedia di Stella Maris!

  • Post author:
  • Reading time:5 mins read