Peter Chandra Gunawan, akrab dipanggil Peter, adalah salah satu alumni Stella Maris School BSD yang di usia terbilang muda (generasi milenial) berhasil membangun sebuah bisnis yang tetap bertahan bahkan terus berkembang hingga saat ini, yaitu Ohana Enterprise. Peter adalah pemilik sekaligus CEO dari perusahaan tersebut.

Tahun 2002, selepas lulus dari sekolah dasar, kedua orang tua Peter memberi kesempatan untuk menempuh pendidikan di SMP Stella  Maris BSD. Lulus dari SMP tahun 2005, ia melanjutkan ke SMA Stella Maris BSD sampai tahun 2008.

Peter merasa sangat beruntung dan tidak salah pilih ketika menjadikan Stella Maris sebagai tempat menempuh pendidikan sekolah menengah. Banyak sekali pengalaman berharga yang ia peroleh. Sebagai seorang siswa yang merasa tidak terlalu menonjol di bidang akademis, ia mendapatkan sesuatu di luar akademis yang tidak didapatkan teman-temannya yang bersekolah di tempat lain, seperti dorongan dari para guru untuk jago dalam event, menguasai public speaking, mengelola berbagai acara hingga jadi menarik, dan belajar punya jiwa entrepreneur. Stella Maris School memberinya peluang dan ruang untuk berkreasi. Ia beberapa kali dipercaya menjadi ketua pensi, tim acara, atau bagian-bagian penting dari kegiatan sosial di Stella Maris School. Hal-hal tersebut menjadi modal yang sangat penting ketika membangun bisnis yang ditekuni saat ini.

Berbekal kecintaan yang besar pada dunia event, Peter memilih jalan menjadi seorang entrepreneur dengan mendirikan perusahaan yang bergerak di wedding organizer. Apa yang ia dapatkan di Stella Maris School diakui sangat menolong dalam membangun bisnis tersebut. Rasa percaya diri yang tinggi, bagaimana berbicara di depan ratusan orang, menjadi MC sebuah acara, hingga menjadi ketua panitia pensi merupakan pengalaman yg tak terlupakan.

Pada awal-awal mendirikan Ohana Enterprise di 2014, banyak orang yang menyangsikan atau meragukan, bahkan mencibir karena dianggap belum berpengalaman. Namun dengan tekad yang kuat ditambah kerja keras, Peter berhasil membuktikan bahwa ia bisa menjadi entrepreneur sukses. Ia memiliki prinsip kalau entrepreneur hebat lain bisa, ia juga harus bisa. Berkat kebaikan, kemurahan, kasih karunia Tuhan ditopang oleh motivasi serta spirit of entrepreneurship yang tinggi menjadikan Ohana Enterprise bisa seperti sekarang, dengan tenaga full timer hampir 120 orang dan freelancer ribuan orang. Sudah enam tahun perjalanan Ohana Enterprise dan setiap tahun berhasil “menikahkan” 1000 – 1500 pasangan pengantin yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Balikpapan, Bandung, Lampung, dan Jawa Timur.

Sebagian mimpi Peter boleh dibilang sudah menjadi kenyataan saat ini. Di usia yang sekarang, masih banyak mimpi yang ingin ia wujudkan. Pesan penting yang ingin ia sampaikan adalah jiwa entrepreneur tidak lahir begitu saja, tapi harus dipupuk. Memilih bersekolah di Stella Maris School menjadikan jiwa entrepreneur Peter semakin terasah. Ada dua filosofi yang selalu ia pegang dalam berwirausaha dan juga dalam kehidupan yaitu “Competitor make you bigger, better and stronger” dan “Never stop dreaming, thinking and learning”. Menjadi entrepreneur bagi seorang Peter Chandra Gunawan bukan semata-mata menyangkut urusan ekonomi, namun yang lebih penting dari itu adalah bisa berguna serta bermanfaat bagi banyak orang.

Ikuti perbincangan selangkapnya di Stema TV dengan Klik Link pada gambar dibawah ini

 

  • Post author:
  • Reading time:3 mins read