Pola Asuh Agar Anak Bermental Tangguh

Pola Asuh Agar Anak Bermental Tangguh

Semua orang tua pasti akan mengakui bahwa parenting bukanlah hal yang mudah. Makin kompleks lagi di masa pandemi seperti yang kita alami sekarang. Kecemasan, ketidakpastian menghantui hampir setiap orang. Terlebih ketika saat ini kasus penularan mengalami lonjakan yang luar biasa.

Membesarkan anak-anak yang tangguh di saat seperti ini, jelas membutuhkan komitmen kuat dari orang tua. Mengejar pola asuh yang sempurna tentu tidak realistis. Namun orang tua bisa memilih untuk memberikan contoh bahwa kesalahan dan kegagalan bisa menjadi peluang baru untuk pertumbuhan. Menghargai dan mengajarkan anak untuk memiliki rasa syukur di tengah situasi yang serba tidak mudah ini.

American Academy of Pediatrics memberikan tips untuk membantu parenting di masa pandemi:

  • Menjawab pertanyaan dengan sederhana dan jujur

Bicaralah dengan anak-anak tentang berita menakutkan yang mereka dengar. Tidak masalah untuk mengatakan adanya orang sakit, tetapi ingatkan mereka bahwa mematuhi protokol kesehatan akan membantu seluruh keluarga sehat.

  • Kenali perasaan anak dan beri contoh cara mengelola perasaan

Misalnya, katakana,”Mama khawatir dengan nenek karena tak bisa mengunjunginya. Mama akan memasang pengingat untuk meneleponnya tiap pagi dan sore hari, sampai kita aman untuk menengoknya.”

  • Lebih sering memberikan pelukan ekstra

Katakan,”Mama sayang kepadamu”, terutama kepada anak yang lebih kecil.

  • Tetap menjaga rutinitas yang sehat

Contohnya: bangun pagi, berpakaian, sarapan dan bergerak aktif pada pagi hari, mengerjakan tugas sekolah, bertemu teman secara daring, mengerjakan pekerjaan rumah, juga waktu tidur dan rutinitas lainnya. Hal tersebut menciptakan rasa keteraturan pada hari yang menawarkan kepastian dalam waktu yang sangat tidak pasti.

  • Tahu kapan harus tidak merespons

Selama anak tidak melakukan sesuatu yang berbahaya dan mendapat perhatian untuk perilaku yang baik, mengabaikan perilaku buruk bisa menjadi cara yang efektif untuk menghentikannya.

  • Hindari hukuman fisik

Menampar, memukul, dan lainnya berisiko cedera dan tidak efektif. Hukuman fisik dapat meningkatkan agresi pada anak-anak dari waktu ke waktu, gagal mengajari mereka untuk berperilaku ataupun melatih pengendalian diri, dan bahkan dapat mengganggu perkembangan otak yang normal. Hukuman fisik dapat menghilangkan rasa aman dan nyaman seorang anak di rumah, yang sangat dibutuhkannya saat ini.

 

Sumber: Kompas.id

Foto: Freepik

 

Untuk informasi dan pendaftaran sekolah Stella Maris School, Hubungi :

Whatsapp : 081389535377
Instagram : @stellamaris.sch
Email : info@stella-maris.sch.id
Video Kegiatan Siswa : Youtube Stella Maris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *