Saat ini, orang tua mulai sibuk mencarikan sekolah untuk sang buah hati. Beruntung, sekarang sudah ada PPDB online. Dengan sistem ini, orang tua bisa memilih sekolah untuk anaknya dengan cara yang lebih efektif.

Akan tetapi, bukan hanya orang tua saja yang mendapatkan manfaat dari munculnya sistem pendaftaran online ini. Ada masalah yang harus diselesaikan di dunia pendidikan. Dan masalah tersebut ternyata bisa diselesaikan dengan adanya sistem pendaftaran online ini.

Kelebihan dari Sistem PPDB Online

Sekilas memang yang paling diuntungkan adalah pihak orang tua. Karena mereka tidak perlu datang ke sekolah dan mengantri panjang untuk mendaftarkan anak mereka.

Akan tetapi, ada kelebihan atau manfaat yang lebih tidak hanya sekedar dirasakan oleh orang tua. Yang pertama, mencegah KKN. Disinyalir, selama ini ada oknum tertentu yang bermain di wilayah sekolah. Yaitu oknum yang memperjual-belikan kursi sekolah. Artinya, oknum tersebut bisa membuat calon siswa diterima di sekolah yang diinginkan dengan cara orang tua harus memberikan sejumlah uang.

Ini bukan praktik yang biasa. Sebenarnya, banyak ditemukan praktik semacam ini terutama di sekolah-sekolah unggulan. Dan beruntung sekali. Dengan adanya PPDB online, tidak ada celah bagi oknum untuk melakukan kegiatan buruknya tersebut.

Karena melalui sistem online, semuanya terbuka. Orang tua mana saja bisa mengakses dan mengetahui apakah anaknya layak untuk diterima dan memenuhi syarat atau tidak. Jika memenuhi syarat, maka anak langsung bakal diterima.

Selain itu, proses seleksi lebih baik. Setiap sekolah pasti punya standard sendiri. Sekolah unggulan akan melakukan seleksi agar calon siswa yang diterima adalah calon siswa yang sesuai dengan syarat yang mereka tentukan.

Dan proses seleksi ini menjadi lebih efektif dan transparan ketika dilakukan secara online. Tidak akan ada manipulasi data. Sehingga siswa yang diterima memang sesuai dengan yang disyaratkan oleh sebuah instansi sekolah.

Jelas kan bahwa PPBD secara online ini tidak hanya bagus untuk orang tua tapi juga semua stakeholder.

Alur Mendaftarkan Calon Siswa

Lalu, bagaimana langkah-langkah melakukan pendaftaran siswa baru secara online? Mudah sekali. Berikut ini alur yang orang tua harus ikuti:

1.Mengambil Formulir Pendaftaran

Orang tua harus melakukan pengambilan formulir pendaftaran di sekolah. Orang tua tetap harus datang ke sekolah dan meminta formulir pendaftaran.

2.Menyiapkan Persyaratan

Sama seperti sebelum-sebelumnya. Orang tua harus membawa semua syarat yang dibutuhkan untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah.

3.Menyerahkan Kembali ke Pihak Sekolah

Setelah formulir di isi dan syarat-syarat sudah terpenuhi, langkah selanjutnya adalah menyerahkan kembali ke pihak sekolah. Petugas akan melakukan input data sesuai dengan formulir yang sudah diisi.

4.Mendapatkan Verifikasi

Setelah petugas melakukan input data, selanjutnya orang tua akan mendapatkan verifikasi. Ini merupakan bukti bahwa orang tua sudah mendaftarkan anaknya di sekolah tertentu.

Di sini, bukti pendaftaran yang sudah terverifikasi harus disimpan baik-baik. Karena bukti inilah yang digunakan di kemudian hari.

Ada juga cara lain yang jauh lebih mudah. Orang tua tinggal masuk ke sistem PPDB online daerah masing-masing. Kemudian, lakukan pendaftaran secara online dengan cara mengisikan berbagai informasi dan data diri sesuai yang diinginkan.

Setelah proses pendaftaran selesai, orang tua bisa login dan mengisikan apa saja yang dibutuhkan. Silakan isi sebenar-benarnya lalu print out. Cetakan dokumen pendaftaran tersebut dibawa ke sekolah dengan membawa persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan untuk diverifikasi oleh pihak sekolah.
Dari dua alur tersebut, kira-kira mana yang paling mudah untuk dipilih?

Persyaratan PPDB Online yang Harus Dipenuhi

Sebelum melakukan pendaftaran, sebaiknya orang tua mencari tahu dulu apa saja persyaratan yang harus dipenuhi. Dengan demikian, orang tua tidak perlu bolak-balik ke sekolah untuk melakukan pendaftaran.
Berikut ini syarat-syarat pendaftaran siswa baru:

1.Warga Negara Indonesia (WNI)

Semua calon peserta didik harus menunjukkan bahwa mereka adalah Warga Negara Indonesia atau WNI. Ini bisa dibuktikan dengan melampirkan dokumen seperti KK dan Akta Kelahiran.

Bagi WNA, boleh saja mendaftar di sekolah yang ada di seluruh Indonesia. Sekarang, banyak sekali murid yang notabene bukan warga negara Indonesia yang harus tinggal di Indonesia. Misalnya saja mereka anak seseorang yang harus bekerja di Indonesia. Mau tidak mau, mereka harus bersekolah di Indonesia.

Untuk WNA, ada syarat lain yang harus dipenuhi, yaitu surat keterangan dari direktur jenderal di bidang pendidikan. Ini sebagai tanda bahwa sudah ada ijin dari negara agar WNA boleh menjadi siswa sekolah di Indonesia.

2.Usia Calon Peserta Didik

Sekarang, syarat diterimanya siswa semakin diperketat, terutama untuk masuk SD atau Sekolah Dasar. Anak akan diterima di sekolah SD jika usianya mencapai 5 tahun per 1 Juli. Dan ini harus dibuktikan dengan Akta Kelahiran anak.

Namun, khusus untuk anak yang menyandang disabilitas, syarat minimal usia tidak diberlakukan. Ada sedikit kelonggaran untuk anak dengan kebutuhan khusus.

3.Sistem Zonasi

Kenapa harus membawa KK saat melakukan pendaftaran PPDB online? Karena KK ini yang akan menjadi bukti bahwa seorang anak memenuhi syarat untuk menjadi calon peserta didik.

Sekarang ini, sudah ada peraturan mengenai zonasi. Peraturan ini pada intinya mendorong agar siswa yang berada di zona tertentu yang dekat dengan sekolah lebih diutamakan. Tujuannya adalah agar anak tidak memilih sekolah yang terlalu jauh dari tempat tinggal sehingga menyebabkan ekses yang lain, misalnya saja kemacetan karena banyak anak bersekolah di sekolah yang jauh dari tempat tinggal, biaya sekolah yang mahal karena harus mengeluarkan ongkos transportasi, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan juga bahwa anak bisa memilih sekolah di zona lain atau bahkan kota lain. Hanya saja, porsinya terbatas.

4.Piala dan Piagam

Jika anak memiliki prestasi, maka anak tersebut bisa membawa piala atau piagam sebagai bukti. Anak jalur prestasi sebesar 30%. Artinya, jika anak berpreastasi, ada peluang yang lebih lebar bagi anak tersebut untuk diterima di sekolah yang diinginkan. Oleh sebab itu, ketika mendaftar PPDB online, piala atau piagam bisa dibawa sebagai bukti.

Sekarang, orang tua lebih mudah ketika ingin mendaftarkan anaknya ke sekolah pilihan. Dengan adanya PPDB secara online ini, diharapkan proses penerimaan siswa baru lebih transparan. Mereka yang berhak bisa diterima, tidak didzolimi oleh orang yang tidak berhak tapi diterima karena menyuap.

Dan tujuan akhirnya sebenarnya adalah kualitas pendidikan. Pendidikan tidak akan berkualitas jika prosesnya diawali dengan hal-hal yang kurang baik. Semuanya harus mempraktikkan hal yang baik, mulai dari orang tua, siswa, dan juga penyelenggara pendidikan.

Karena sekolah tidak hanya menjadi tempat di mana intelektual berada tapi juga tempat di mana semua orang punya akhlak yang baik. Dan proses PPDB online ini menjadi pintu masuknya.

Referensi : SIAP PPDB

____________________________________

Stella Maris School adalah sekolah internasional dan nasional untuk anak KB/TK hingga SMA. Salah satu visi Stella Maris yaitu “Menjadi Sekolah Dasar Terdepan dalam Penanaman Karakter Berlandaskan Iman Kristiani”. Tidak hanya mengembangkan kemampuan akademis tapi juga non akademis sesuai usia dan talenta siswa dengan tetap memperhatikan sisi psikologis. Hubungi kami untuk bertanya lebih lanjut tentang pengajaran di Stella Maris, pendaftaran sekolah ataupun beasiswa.

  • Post author:
  • Reading time:6 mins read