5 TIPS MEMILIH PRESCHOOL DAN DAYCARE DI JAKARTA

5 TIPS MEMILIH PRESCHOOL DAN DAYCARE DI JAKARTA

Keberadaan daycare menjadi solusi terbaik bagi para orang tua yang memiliki aktivitas padat dan menginginkan hal terbaik untuk si buah hati. Akan tetapi, dalam memilih preschool maupun daycare di Jakarta tentu tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar mendapatkan pelayanan yang prima. Apa sajakah tips tersebut? Berikut beberapa di antaranya yang perlu diperhatikan.

Perhatikan lokasinya

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika memilih preschool dan daycare yakni mengenai lokasi. Anda bisa memilih lokasi yang dekat dengan rumah atau dekat dengan kantor Anda. Ini akan memudahkan Anda ketika menjemput si buah hati sepulang kerja. Anda pun dapat dengan mudah mengontrol buah hati kapan pun.

Setelah itu, perhatikan pula fasilitas yang disediakan oleh preschool dan daycare yang dipilih. Misalnya adanya lemari es untuk menyimpan makanan anak. Kemudian perhatikan fasilitas lainnya seperti ruangan yang ramah anak, taman bermain dan apakah mendapatkan makan di siang hari dan sebagainya.

Kredibilitas preschool dan daycare

Setelah mengetahui lokasi yang tepat, kini saatnya pula bagi Anda untuk mengecek kredibilitas preschool dan daycare yang akan dipilih. Pastikan lembaga tersebut sudah mengantongi izin operasional yang resmi dari pemerintah dan lembaga terkai lainnya.

Preschool dan daycare Jakarta Pusat yang baik juga dilengkapi dengan tenaga ahli. Tidak hanya pengasuh saja melainkan juga tenaga lain seperti dokter anak, psikolog anak maupun ahli nutrisi anak.

Mengapa hal ini penting? Sebab ketika terjadi masalah antara Anda dengan pihak manajemen yang belum memiliki izin tentu akan menyulitkan Anda untuk memprosesnya.

Mengenai izin preschool dan daycare di Indonesia sebenarnya sudah tertuang dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dengan adanya izin tersebut akan membuat orang tua menjadi tenang.

Rasio pengasuh anak juga penting

Lalu, tips berikutnya dalam memilih daycare Jakarta Pusat Anda bisa mempertimbangkan rasio pengasuh anak yang ada. Secara ideal, satu orang pengasuh dapat menjaga dan mengasih dua orang anak dengan usia di bawah satu tahun.

Sementara untuk anak yang berusia di atas empat tahun, satu pengasuh dapat menjaga dan mengasuh lima anak.

Dengan komposisi yang tepat seperti dijelaskan di atas, maka pola asuh anak akan semakin optimal. Di samping itu, kebutuhan anak terpenuhi.
Termasuk pula dalam mengelola tingkat emosional anak dan mereka juga mendapatkan kasih sayang yang cukup.

Kurikulum yang berlaku dan sesuai dengan anak

Banyak orang beranggapan jika daycare dan preschool tidak memiliki sistem yang terpadu. Padahal hal tersebut tidak benar. Justru banyak daycare dan preschool Jakarta Pusat yang memiliki sistem kurikulum terpadu. Inilah yang menjadi pertimbangan berikutnya bagi Anda untuk mendapatkan yang terbaik.

Beberapa kurikulum yang diterapkan di antaranya adalah kurikulum nasional, montessori, maupun kurikulum lainnya. Apapun bentuk kurikulum tersebut, yang terpenting adalah sesuaikan dengan tumbuh kembang anak dan cocok dengan nilai-nilai keluarga.

Usahakan pula untuk tidak membebani anak dengan kegiatan yang terlalu padat agar mereka senantiasa terjaga kondisi kesehatannya maupun sisi psikologis.

Biaya dan keterbukaan pihak manajemen dengan orang tua

Terakhir, hal yang perlu diperhatikan ketika memilih preschool dan daycare di Jakarta Pusat adalah mengenai biaya. Terkadang ada lembaga daycare dengan playgroup dan biayanya sudah termasuk dengan daycare. Namun, ada juga daycare dengan teknis yang berbeda dan terpisah.

Dengan demikian, apabila ingin mengikuti kelas pagi Anda sebagai orang tua harus membayar biaya bulanan tambahan. Kemudian, ada juga biaya overtime setiap 15 menit hingga satu jam. Maka dari itu Anda harus memperhitungkan dengan benar mengenai biaya ini.

Selain biaya, keterbukaan antara manajemen preschool Jakarta dengan orang tua menjadi penting. Ini dikarenakan, ketika terjadi kesalahan Anda bisa meminta pihak daycare untuk tidak menutupinya.

Selain itu mereka juga perlu menyikapi kritik dan keluhan orang tua dengan baik. Begitu pula Anda pun harus bersedia menerima saran maupun masukan serta mematuhi peraturan daycare dan preschool tersebut.

Itulah beberapa tips yang setidaknya bisa Anda jadikan pedoman sebelum memilih preschool dan daycare di Jakarta Pusat. Semoga bermanfaat!

Referensi : Tips Memilih Daycare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *