MENGAPA ANDA PERLU MENGIKUTI PROGRAM FOUNDATION SEBELUM KULIAH KE LUAR NEGERI?

MENGAPA ANDA PERLU MENGIKUTI PROGRAM FOUNDATION SEBELUM KULIAH KE LUAR NEGERI?

Program foundation merupakan jembatan terbaik yang perlu dilalui ketika Anda berencana untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Program ini biasanya diselenggarakan oleh universitas yang bertujuan untuk mempersiapkan calon mahasiswa baru, sebelum memulai perkuliahan di level sarjana.

Lantas, mengapa program foundation perlu diikuti sebelum kuliah ke luar negeri? Penjelasan berikut akan membantu Anda memahami pentingnya foundation studies ini.

Mengenal Program Foundation Lebih Detail

Umumnya program foundation ditujukan untuk calon mahasiswa yang belum memenuhi persyaratan masuk universitas. Artinya, jika terdapat nilai akhir yang tidak memenuhi syarat nilai minimum yang diminta oleh universitas, maka Anda bisa mengikuti program foundation ini.

Beberapa bidang studi yang ditawarkan, yaitu bisnis, seni, ilmu kesehatan, hingga sains. Anda bisa memilih bidang studi yang relevan dengan jurusan yang akan diambil.

Masing-masing universitas memiliki peraturan berbeda terkait program foundation. Namun, sebagian besar universitas menyelenggarakan program ini selama satu tahun penuh sebelum perkuliahan dimulai. Tidak jarang beberapa universitas meminta Anda mengambil enam hingga delapan mata pelajaran. Ini penting dilakukan untuk dapat diterima langsung setelah menyelesaikan program tersebut.

Meningkatkan Kemampuan Bahasa Asing

Kemampuan bahasa asing, terutama bahasa Inggris menjadi modal penting yang harus dikuasai sebelum kuliah ke luar negeri. Karena melalui kemampuan bahasa yang baik, sebagai mahasiswa nantinya Anda lebih mudah mengikuti perkuliahan, memahami materi yang disampaikan dosen, serta mengerjakan tugas serta mencari referensi melalui buku-buku perkuliahan.

Kemampuan berbahasa asing juga sangat dibutuhkan ketika berinteraksi dengan dosen, sesama mahasiswa, serta staf di kampus yang dituju serta masyarakat umum yang ditemui.

Dengan mengikuti program foundation, maka Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk melatih kemampuan berkomunikasi.

Sebagai dampak positifnya, Anda bisa lebih lancar berbahasa asing. Dengan demikian saat perkuliahan dimulai, Anda tidak lagi kesulitan untuk mengaplikasikan kemampuan bahasa asing tersebut.

Mengasah Kepercayaan Diri

Program foundation tidak hanya memudahkan Anda meningkatkan kemampuan bahasa asing. Di sisi lain, kepercayaan diri juga terasah lebih baik. Meski berada di lingkungan baru yang mungkin masih cukup asing, Anda bisa lebih percaya diri dalam berkomunikasi dan melakukan sosialisasi dengan orang-orang yang baru.

Kepercayaan diri yang baik ini tentu akan berpengaruh terhadap prestasi Anda selama mengikuti kuliah di luar negeri.

Terlebih beberapa mata pelajaran di program foundation meminta Anda untuk presentasi atau tampil unjuk gigi di hadapan banyak orang. Kepercayaan diri untuk melakukan public speaking juga akan terbentuk pada saat ini.

Jelas, kesempatan emas dari program foundation bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar Anda bisa lebih percaya diri.

Kesempatan beradaptasi lebih awal

Menyelesaikan kuliah S1 di luar negeri setidaknya membutuhkan waktu 3,5 – 4 tahun. Tentu saja, ini bukan waktu yang singkat untuk tinggal dan menetap di sana. Oleh karena itu, melalui program foundation diharapkan Anda memiliki kesempatan untuk beradaptasi atau menyesuaikan diri lebih awal.

Terutama jika sebelumnya Anda tidak pernah tinggal jauh dari orang tua. Pastinya kuliah di luar negeri menjadi tantangan besar yang harus dihadapi.

Karena memiliki waktu lebih panjang untuk beradaptasi, saat proses perkuliahan dimulai Anda tidak lagi merasa ‘kaget’ atau asing di lingkungan yang baru.

Kenyamanan belajar juga akan terbentuk ketika Anda sudah bisa beradaptasi dengan baik selama mengikuti program foundation.

Ternyata program foundation memberikan banyak sekali keuntungan untuk Anda yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri. Bagaimana menurut pendapat Anda tentang foundation studies yang diselenggarakan oleh beberapa universitas di luar negeri? Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat bagi Anda yang berencana untuk kuliah di luar negeri.

Referensi : Kelebihan dari Program Foundation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *