Kumpulan Rumus Matematika SMP DAN Contoh Soal

Kumpulan Rumus Matematika SMP DAN Contoh Soal

Pelajaran matematika memang menjadi salah satu mata pelajaran momok bagi sebagian siswa. Mereka menganggap bahwa matematika itu sulit karena penuh dengan angka dan harus menghitung.

Kuncinya sebenarnya cukup kalian hafal dan paham rumusnya saja, maka soal-soal matematika pun akan bisa diselesaikan dengan baik. Jika sudah paham rumusnya, maka bisa jadi pelajaran matematika sangat menyenangkan.

Anggapan bahwa pelajaran matematika sulit ini terjadi pada semua jenjang pendidikan, baik itu tingkat SD, SMP, juga SMA.

Pelajaran matematika sendiri sebenarnya sudah diajarkan sejak dini, yakni mulai dari kalian mengenal angka, belajar berhitung, belajar penjumlahan, pengurangan, perkalian, hingga rumus-rumus yang lain.

Saat masih di tingkat SD, matematika mungkin masih lumayan mudah. Nah, setelah berada di tingkat SMP mungkin kalian sudah merasa kesulitan. Berikut kumpulan rumus matematika SMP dasar yang bisa anda pelajari.

Rumus MatematiKonversi Satuan

Dalam rumus matematika smp ini, kalian perlu mengenal beberapa hal yaitu;

Rumus panjang

Kilometer (km), Hektometer (hm), Dekameter (dam), Meter (m), Desimeter (dm), Centimeter (cm), Milimeter (mm).

Dalam rumus tersebut, untuk memindahkan konversi satuan naik, maka rumusnya yaitu nilai : 10 = hasil. Sebaliknya, jika konversi satuan turun, maka rumusnya yaitu nilai x 10 = hasil. 

Jika kalian ingin merubah satuan panjang menjadi satuan satu tingkat di bawahnya, maka kalikan (x) 10. Jika dua tingkat di bawahnya, maka dikalikan (x) 100. Begitu seterusnya tergantung banyaknya tingkat. Misal :

1 km = 10 hm = 100 dam = 1000 m

1 dam = 10 m = 100 dm = 1000 cm = 10000 mm

Sebaliknya, jika ingin merubah satuan panjang ke satuan satu tingkat yang diatasnya, maka harus dibagi (:) 10 seperti pada penjelasan di atas. Jika berada dua tingkat diatasnya, maka dibagi (:) 100, begitu seterusnya, contoh;

1000 cm = 100 dm = 10 m

1000 m = 100 dam = 10 hm = 1 km

Contoh soal 

Berapa nilai konversi 100 cm dalam satuan desimeter (dm)?

Jawaban : Karena satuan desimeter (dm) ada 1 tingkat diatas centimeter (cm), maka harus dibagi (:) 10. Maka, 100 cm = 100 / 10 = 10 dm

Rumus Luas Bangun Datar

Bangun datar adalah sebutan untuk beragam bangun dua dimensi. Beberapa bangun datar antara lain; persegi, persegi panjang, jajar genjang, segitiga, layang-layang, trapesium, belah ketupat, dan lingkaran. Tiap bangun tersebut memiliki rumus jika kalian ingin mengetahui berapa luasnya. Berikut rumus matematika smp untuk mengetahui luas bangun datar tersebut;

Persegi         : s x s

Persegi panjang     : p x l

Segitiga         : ½ x a x t

Jajar genjang         : a x t

Layang- layang     : ½ x d1 x d2

Belah ketupat         : ½ x d1 x d2

Trapesium         : a + b/2 x t

Lingkaran         : π x r x r  atau π x r2

Keterangan : 

s     = sisi

p     = panjang

l     = lebar

a     = alas

t     = tinggi

d1    = diagonal 1

d2     = diagonal 2

r     = jari –jari

Contoh soal luas bangun persegi panjang

Suatu bangun persegi panjang dengan p = 10 cm, dan l = 5 cm, terdiri dari ABCD. Hitunglah luas persegi panjang tersebut.

Jawab : Rumus luas persegi panjang ABCD yaitu L = p x l, sehingga L = 10 cm x 5 cm = 50 cm2 . Maka luas persegi panjang tersebut yaitu 50 cm

Contoh soal luas bangun lingkaran 

Diketahui sebuah lingkaran mempunyai diameter 14 cm, maka berapakah luasnya?

Jawab : karena diameternya 14 cm, maka r atau jari-jarinya = 7 cm, sebab d = 2 x r.

Jadi luasnya,     L     = π x r x r = 22/7 x 7 x 7 = 154 cm

Perlu diketahui bahwa nilai π (phi) dari sebuah lingkaran yaitu 3,14 atau 22/7.

Rumus Kecepatan

Sebelum membahas rumus dari kecepatan, terlebih dahulu perlu kalian ketahui dahulu apa itu kecepatan, jarak dan waktu. Kecepatan adalah besaran yang menunjukkan seberapa cepat benda tersebut berpindah, satuannya yaitu m/s.

Jarak ialah sebuah angka yang menunjukkan seberapa jauh benda berubah dari posisinya, satuannya meter (m). Sedangkan waktu adalah lama berlangsungnya kejadian tertentu, satuannya yaitu second atau detik (s). Adapun rumusnya adalah sebagai berikut;

  • Kecepatan = jarak : waktu  atau v = s / t
  • Jarak = kecepatan x waktu atau s = v x t
  • Waktu = jarak : kecepatan atau t = s / v

Contoh soal

Sebuah mobil menempuh kecepatan rata-rata 60 km/jam. Mobil ini berangkat dari Jakarta menuju Bandung pada pukul 04.00. Jika mobil ini sampai di Bandung pukul 07.00, maka berapa km jarak yang sudah ditempuh mobil tersebut?

Jawab : Sebelum menghitung jarak tempuh, terlebih dahulu harus mengetahui waktunya. Maka, waktu yang ditempuh     = waktu tiba – waktu berangkat

= 07.00 – 04.00

= 3 jam

Setelah mengetahui waktu tempuh, selanjutnya kalian bisa menghitung jarak tempuh.

s = v x t

= 60 km/jam x 3 jam

= 180 km

Maka jarak yang ditempuh oleh mobil tersebut yaitu 180 km.

Rumus Skala

Berbicara masalah skala, ini biasanya terdapat pada peta atau proses pembuatan peta. Skala peta adalah salah satu unsur yang ada dalam peta. Di dalamnya juga ada rumus khusus yang digunakan untuk menghitungnya. Fungsi skala pada peta yaitu untuk pengecilan daerah jika disajikan pada bidang datar. Adapun rumus skala adalah sebagai berikut;

  • Skala = jarak sebenarnya / jarak pada peta
  • Jarak pada peta = jarak sebenarnya / skala
  • Jarak sebenarnya = skala x jarak pada peta

Contoh soal 

Kota A dan B mempunyai jarak 600 km. Jarak kedua kota tersebut jika di dalam peta yaitu 12 cm. Maka berapa skala yang digunakan dalam peta tersebut?

Jawab :

Diketahui :     Jarak sebenarnya = 600 km = 60.000.000 cm

Jarak pada peta = 12 cm

Ditanya :     skala?

Jawab :

Skala     = Jarak sebenarnya / jarak pada peta

= 60.000.000 / 12

Skala     = 5.000.000 / 1

1 skala = 5.000.000 cm

Jadi skala yang digunakan pada peta tersebut yaitu 1 : 5.000.000

Dalam penghitungan skala tanda (:) bukan berarti pembagian. Tanda tersebut diartikan sebagai kesetaraan.

Itulah beberapa rumus matematika SMP yang dapat anda pelajari. Rumus-rumus tersebut termasuk rumus dasar. Jika rumus dasar sudah anda pahami dengan baik, maka untuk mengerjakan soal-soal yang lebih rumit pun akan mudah.

Referensi: Basic math formulas  

____________________________________

Untuk informasi dan pendaftaran sekolah Stella Maris School, Hubungi :

Whatsapp : 081389535377
Instagram : @stellamaris.sch
Email : info@stella-maris.sch.id
Video Kegiatan Siswa : Youtube Stella Maris

Stella Maris School adalah sekolah internasional dan nasional untuk anak KB/TK hingga SMA. Salah satu visi Stella Maris yaitu “Menjadi Sekolah Terdepan dalam Penanaman Karakter Berlandaskan Iman Kristiani”. Tidak hanya mengembangkan kemampuan akademis tapi juga non akademis sesuai usia dan talenta siswa dengan tetap memperhatikan sisi psikologis. Hubungi kami untuk bertanya lebih lanjut tentang pengajaran di Stella Maris, pendaftaran sekolah ataupun beasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *